biaya kuliah di jepang
Jenis Perguruan Tinggi dan Biaya Kuliah di Jepang
22 Maret 2020
mahasiswa indonesia di amerika
Universitas di Amerika yang Banyak Orang Indonesia
24 Maret 2020

Biaya Hidup di Amerika untuk Mahasiswa: Bisa Lebih Terjangkau?

Sumber: Freepik

Studi di luar negeri sudah dikenal memberikan banyak manfaat. Dengan pengalaman seperti itu, banyak pelajar di seluruh dunia memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di luar negeri. Bagi beberapa pelajar, pilihan tersebut cukup menuai banyak pertimbangan. Tidak hanya dari segi kualitas universitas yang ingin dituju, kamu juga perlu mempertimbangkan dan mempersiapkan baik-baik pengeluaran nantinya. Contohnya, seperti jika berkuliah di Amerika Serikat. Mungkin beberapa universitas menawarkan harga diatas standar untuk beberapa program, tetapi untungnya, biaya hidup di Amerika untuk mahasiswa masih bisa kamu jangkau—dan bahkan bisa lebih murah lagi!

Bagaimana caranya biar bisa lebih murah? Yuk simak poin penting berikut!

 

Mendaftar Beasiswa

Sumber: Freepik

 

Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Biaya kuliah di negara ini dapat dikatakan tergolong diatas standar. Tetapi, tidak semua universitas memasang biaya studi yang sama untuk setiap program yang ditawarkannya. Biaya studi per tahun di Amerika Serikat dapat berkisar antara USD 2,200 hingga USD 60,000. Tentunya, biaya tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu dan tergantung kebijakan universitas terkait! 

Biar bisa menekan pengeluaran biaya kuliah, kamu harus coba untuk mendaftar beasiswa! Ini beneran. Beasiswa sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran kamu. Beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus juga bervariasi. Ada beasiswa FULL, ada yang hanya diberikan di tahun pertama, beasiswa yang diberikan berdasarkan peningkatan nilai atau performa studi, dan bahkan beasiswa berupa potongan biaya studi hanya dengan perlu mendaftar dalam universitas tersebut dan tanpa persyaratan lainnya.

Selain itu, studi di Amerika juga tidak hanya di universitas saja loh. Kamu juga bisa memilih program lainnya, seperti; Community College dengan lama studi hanya 2 tahun saja ataupun ESL (English as a Second Language). Kedua program tersebut biasanya menawarkan biaya pendidikan yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan universitas.

 

Tinggal di Akomodasi Kampus

Sumber: Freepik

 

Sebagai kebutuhan tempat tinggal, rata-rata mahasiswa memilih untuk tinggal di akomodasi kampus. Terlebih untuk tahun pertama studi. Untuk akomodasi yang disediakan oleh universitas, pemesanan harus dilakukan sesegera mungkin sekitar dua (2) atau tiga (3) bulan sebelumnya. FYI, mayoritas akomodasi kampus memasang biaya sewa yang jauh lebih murah ketimbang tempat tinggal lainnya. 

Akomodasi kampus biasanya memiliki fasilitas sangat lengkap. Mulai dari internet, security, laundry, dapur, fasilitas olahraga, dan masih banyak lainnya. Beberapa ada yang mengusung konsep kamar untuk 2 (dua) orang atau lebih, dan ada juga yang untuk 1 (satu) siswa saja. Sebenarnya, walaupun sekamar berdua, kamu juga jadi dapat poin tambahan! Kamu berkesempatan untuk berkomunikasi dan bergaul dengan teman baru dari latar belakang budaya yang berbeda.

 

Perhitungkan Biaya Harian

Sumber: Freepik

 

Ini dia satu hal yang juga sangat esensial! Biaya hidup di Amerika untuk mahasiswa—terlebih mahasiswa internasional, harus benar-benar diperhitungkan. Hal ini perlu dipersiapkan agar kedepannya kamu tidak kekurangan biaya. Untuk pangan, cobalah lebih sering memasak dan belanja kebutuhan di pasar atau supermarket murah. Makan di cafe atau restoran sekali-sekali, tidak apa-apa! Tetapi untuk daily meals dengan harga yang hemat, memasak sendiri adalah jawabannya. Bahan makanan seperti fillet dada ayam akan diberi harga US$9.49 untuk 680 gram, telur sekilo dengan harga US$4, dan susu 2.3L seharga US$2.

Disamping itu, untuk bepergian ke tempat-tempat, cobalah berjalan kaki atau memilih transportasi umum. Amerika punya sistem transportasi umum yang sudah sangat fleksibel untuk kemana pun. Kamu bisa pergi ke berbagai tempat dengan harga yang jauh lebih murah juga. Percayalah, kamu bisa menekan biaya dengan sering menaiki transportasi umum. Di kota-kota besar, bepergian dengan kereta bawah tanah bisa sangat menghemat biaya. Untuk bis lokal juga bisa merogoh kocek hanya US$2.50.

Sumber: Freepik

Jadi, untuk pertanyaan apakah biaya hidup di Amerika untuk mahasiswa bisa lebih terjangkau, jawabannya adalah bisa! Semua bergantung kepada cara kamu mengatur keuangan. Kalau kamu benar-benar me-manage pengeluaran dan juga berusaha untuk mendapatkan pemasukan (seperti bekerja part-time ataupun freelanceyes, this is a good experience for you!), dijamin kamu gak akan mengeluarkan banyak biaya saat kuliah di luar negeri.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!