Le Cordon Bleu
8 Mei 2020
peluang kerja teknik elektro
Peluang Kerja Teknik Elektro Tahun 2020, Tertarik Mencoba?
11 Mei 2020

Biaya Hidup di Singapura untuk Mahasiswa 2020

biaya hidup di singapura

biaya hidup di singapura

Singapura adalah negara tetangga Indonesia yang merupakan salah satu negara maju di Asia. Selain terdepan di bidang ekonomi, perdagangan dan bisnis, negara ini juga memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang baik. Tidak heran jika banyak pelajar Indonesia mengincar Singapura sebagai destinasi untuk melanjutkan studi. Banyak pula yang beranggapan bahwa negara ini menawarkan kesempatan karir yang bagus setelah lulus. Nah, jika kamu merupakan salah satu yang tertarik untuk melanjutkan studi di negara tetangga tersebut, kamu perlu mengetahui biaya hidup di Singapura. 

Biaya Hidup di Singapura

Biaya hidup di Singapura bagi pelajar meliputi biaya tempat tinggal, biaya makanan, biaya transportasi, tagihan (listrik, gas, air, internet), serta kebutuhan lainnya. Secara umum, biaya hidup di Singapura memang lebih mahal daripada di Indonesia, tetapi masih lebih murah dibandingkan dengan negara maju lainnya. 

Tempat Tinggal (Akomodasi) 

akomodasi mahasiswa

Ilustrasi akomodasi mahasiswa. Sumber: Freepik

Pengeluaran biaya hidup di Singapura yang pertama adalah tempat tinggal atau akomodasi. Singapura memiliki banyak pilihan tempat tinggal, tetapi umumnya dalam harga yang cukup mahal. Negara ini tidak mengenal kos-kosan seperti di Indonesia, namun ada beberapa jenis hunian yang dapat dijadikan pilihan tempat tinggal bagi mahasiswa. 

Baca Juga : Cara Kuliah di Singapura sambil Menghemat Biaya

HDB Flat

Jika kamu ingin tempat tinggal yang private, namun tidak terlalu mahal, kamu dapat memilih HDB flat. HDB sendiri adalah singkatan dari House & Developing Board yang merupakan lembaga pemerintah yang mengurus perumahan rakyat di Singapura. Sebagai hunian yang dikelola oleh pemerintah, harga sewa HDB flat jauh lebih murah daripada apartemen pribadi atau kondominium yaitu sekitar 2200-3000 dolar atau sekitar 20-30 juta rupiah. 

Paying Guest

Paying guest adalah sistem sewa hunian di mana kita menyewa satu kamar di apartemen pribadi aau HDB flat milik orang lain. Hal ini sering dijadikan pilihan karena cukup hemat dengan hanya perlu membayar sekitar 500-1800 dolar saja atau sekitar 5-19 juta rupiah, tergantung jenis hunian yang ditempati. Namun, pastikan kamu mengenal orang yang akan tinggal bersamamu sebelum memutuskan untuk menjadi paying guest-nya. 

Asrama Mahasiswa

Hunian yang satu ini umumnya adalah jenis yang paling terjangkau serta praktis untuk mahasiswa baru. Asrama kampus biasanya sudah dibayarkan secara all-in, sehingga siswa tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk listrik, air, dan lain-lain. Selain itu, asrama mahasiswa juga biasanya berada dalam lingkungan kampus, sehingga juga akan memangkas biaya transportasi. 

Baca Juga : Negara dengan Biaya Hidup Termurah untuk Kuliah

Biaya Makanan

belanja makanan

Ilustrasi belanja makanan. Sumber: Freepik

Anggaran untuk makan sebenarnya sangat variatif, tergantung pola makan dan diet seseorang. Jika kamu bisa menyempatkan diri untuk memasak, kamu akan jauh lebih hemat setiap bulannya karena hanya akan butuh sekitar 2-3 juta rupiah. Namun jika kamu tidak bisa atau tidak sempat memasak dan memilih untuk selalu makan di luar, kamu mungkin perlu mengeluarkan sekitar 5-6 juta rupiah setiap bulannya. 

Biaya Transportasi

biaya hidup singapura

Stasiun MRT di Singapura. Sumber: Freepik

Singapura memiliki sistem transportasi yang sangat baik dan lengkap serta mudah diakses dari mana pun. Jika kamu harus menggunakan transportasi publik untuk berkegiatan setiap harinya, akan lebih baik jika kamu berlangganan paket satu bulan seharga 1,5 juta rupiah. Jika kamu hanya sesekali menggunakan transportasi umum, kamu perlu mengeluarkan ongkos sekitar 15 ribu rupiah satu kali jalan dengan menggunakan MRT. 

Baca Juga : Kota Dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Biaya lainnya

baiya lainnya

Ilustrasi tagihan bulanan. Sumber: Freepik

Untuk sewa tempat tinggal terkadang belum termasuk biaya listrik, air, gas, dan internet, sehingga kamu akan mendapat tagihan setiap bulannya. Untuk semua kebutuhan tersebut kamu mungkin dapat menghabiskan sekitar 2-3 juta rupiah setiap bulannya. Kamu juga akan membutuhkan internet untuk ponsel yang biayanya berkisar 10-30 dolar atau kisaran 100-300 ribu rupiah untuk paket bulanannya. 

Anggarkan pula dana untuk hiburan, seperti menonton film di bioskop, karaoke, ke taman bermain, dan lain-lain. Sebagai gambaran, untuk menonton film di bioskop Singapura akan menghabiskan 8.5-13.4 dolar atau sekitar 90-145 ribu rupiah. Harga yang sama juga dapat kamu gunakan untuk karaoke selama 1 jam.

Siap untuk Menempuh Pendidikan Kelas Dunia di Singapura?

Nah, itulah gambaran biaya hidup di Singapura untuk mahasiswa Indonesia. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di salah satu negara maju Asia tersebut, silakan hubungi SUN Education ya!

 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!