pendidikan di Amerika Serikat
Kuliah Bidang Terkemuka ‘’Apparel dan Merchandise’’ di Amerika
20 Januari 2020
biaya hidup di inggris
Kuliah Murah di Inggris? Cek 5 Kota Ini!
22 Januari 2020

Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?

biaya kuliah di Australia

Australia merupakan salah satu destinasi studi favorit pelajar Indonesia hingga saat ini. Hal ini karena Australia merupakan negara yang maju, beragam, serta jaraknya yang tidak begitu jauh dari Indonesia. Selain itu pendidikan di Australia juga memiliki kualitas yang bagus dengan banyaknya universitas yang masuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia.

australia

Alasan kuliah di Australia

Berikut adalah beberapa alasan kenapa Australia menjadi destinasi favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Selain itu, hal-hal di bawah ini juga dapat kamu jadikan untuk mempertimbangkan Australia sebagai negara tujuanmu untuk melanjutkan studi. Sebab, biaya kuliah di Australia masih terbilang murah dibanding negara-negara maju lain di eropa.

1. Australia merupakan salah satu negara barat berbahasa Inggris yang paling dekat dengan Indonesia.
2
. Letak geografis Australia yang relatif dekat dengan Indonesia dengan kondisi iklim yang bervariasi. Iklim di beberapa kotanya bahkan tidak jauh berbeda dengan iklim di  Indonesia.
3. Kondisi sosial dan ekonomi yang stabil.
4. Masyarakat dan budaya Australia yang bersifat multi budaya.
5. Mutu pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional.
6. Lingkungan hidup dan belajar yang nyaman dan aman.
7. Pelajar internasional mendapatkan perlindungan khusus di Australia (dari ESOS Act), yang memberikan tingkat garansi yang tinggi terhadap kepastian kualitas, reputasi internasional dari lembaga – lembaga pendidikan yang ada, serta perlindungan terhadap biaya pendidikan yang dibayar. Perlindungan ini berlaku bagi semua sektor pendidikan dan pelatihan di Australia.
8. Biaya studi yang kompetitif.
9. Izin bekerja part time 40 jam per 2 minggu saat sekolah.
10. Bekerja selama 2 tahun setelah lulus Sarjana/Pascasarjana dengan Post Study Work Visa.
11. Pelayanan khusus yang disediakan oleh lembaga pendidikan Australia bagi pelajar internasional.
12. Sebuah negara yang modern dan memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan indah.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Jerman

Peringkat universitas di Australia

Dalam hal peringat, banyak universitas di Australia yang menempati peringkat teratas dalam berbagai lembaga Rankings di dunia. Beberapa universitas Australia yang masuk 100 besar universitas terbaik di dunia versi QS University Rankings 2020 yaitu:

1. The Australian National University – (=29)
2. The University of Melbourne – (38)
3. The University of Sydney – (42)
4. The University of New South Wales (UNSW Sydney) – (43)
5. The University of Queensland – (47)
6. Monash University – (=58)
7. The University of Western Australia – (86)

Gambaran Biaya Hidup di Australia dalam Rupiah

biaya kuliah di Australia

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di Australia, kamu pasti ingin mendapatkan gambaran baik itu biaya kuliah maupun biaya hidup di negara tersebut. 

Biaya hidup yang kamu butuhkan saat menuntut ilmu di luar negeri antara lain adalah biaya tempat tinggal, makanan, transportasi, internet dan lain-lain. Sebenarnya, semua hal itu akan sangat bergantung di daerah mana kamu akan tinggal dan menuntut ilmu. Selain itu gaya hidup juga akan sangat memengaruhi jumlah uang yang akan kamu habiskan untuk kebutuhan hidup. 

Untuk tempat tinggal, kamu dapat memilih antara akomodasi dalam kampus, apartemen, atau homestay. Masing-masing memiliki perbedaan fasilitas sehingga harganya pun pasti berbeda. Sementara untuk transportasi umum tersedia banyak pilihan mencakup bis, kereta, kereta listrik, kapal feri, dan tram. 

Sebagai gambaran, sewa tempat tinggal di Australia berkisar antara 1500-2500 dolar atau sekitar 14-24 juta rupiah. Sementara untuk makanan yang perlu distok seperti beras, sereal dan sayuran menghabiskan sekitar 100 dolar atau sekitar 1 juta rupiah per bulan. Jika kamu tidak suka memasak, kamu dapat membeli makanan di luar dengan harga berkisar antara 20-50 dolar per porsi atau paling murah sekitar 180 ribu rupiah. Selain itu, kamu juga akan membutuhkan monthly pass untuk transportasi yang biayanya sebesar 130-180 dolar atau sekitar 1,5 juta rupiah. Hiburan seperti tiket bioskop bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar 13-20 dolar atau dalam kisaran 120-200 ribu rupiah

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Jika dikalkulasikan, rata-rata biaya hidup yang diperlukan oleh pelajar di Australia umumnya berkisar antara 2.000-2.500 dolar per bulan. Dalam rupiah jumlah yang perlu kamu keluarkan untuk biaya hidup di Australia adalah dalam rentang 18,5-23,5 juta rupiah

Biaya kuliah untuk masing-masing tingkat pendidikan

Biaya kuliah di Australia sangat variatif tergantung bidang program yang kamu ambil serta tingkat pendidikannya. Masing-masing institusi juga menetapkan biaya yang berbeda tergantung kota dan negara bagian. Selain itu, kamu mungkin juga membutuhkan biaya buku dan kebutuhan studi lainnya. 

Foundation

Foundation adalah program pra-universitas yang ditujukan untuk pelajar internasional yang SMA-nya tidak menggunakan kurikulum internasional. Tujuan dari program ini adalah persiapan dan penyamaan kurikulum agar mahasiswa internasional dapat beradaptasi dengan perkuliahan tingkat sarjana di Australia.

Foundation berdurasi 1 tahun dengan biaya sekitar 15.000-37.000 dolar atau biaya kuliah di Australia dalam rupiah berkisar antara 142-250 juta rupiah per tahun.

Diploma

Diploma di Australia setara dengan D3 di Indonesia dimana pendidikannya akan berorientasi pada kemampuan motorik. Jenjang ini cocok untuk kamu yang ingin program yang lebih berorientasi pada penerapannya di dunia kerja. 

Diploma berdurasi 1 hingga 2 tahun dengan biaya berkisar antara 4000-22.000 dolar atau setara dengan 38-208 juta rupiah per tahun. 

Bachelor

Program sarjana di Australia umumnya berdurasi selama 3 tahun, tetapi ada tambahan satu tahun untuk mendapatkan tambahan gelar (honours). Biaya studi untuk program gelar sarjana (Bachelor) adalah sekitar 15.000-33.000 dolar atau setara dengan 142-312 juta rupiah

Magister

Program magister di Australia sama dengan banyak negara lainnya yaitu berdurasi 1-2 tahun. Sementara untuk biaya kuliah adalah sekitar 22.000-37.000 dolar yang jika dirupiahkan sekitar 207-350 juta

Persyaratan masuk universitas di Australia

Persyaratan masuk perguruan tinggi di Australia juga tergantung pada program serta universitas yang kamu ambil. Semakin baik reputasi universitas yang dituju, maka persyaratan masuknya juga semakin sulit. Beberapa program tertentu juga menjadi menetapkan syarat masuk yang lebih sulit daripada program-program lainnya. 

Baca Juga : 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Secara umum, hal paling penting yang harus kamu persiapkan adalah kemampuan bahasa Inggris. Agar dapat mengikuti pelajaran di kelas, kamu harus memenuhi kriteria tertentu dalam segala aspek yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Kamu diharuskan lulus ujian sertifikasi seperti TOEFL IBT dengan skor minimal 80 atau IELTS dengan skor minimal 6.0. 

Kriteria ini pun sifatnya relatif karena beberapa program membutuhkan skor IELTS atau TOEFL yang lebih rendah atau lebih tinggi. 

Selain itu, Australia menerapkan ketentuan khusus untuk pelajar dengan usia di bawah 18 tahun di mana mereka harus memiliki wali. Jika kamu berusia di bawah 18 tahun, kamu juga tidak dibenarkan untuk tinggal sendiri, melainkan dengan pengawasan wali atau di homestay. 

Siap untuk kuliah di negeri Kanguru?

Jika kamu tertarik untuk menuntut ilmu di negeri kanguru, Australia, persiapkan dirimu dari sekarang ya! Jangan lupa untuk mengkonsultasikan kebutuhan studimu dengan SUN Education ya!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!