Seperti Apa Kelebihan Kuliah di Jurusan Perhotelan?
12 April 2021
E-GuideBook_Parent'sStarterPack
Eguidebook SUN 14-30 April 2021
13 April 2021

Cari Tahu Biaya Kuliah Pendidikan Sarjana di Malaysia Dalam Rupiah!

Sumber: Freepik

Malaysia merupakan negara tetangga yang memiliki kualitas pendidikan tidak kalah bersaing di dunia internasional, namun dengan biaya yang relatif lebih terjangkau. Hal ini menarik minat banyak pelajar Indonesia untuk mulai mempertimbangkan Malaysia sebagai destinasi studi. Nah, memangnya berapa sih rata-rata biaya kuliah di Malaysia jika dikonversikan ke dalam rupiah? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Kuliah di Malaysia

biaya kuliah di malaysia

Sumber: Freepik

Biaya kuliah pendidikan sarjana di universitas di Malaysia sangat variatif tergantung pada jenis program studi yang kamu ambil. Faktor lainnya adalah jenis universitas yang kamu masuki karena masing-masingnya menerapkan kebijakan yang berbeda. Malaysia sendiri memiliki 4 jenis universitas yaitu universitas negeri, universitas swasta, universitas cabang kampus internasional, dan universitas penyedia Twinning Program. 

Biaya Kuliah Sarjana di Malaysia (Dalam Rupiah)

kuliah di malaysia

Sumber: Freepik

Berikut adalah perkiraan biaya studi yang kamu butuhkan untuk melanjutkan kuliah di Malaysia untuk tingkat sarjana, berdasarkan data dari Education Malaysia

1. Universitas Negeri (Publik)

Sama halnya dengan di Indonesia, biaya studi di universitas negeri relatif lebih terjangkau, termasuk bagi pelajar internasional. Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan di universitas negeri di Malaysia tergantung program yang kamu ambil. Rata-rata adalah sekitar $10.000 hingga $20.000 untuk 3,5 hingga 4 tahun studi, yaitu sekitar Rp145 juta hingga Rp291 juta. Angka ini tidak berlaku untuk program studi kesehatan seperti Kedokteran karena biayanya bisa mencapai dua kali lipat. 

2. Universitas Swasta

Malaysia memiliki pilihan universitas swasta yang menawarkan berbagai program menarik bagi pelajar internasional. Berbeda dengan universitas negeri, biaya kuliah di universitas swasta di Malaysia relatif lebih mahal. Rata-rata adalah sekitar $15.000 hingga $30.000 atau sekitar Rp218 juta hingga Rp436 juta untuk 3.5 hingga 4 tahun pendidikan sarjana. Jika kamu ingin mengambil studi kedokteran, biaya yang kamu butuhkan untuk lima tahun pendidikan adalah di atas $100.000 atau Rp1,7 miliar. 

3. Cabang Kampus Internasional (International Branch Campus)

Malaysia memiliki pilihan cabang kampus internasional untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman pendidikan kelas dunia dengan harga lebih terjangkau. Umumnya universitas yang membuka kampus cabang di Malaysia berasal dari Inggris dan Australia. Rata-rata program yang ditawarkan berkisar antara $23.000 hingga $50.000 atau sekitar Rp335 juta hingga Rp727 juta. Biaya ini hanya sekitar setengah harga dari biaya program gelar yang sama di universitas induk di Inggris maupun Australia. 

4. Universitas Penyedia Twinning Program

Twinning Program adalah pendidikan yang berlokasi di Malaysia pada dua tahun pertama dan kemudian ditransfer ke universitas lain di negara yang berbeda untuk dua tahun selanjutnya. Biaya yang kamu butuhkan untuk mengikuti program ini di Malaysia hanya sekitar $30.000 hingga $60.000 atau Rp291 juta hingga Rp872 juta secara total. Program ini pun masih lebih hemat dibandingkan dengan mengambil program gelar yang sama di Inggris atau Australia. 

Rencanakan Studi Sarjanamu di Malaysia!

studi di malaysia

Sumber: Freepik

Demikianlah penjelasan mengenai biaya pendidikan sarjana di Malaysia berdasarkan jenis universitasnya. Jumlah biaya kuliah di Malaysia yang tertulis di atas merupakan perkiraan dan dikonversikan ke dalam rupiah. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk merencanakan studimu, ya! 

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke Malaysia, kamu dapat menghubungi SUN Education untuk membantu pengurusannya. Yuk, persiapkan rencana studi terbaikmu di Malaysia mulai dari sekarang!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Comments are closed.