persyaratan kuliah di Malaysia
Kuliah Bisnis di Malaysia, Kenapa Tidak?
26 Februari 2020
Coventry University Terima Penghargaan Queen’s Anniversary Prize
27 Februari 2020

Biaya Kuliah di Singapura 2020

biaya kuliah di singapura

Sumber: Freepik

Menjadi salah satu destinasi studi pilihan pelajar Indonesia, biaya kuliah di Singapura dianggap cukup terjangkau dengan kualitas pendidikan yang meyakinkan. Baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana, institusi pendidikan tinggi di Singapura menerima ratusan mahasiswa Indonesia setiap tahunnya. Apakah kamu termasuk salah satu pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di Singapura?

Kenapa Melanjutkan Studi di Singapura

Singapura adalah salah satu negara maju di Asia dan satu-satunya negara maju di Asia Tenggara yang mana identik dengan negara-negara berkembang. Berikut adalah alasan yang membuat banyak pelajar Indonesia memilih Singapura untuk melanjutkan studinya:

1. Singapura cenderung rapi, bersih, aman, serta ditunjang dengan teknologi dan fasilitas kelas dunia sehingga nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu yang cukup lama.

2. Kondisi sosial, ekonomi dan politik yang stabil sehingga jarang terjadi konflik yang menimbulkan ketidaknyamanan.

3. Pendidikan yang ditawarkan berstandar internasional dan bermutu tinggi.

4. Kesempatan mendapatkan gelar sarjana dari universitas rekanan ternama dari Australia, Amerika Serikat, dan Inggris dengan biaya yang lebih terjangkau. 

5. Durasi kuliah yang cepat, hanya 3 tahun untuk S1

Universitas Terbaik di Singapura

Ada dua universitas terbaik di Singapura yang sama-sama menempati urutan ke-11 universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings 2020. Sementara itu, keduanya juga menempati peringkat 50 besar dalam World University Rankings 2020 oleh Times Higher Education. 

1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore telah sejak lama menjadi universitas terbaik di Singapura dan juga merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas ini menawarkan 370 program gelar untuk tingkat sarjana, pascasarjana dan doktoral. NUS juga dikenal dengan keberagaman pelajar dan staf universitas yang berasal dari lebih 100 negara. Keunggulan lain dari universitas yang telah berdiri sejak tahun 1905 ini adalah risetnya dalam bidang teknik, fisika dan lingkungan. 

2. Nanyang Technological University (NTU)

Universitas yang berdiri sejak tahun 1981 ini dikenal dengan komitmennya dalam hal penelitian di bidang teknik, bisnis, humaniora, seni, ilmu sosial dan kedokteran. 

Biaya Hidup Mahasiswa di Singapura

Rata-rata pelajar internasional di Singapura menghabiskan sekitar 750-2000 dolar atau sekitar (7,5-19,8 juta rupiah) setiap bulannya. Biaya tersebut sudah termasuk akomodasi sekitar 200-700 dolar (2-7 juta rupiah), makanan sekitar 300-450 dolar (3-4,5 juta rupiah), transportasi 50 dolar (500 ribu rupiah) dan biaya lainnya. 

Biaya kuliah di Singapura 2020

1. Pre-university/Foundation

Program pre-university di Singapura biasanya mempersiapkan siswa untuk GCE “A” Level serta pada sekitar akhir tahun 2 atau tahun 3 SMA. Program ini berdurasi 2 sampai 3 tahun dengan biaya kuliah sekitar 12.000-18.000 dolar Singapura (119-178 juta rupiah) per tahun 

2. Diploma

Program Diploma yang ditawarkan di Singapura sangat variatif mulai dari bidang hospitality, teknik hingga bisnis dengan durasi 12-18 bulan. Biasanya durasi tersebut sudah termasuk internship atau magang di industri sesuai bidang studi yang diambil selama 6 bulan atau lebih. Biaya kuliah di Singapura untuk program diploma umumnya berkisar antara 12.000-25.000 dolar (119-247 juta rupiah).

3. Sarjana (S1)

Ada banyak institusi baik negeri maupun swasta yang menawarkan berbagai macam pilihan program di Singapura. Durasi untuk program sarjana (bachelor) di Singapura adalah 3 tahun, dengan biaya kuliah setiap tahunnya berkisar 20.000-60.000 (sekitar 198-593 juta rupiah). 

4. Pascasarjana (S2)

Biaya kuliah di Singapura untuk program master berkisar antara 30.000-70.000 (sekitar 296-692 juta rupiah). Sebagian besar institusi baik negeri maupun swasta di Singapura menyediakan program master dengan durasi 1 tahun (umumnya). 

Sudah mantap untuk melanjutkan studi di Singapura tahun ini?

Biaya kuliah di Singapura maupun biaya hidupnya dapat dibilang terjangkau untuk ukuran negara maju. Singapura memang pilihan yang tepat jika kamu menginginkan pendidikan berkualitas dengan harga terjangkau serta tidak jauh dari Indonesia. Jika kamu sudah memiliki rencana untuk melanjutkan studi di Singapura tahun ini, mantapkan rencanamu! Segera konsultasikan rencana kuliahmu di Singapura dengan SUN Education ya!

Tinggalkan Balasan