8 Jurusan dengan Gaji Tertinggi yang Bisa Menjadi Pilihan Karirmu
8 Agustus 2020
universitas singapura yang menyediakan beasiswa
4 Universitas Singapura yang Menyediakan Beasiswa
9 Agustus 2020

Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di 5 Negara dengan Edukasi Terbaik

Sumber: Freepik

Menempuh studi di luar negeri merupakan impian bagi banyak siswa. Tujuan setiap orang pun berbeda-beda. Ada yang ingin mengejar passionnya, mendapatkan ilmu baru, maupun pengalaman berbeda saat berada di negara lain. Destinasi studi juga selalu jadi bahan pertimbanganyang akhirnya, banyak pelajar internasional selalu mengincar negara terbaik di bidang pendidikan yang ada di dunia. Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan secara matang, dan biaya kuliah di luar negeri adalah salah satunya! Sangat penting untuk mengetahui seberapa banyak yang harus kamu keluarkan agar kamu siap secara finansial saat menghadapinya. Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui perbandingan biaya kuliah di luar negeri di berbagai negara terbaik dalam pendidikan, berikut daftar 5 negara tersebut:

Singapura

Selain status perekonomiannya yang stabil dan infrastruktur yang sangat maju, pendidikan di Singapura punya juara terbaik di Asia dan dunia. Estimasi biaya kuliah setiap tahun untuk program S1 dan S2 dapat berkisar antara 15 hingga 30 ribu SGD atau sekitar 159 sampai 319 juta rupiah. Sementara itu, untuk siswa yang ingin menempuh program Foundation dapat dikenakan biaya kuliah yang berkisar mulai dari 10 sampai 20 ribu SGD atau 106 sampai 212 juta rupiah setiap tahun. Biaya hidup di Singapura cukup terjangkau meskipun tetap tergantung pada gaya hidup. Untuk akomodasi, makan, dan kebutuhan lain dapat merogoh sekitar 1.500 hingga 2.500 SGD atau 15,9 hingga 26,5 juta rupiah perbulannya.

Australia

Australia dikenal memiliki deretan universitas terbaik yang biasa disebut dengan Group of Eight loh. Kualitas pendidikan di negara ini diakui berdasarkan reputasi akademik, tenaga pengajar, achievement institusi/universitas, hingga kesan para mahasiswa internasional maupun lokal. Kebudayaan yang beragam pun juga menjadi salah satu alasan mengapa mahasiswa senang saat menjalani perkuliahan di negara ini. 

Bagi siswa yang memilih program S1 dan S2 dapat membayar biaya studi sekitar 25 hingga 50 ribu AUD atau sekitar 260,7 hingga 524 juta rupiah per tahunnya. Sedangkan untuk estimasi biaya kuliah program Foundation di Australia adalah sekitar 25 hingga 35 ribu AUD atau sekitar 260,7 hingga 365 juta rupiah untuk satu tahun. Biaya hidup bulanan yang mencakup makan, kebutuhan lain, serta akomodasi dapat berkisar mulai dari 2.000 hingga 2.500 AUD atau sekitar 20,8 hingga 26,2 juta rupiah.

Inggris

Pendidikan dan universitas di Inggris memiliki reputasi yang sudah terjamin unggul dan berkualitas. Penelitiannya pun berstandar kelas dunia dan gelar serta kualifikasi pendidikan tinggi di Inggris diakui oleh banyak akademisi, industri, maupun pengusaha. 

Perkiraan biaya kuliah tahunan untuk program S1, S2, dan program Foundation memiliki kisaran yang sama. Kamu perlu membayar sekitar 13 hingga 22 ribu Pound atau sekitar 249,3 hingga 422 juta rupiah. Untuk biaya hidup bulanan di Inggris yang sudah mencakup akomodasi, makan, dan kebutuhan lain dapat merogoh sekitar sekitar 1.015 hingga 1.300 Pound atau sekitar 19,4 hingga 24,9 juta rupiah.

Amerika Serikat

Negara yang satu ini memiliki posisi yang sangat kuat dalam memegang sistem pendidikan dan lembaga pendidikan berperingkat terbaik di dunia. Hal ini berkaitan dengan standar akademik tinggi dan kualifikasi ketat setiap pendidikan tingginya. Pembelajaran, fasilitas, maupun ruang belajar siswa juga selalu berubah dan berkembang. Belum lagi banyaknya kesempatan penelitian dan pengalaman yang ditawarkan kepada para pelajar. 

Berbicara mengenai perbandingan biaya kuliah di luar negeri, di Amerikasalah satunya, dapat dikatakan tergolong diatas standar. Tetapi, tidak semua universitas memasang biaya studi yang sama untuk setiap program yang ditawarkannya. Estimasi biaya kuliah tahunan untuk program S1 dan S2 adalah sekitar 20 hingga 50 ribu USD atau sekitar 292 hingga 729,3 juta rupiah. Sedangkan untuk program Foundation di Amerika Serikat sendiri mematok harga sekitar 12 hingga 30 ribu USD atau sekitar 175 hingga 437,4 juta rupiah per tahun. Di Amerika, biaya hidup perbulan yang mencakup akomodasi, makan, dan kebutuhan lain dapat berkisar mulai 1.500 hingga 2.000 USD atau sekitar 21,8 – 29 juta rupiah.

Selandia Baru

Selandia Baru dikenal dengan sistem pendidikan dengan kualitas pengajaran serta fasilitas pendidikan yang baik dan lengkap. Negara ini juga mengusung sistem edukasi yang inovatif, sehingga siswa diharapkan mampu berkreasi dan berpikir kritis untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Selain memiliki wisata alam yang super indah, disini tingkat kriminalitasnya sangat rendah dan stabil dari segi politik. Untuk kamu yang ingin menempuh S1 atau S2 di Selandia Baru perlu membayar biaya kuliah sekitar sekitar 25 hingga 40 ribu NZD atau sekitar 240,6 hingga 384,9 juta rupiah per tahun. Sementara untuk program Foundation sendiri dapat berkisar mulai 25 hingga 28 ribu NZD atau sekitar 240,6 hingga 269,4 juta rupiah. Di Selandia Baru kamu perlu mengeluarkan sekitar 1.800 hingga 2.000 NZD atau 17,4 hingga 19,2 juta rupiah untuk biaya hidup bulanan yang mencakup keperluan makan, akomodasi, dan kebutuhan lain.

Nah, itulah dia perbandingan biaya kuliah di luar negeri di 5 negara yang dikenal sangat baik dalam pendidikannya! Perlu diingat, biaya yang akan dikeluarkan saat kuliah di luar negeri menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Jika ingin menekan biaya pengeluaran, kamu bisa coba untuk mendaftar beasiswa, memaksimalkan fasilitas kampus, mencari tempat tinggal yang disewa semurah mungkin maupun tinggal di akomodasi kampus, memasak sendiri, bekerja part-time atau freelance, atau naik transportasi umum.

Tidak perlu khawatir membayangkan tidak mampu memegang keuangan dengan baik. Dengan cara-cara ‘berhemat’, kamu pasti akan aman secara finansial dan bahkan mendapatkan pemasukan baru dari penghasilanmu saat bekerja! Cara diatas juga tak sekadar mengurangi pengeluaran loh, teman-teman. Kamu tentunya menghadapi realita dimana kamu dilatih untuk lebih mandiri serta bekerja keras—yang mana dapat membentukmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tetaplah semangat meraih cita-citamu untuk studi ke luar negeri ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Australia, Inggris, Eropa, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!