biaya kuliah di columbia university
Mau Tau? Ini Dia Biaya Kuliah Master of Science di Columbia University!
26 November 2021
COMPARATIVE LITERATURE / SASTRA PERBANDINGAN
Comparative Literature / Sastra Perbandingan
30 November 2021

Calon Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Kalau ditanya salah satu negara tujuan favorit mahasiswa untuk kuliah di luar negeri pasti jawabannya adalah Singapura. Selain dekat dengan Indonesia, Singapura juga terkenal dengan kualitas pendidikannya yang cemerlang. Di sana banyak universitas yang memiliki track record bagus seperti TMC Academy

Kampus ini termasuk satu dari enam institusi pendidikan di Singapura yang mendapatkan EduTrust dari Komite Pendidikan Swasta (CPE) dari tahun 2010. TMC Academy juga sudah partnership dengan universitas-universitas di belahan dunia lain seperti University of Missouri, Kansas City, Monash College di Australia dan banyak lagi. Tertarik kuliah di TMC Academy? Sebelumnya, intip dulu 5 survival tips saat berkuliah di Singapura berikut ini!

 

1. Patuhi Setiap Peraturan yang Ada

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Singapura terkenal dengan negara yang memiliki banyak peraturan. Bahkan beberapa peraturan yang orang Indonesia anggap lumrah, di Negeri Singa itu dilarang keras. Nggak sembarangan, menjual dan mengunyah permen karet di tempat umum, lupa flushing di toilet umum, atau jaywalking alias nyebrang jalan sembarangan justru dilarang keras saat kamu berada di sana. Bahkan kamu bisa dikenakan denda hingga 1.000 SGD kalau melanggarnya! 

Supaya kehidupan perkuliahan kamu di TMC Academy aman sentosa, baiknya kamu patuhi saja setiap peraturan yang ada baik di kampus atau di tempat umum, deh. Toh, peraturan ini sudah dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi warganya.

 

2. Jangan Jadi Mahasiswa yang Pasif

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Selama menjadi mahasiswa, pasti menyesal kalau jadi mahasiswa yang pasif, deh! Mumpung menjadi mahasiswa di luar negeri, kamu harus jadi mahasiswa yang aktif. Daripada langsung pulang setelah kuliah, cobalah bergabung dengan organisasi atau mencari informasi soal workshop atau seminar yang diadakan oleh TMC Academy.

Manfaatkan workshop atau seminar yang ada di kampus untuk mengasah skill kamu. Apalagi biasanya workshop atau seminarnya menghadirkan pembicara yang merupakan praktisi yang berpengalaman dalam bidangnya. Dengan beragam organisasi, workshop dan seminar yang kamu ikuti, bayangkan segudang skill yang bisa kamu bawa pulang nanti.

 

3. Hemat, Hemat dan Hemat

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Bukan rahasia lagi kalau biaya hidup di Singapura lebih tinggi dari pada negara-negara Asia Tenggara lainnya. Tapi hal ini bukan jadi alasan kamu buat patah semangat! Ada kok trik-trik jitu mengakali biaya tinggi di Singapura. Misalnya dari biaya makan, kamu bisa memasak sendiri di rumah. Kalau bosan masak, kamu bisa makan di hawker dengan harga makanan yang lebih bersahabat dengan kantong mahasiswa.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas kampus seperti free wifi di perpustakaan kampus saat mengerjakan tugas. Sehingga biaya listrik dan wifi kamu bisa lebih hemat lagi. Terakhir, manfaatkan student card kamu untuk mendapatkan promo-promo hemat untuk belanja bulanan atau makan di luar. Pasti ada cara untuk berhemat supaya kantong kamu aman!

 

4. Selalu Punya Plan B

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Menjadi mahasiswa harus tahan banting! Nggak semua plan yang kamu buat akan selalu berhasil dalam percobaan pertama. Justru kegagalan pada percobaan pertama ini harus menjadi pelajaran dan motivasi kamu untuk nggak membuat kegagalan yang sama. Nantinya, mental kamu pun akan terlatih untuk membuat plan B bahkan sampai Z dalam menghadapi semua rintangan yang ada di depan mata!

 

5. Pantau Perkembangan Regulasi Covid-19

Mahasiswa TMC Academy Wajib Tahu 5 Survival Tips Saat Kuliah di Singapura

Sumber: Pexels

Singapura termasuk negara yang memiliki regulasi ketat dalam memerangi pandemi Covid-19. Ketika kasus Covid-19 di negara tetangga mulai meningkat, Singapura dengan otomatis menutup border untuk pendatang. Regulasi Covid-19 di Singapura ini juga mempengaruhi proses kuliah termasuk di TMC Academy. Nah, biar kamu nggak keliru, sebaiknya rajin melihat update perkembangan Covid-19 lewat situs resmi pemerintah Singapura. 

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi tracing yang bernama “Trace Together” dari Kementerian Kesehatan Singapura untuk melacak jumlah kasus harian Covid-19. Semakin up to date dengan perkembangan Covid-19 di Singapura, kamu bisa mempersiapkan rencana kuliah sampai antisipasi juga.

Kuliah di TMC Academy di Singapura akan semakin nyaman jika kamu mengetahui Survival Tips ini. Selain itu, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education terlebih dahulu sebelum berangkat kuliah di Singapura. Kamu bisa konsultasi seputar persyaratan kampus, kehidupan di universitas, sampai update keadaan di Singapura dengan konsultan dari SUN Education. Yuk, konsultasi supaya studi kamu lebih lancar!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan