Tiga Cara Kuliah di Inggris Lewat Bellerbys College
Tiga Cara Kuliah di Inggris Lewat Bellerbys College
3 Juni 2015
Tips Perencanaan Studi ke Luar Negeri
Tips Perencanaan Studi ke Luar Negeri
3 Juni 2015

Campus Visit? Jangan Lupa Rumus 4W+1H

Mau Visit Campus? Jangan Lupa Rumus 4W+1H - SUN Education Group

Mau Visit Campus? Jangan Lupa Rumus 4W+1H

Sudah menentukan destinasi tujuan untuk studi Anda? Tentunya kata dan gambar baik dari internet, teman, saudara, maupun agen pendidikan tidak dapat memberikan gambaran yang pasti mengenai kondisi negara dan universitas tujuan Anda. Oleh karena itu, banyak universitas-universitas yang memperbolehkan calon siswa untuk berkunjung agar mereka bisa melihat dan merasakan sendiri suasana perkuliahan. Misalnya, Anda tertarik belajar di Inggris yang memiliki banyak pilihan universitas sehingga Anda bisa kebingungan dalam memilih. Dengan melakukan kunjungan ke kampus pilihan akan sangat membantu dalam membuat keputusan nantinya. Mau Visit Campus? Jangan Lupa Rumus 4W+1H

Campus Visit 0 -Campus Tour

1. When (Waktu terbaik untuk berkunjung)

Sebelum melakukan kunjungan, ada baiknya Anda melihat bulan dimana perkuliahan akan dimulai serta mengetahui waktu terbaik untuk berkunjung. Waktu mulai perkuliahan di Inggris biasanya adalah di bulan September. Waktu terbaik untuk berkunjung biasanya antara bulan Oktober-November dan Februari-Maret agar waktu pendaftaran tidak terlalu mepet. Sayangnya, bulan-bulan tersebut bukanlah waktu libur bagi sekolah nasional di Indonesia.

Jika ingin berkunjung saat hari libur sekolah, Anda bisa berkunjung di antara bulan musim panas yaitu  Juni-Agustus. Sayangnya, siswa Sarjana akan “menghilang” dari kampus karena liburan musim panas. Namun, Anda masih bisa melihat siswa Pascasarjana yang sedang menulis tesis  dan siswa kelas bahasa Inggris pada waktu tersebut. Selain itu, ada baiknya untuk menghindari melakukan kunjungan di waktu-waktu libur besar seperti libur Natal ataupun hari Paskah karena kampus akan tutup selama liburan tersebut.

Rencanakan waktu kunjungan Anda dengan berbicara ke konsultan pendidikan atau perwakilan institusi. Sumber foto: UEEdu

Rencanakan waktu kunjungan Anda dengan berbicara ke konsultan pendidikan atau perwakilan institusi. Sumber foto: UEEdu

2. Who (Siapa yang harus dicari)

Saat melakukan kunjungan, Anda bisa melakukan janji dengan student advisor untuk mendapatkan informasi yang cukup mengenai segala kegiatan di kampus. Pastikan Anda mengunjungi student centre untuk mengetahui fasilitas dan akomodasi yang dimiliki oleh kampus. Informasi ini akan sangat berguna terutama bagi Anda yang mungkin memiliki hobi tertentu seperti misalnya olahraga yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi universitas tersebut jika memiliki fasilitas olahraga. Selain itu, ada baiknya Anda bertanya-tanya pada siswa yang berkuliah di sana untuk mendapatkan perspektif langsung dari siswa kampus tersebut.

Berkunjung ke kantor penerimaan pelajar / admission office. Sumber foto: SVA

Berkunjung ke kantor penerimaan pelajar / admission office. Sumber foto: SVA

3. Where (Tempat yang Anda kunjungi)

Selain bangunan kampus, Anda bisa mengunjungi akomodasi di dalam dan di luar kampus untuk mengetahui kondisi baik akomodasi itu sendiri maupun lingkungan sekitar. Pertanyaan seperti apakah akomodasi tersebut strategis, aman, dan nyaman dan sesuai dengan kebutuhan akan terjawab langsung dengan melakukan kunjungan ini sehingga mempermudah Anda dan orang tua mengambil keputusan.

Kenali lokasimu. Sumber foto: UniversityofGlasgow

Kenali lokasimu. Sumber foto: UniversityofGlasgow

4. What (Apa yang harus dilakukan)

Kunjungan ke kelas-kelas serta merasakan sendiri belajar di dalam kelas tersebut merupakan salah satu hal yang sebaiknya Anda lakukan. Anda bisa bertemu dengan para dosen, staf kampus, mengikuti klub atau aktifitas yang diadakan saat itu, ataupun mencoba makan di kafetaria kampus, untuk dapat benar-benar merasakan suasana perkuliahan dengan baik.

Belajar di kelas. Sumber foto: MDJOnline

Belajar di kelas. Sumber foto: MDJOnline

5. How (Merencanakan perjalanan)

Untuk itinerary atau rencana perjalanan, biasanya akan diberikan oleh pihak kampus. Namun, ada baiknya Anda tertap melakukan konsultasi dengan staf konsultan pendidikan agar bisa menyesuaikan jadwal kunjungan Anda dengan jadwal para staf. Andapun bisa meminta untuk ditemani oleh siswa kampus tersebut selama kunjungan.. Dalam itinerary tersebut akan disebutkan siapa yang akan menyambut disana, yang menemani selama tur, berkunjung kemana, dan lainnya.

Campus visit di universitas. Sumber foto: UMass

Campus visit di universitas. Sumber foto: UMass

Siswa yang mendaftar melalui SUN Education akan dibantu merencanakan campus visit Anda untuk mendapatkan pengalaman dan merasakan suasana perkuliahan secara langsung.

Tertarik? Untuk bantuan dalam kunjungan ke kampus, mendaftar serta pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat.[:]

Tinggalkan Balasan