cara mendapat beasiswa
Cara Mendapat Beasiswa untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa
23 Juni 2020
berapa lama kuliah s2 di luar negeri
Berapa Lama Kuliah S2 di Luar Negeri
26 Juni 2020

Cara Belajar di Perguruan Tinggi yang Efektif

cara belajar di perguruan tinggi

cara belajar di perguruan tinggi

Apa kamu merupakan seorang siswa dari bangku SMA yang sudah mulai memasuki dunia perkuliahan? Ataukah kamu adalah seorang mahasiswa yang saat ini sedang berjuang untuk menjalankan studi dengan baik dan terorganisir? Apapun itu, dunia perkuliahan tentunya memiliki sistem pembelajaran yang berbeda dengan tingkat SMA/SMK loh. Beda tingkatan, beda pula cara kamu menghadapinya. Sementara itu, cara belajar yang tepat adalah salah satu hal esensial yang juga menjadi concern beberapa siswa. Tapi, jangan khawatir! Ada banyak cara belajar di perguruan tinggi yang efektif dan juga seru. Namun, semuanya kembali kepadamu. Dengan niat dan cara yang tepat, proses belajar kamu dipastikan akan jauh bisa lebih terbantu.

studi ke luar negeri

Sumber: Freepik

Seperti yang kita ketahui, berkuliah di perguruan tinggi termasuk sebagai proses pembelajaran dalam memaksimalkanmu sebagai mahasiswa untuk menjadi seorang pekerja yang berpotensi dan profesional di masa yang akan datang. Saat di dunia kerja, kamu tidak hanya berkecimpung dalam pelajaran yang telah kamu kuasai sajakamu akan menemui berbagai orang yang berbeda dan harus bisa berkomunikasi serta bekerja bersama mereka. Oleh karena itu, kamu perlu aktif dalam menyempurnakan pembelajaran yang kamu dapatkan selama masa studi dan juga turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. 

Memasuki dunia perkuliahan, kamu harus bisa lebih kritis dan mandiri. Apalagi untuk kamu yang menempuh studi hingga ke luar negeri, kamu tentu harus berhadapan dengan berbagai macam hal. Mulai dari adaptasi lingkungan, problem latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, aspirasi, komunikasi dan relasi lintas budaya, hingga sosial. Terlebih, kamu masih harus memperhatikan pembelajaran dan pengajaran yang kamu dapatkan. Belajar di kelas saja tidak cukup untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam dirimu. Kamu harus berani untuk bergerak lebih. Berikut beberapa rekomendasi efektif dan seru untuk cara belajar di perguruan tinggi yang bisa kamu coba lakukan!

Baca Juga : Cara Mendapat Beasiswa untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa

Buat Catatan agar Terorganisir

Perkuliahan artinya akan banyak variasi aktivitasbaik dari segi assignment, praktek, maupun sosial. Dengan membuat catatan sebagai rutinitas baru, hal ini akan membantumu untuk keep on track dan mengingat lebih baik. Apalagi, dengan mencatat pembelajaran, ilmu tersebut bisa tetap berada dalam ingatan dan direview kembali saat kamu butuhkan. Kamu bisa buat catatan yang detail, rapi, dan menarik agar catatan tersebut menyenangkan saat dibaca.

Belajar Sendiri

Yup! Belajar di kelas saja gak cukup untuk memaksimalkan kebutuhan edukasimu. Sekali sekali, coba atur satu hari dimana kamu bisa belajar sendiri saat di rumah ataupun asrama saat kamu berkuliah. Belajar sendiri akan membuatmu lebih tenang dan fokus. Kamu akan mampu mengatasi gangguan-gangguan yang bisa memecahkan konsentrasi dengan lebih mudah. Selain itu, belajar mandiri akan melatih kemampuan problem solvingmu. Kamu akan dituntut untuk berpikir secara logis, analitis, dan kreatif.

Mengembangkan Pengetahuan

Me-review tugas serta mengembangkannya merupakan cara agar kamu bisa belajar secara efektif. Saat melakukan hal ini, kamu akan mengasah perspektif yang kamu miliki. Catatlah dengan lengkap jika kamu menemukan kekurangan atau kelebihan dalam suatu studimu dan saat diterapkan di lapangan. Setelah itu, kamu bisa mendiskusikannya dengan teman, kolega, ataupun dosen berdasarkan catatan yang sudah kamu buat dan materi yang dipelajari sebelumnya.

Belajar dari Banyak Sumber

Perluaslah wawasan yang kamu miliki dan terus semangat dalam meng-explore banyak hal.Buku pelajaran memang menjadi salah satu alat tempurmu dalam menggali pengetahuannamun sumber referensi yang kaya ilmu tidak hanya terpaku dari satu hal itu saja. Ada sangat banyak sumber pengetahuan selain proses lecturing dari dosen. Mulai dari buku yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan, internet learning, forum diskusi, berita, dan lain-lain. Dengan belajar dari banyak sumber lainnya, kamu akan bisa mendapatkan sudut pandang serta pendapat yang berbeda. 

Baca Juga : 5 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas

Sumber: Freepik

Terlibat dengan berbagai klub, organisasi, atau komunitas akan membantu kamu bertemu dengan orang-orang baru. Melalui wadah tersebut kamu bisa menikmati kehidupan kampus, mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang selama ini dimiliki, belajar bagaimana cara bekerja bersama tim, komunikasi, kesempatan networking dimana kamu dapat membangun hubungan yang akan sangat berguna untuk jalan karir kedepannya, menerapkan pengalaman yang telah dipelajari di kelas, hingga mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Tetap Rileks

Meski harus sungguh-sungguh dalam belajar, kamu harus tetap rileks dan tenang. Hal tersebut agar kamu lebih mudah menganalisa hal yang rumit, memahami pelajaran, serta menghasilkan kesimpulan atau solusi yang terbaik setiap menyelesaikan pelajaran atau penugasan. Kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik yang menghibur dan menenangkan sebelum belajar, olahraga, ataupun membangkitkan mood dengan melakukan hal yang kamu sukai terlebih dahulu. Namun, tetap ingat time management nya ya!

Baca Juga : 8 Tips Agar Siap dan Tidak Bingung Memilih Jurusan Kuliah

Atur Target

Target merupakan salah satu hal penting untuk mengevaluasi apakah kamu berhasil dan bagaimana cara kamu mencapainya. Kamu bisa menentukan berbagai macam target, tergantung apa keinginan dan tujuan kamu. Misalnya, disaat awal semester kamu membuat target achievement apa saja yang ingin dicapai selama semester tersebut, ataupun target ingin melakukan aktivitas atau kegiatan yang melibatkan sosial. Selama hal tersebut positif, teruslah lakukan yang terbaik!

Nah, itulah dia 7 rekomendasi cara belajar di perguruan tinggi yang efektif! Jangan lupa, meskipun kamu harus fokus belajar, menghadapi banyak tugas, ataupun kesulitan lainnya saat berkuliah, usahakan untuk kelola tingkat stress yang bisa saja kamu rasakan. Terkadang kamu pun bisa merasa berada di titik jenuh dan kehilangan semangat. Disaat itu, kamu harus bisa semangat dan bangkit!

Sumber: Freepik

Jangan sampai stress tersebut menumpuk dan mengganggu fokus kamu saat proses belajar. Sebagai mahasiswa yang penuh dengan kegiatan produktif, kamu juga butuh bernapas. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan beberapa aktivitas untuk mengimbanginya. Di waktu senggang, kamu bisa pergi berlibur, mengikuti kegiatan diluar kampus, maupun melakukan hobi yang kamu suka agar pikiran kembali segar.

Kamu juga bisa mengingat kembali motivasimu saat memilih untuk melanjutkan studi di kampus tersebut. Jadikan motivasi tersebut sebagai bahan bakar untuk memacu semangat belajar dalam menyelesaikan pendidikan. Maksimalkan pengalamanmu, manfaatkan seluruh fasilitas yang ada di kampus, dan bersemangatlah dalam melakukan yang terbaik. Dengan usaha keras yang kamu lakukan, percayalah, kamu dapat menuai hasil akhir yang memuaskan dan juga membanggakan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!