Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di 5 Negara dengan Edukasi Terbaik
14 Agustus 2020
5 Persiapan Kuliah di Luar Negeri Sebelum Mewujudkan Mimpimu!
16 Agustus 2020

Yuk, Intip! Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

Kuliah di luar negeri memang merupakan impian banyak pelajar Indonesia, terutama jika berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Banyak hal yang harus diketahui mengenai cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Kamu termasuk salah satu yang tertarik untuk kuliah ke luar negeri dengan beasiswa? Simak penjelasan dalam artikel ini ya! 

Hal-hal yang Perlu Kamu Persiapkan

kuliah dengan beasiswa

Sumber: Freepik

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum mencari cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa adalah persiapannya. Terutama jika kamu ingin melanjutkan S1 dengan beasiswa, kamu harus mempersiapkan hal-hal berikut sejak di bangku SMA. 

Nilai akademik yang memuaskan

Sebagian besar beasiswa menjadikan nilai akademik yang bagus sebagai syarat utama untuk mendaftar. Siswa dengan nilai memuaskan dianggap memperlihatkan minat dan kecenderungan yang tinggi untuk menyelesaikan studi dengan baik. Agar dapat memenuhi syarat utama tersebut, kamu harus benar-benar memperhatikan nilai dan meningkatkannya sebisa mungkin setiap semester. Tentu saja harus disertai dengan pemahaman dan penguasaan yang baik terhadap apa yang kamu pelajari. 

Keaktifan ekstrakurikuler

Selain nilai akademik, hal lain yang biasanya dinilai untuk mendapatkan beasiswa adalah keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini disebabkan karena kegiatan-kegiatan tersebut akan melatih berbagai soft skill seperti leadership, time management dan sebagainya. Hal ini berguna karena biasanya mahasiswa penerima beasiswa akan terlibat dengan banyak kegiatan di universitas. 

Kemampuan bahasa Inggris

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri, sudah pasti kamu harus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Keterampilan tersebut juga harus dibuktikan dengan sertifikasi keterampilan TOEFL dan IELTS. Bila perlu kamu dapat mengikuti kelas persiapan khusus untuk mencapai target tertentu. Hal ini karena untuk ujian IELTS dan TOEFL sendiri berbiaya cukup mahal, jadi sayang sekali jika kamu tidak mempersiapkannya dengan baik. 

Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa

cara mendapatkan beasiswa

Sumber: Freepik

Ketika memasuki tingkat terakhir di SMA, kamu harus sudah harus mulai melihat-lihat kesempatan beasiswa yang tersedia untuk ke berbagai negara. Akan lebih baik jika kamu sudah menentukan negara mana yang akan menjadi destinasi studimu. Hal tersebut akan mempermudahmu dalam memilih dan menyeleksi beasiswa yang ditawarkan. 

Informasi di sekolah

Beberapa sekolah memiliki koneksi dan informasi yang lengkap soal beasiswa, termasuk untuk ke luar negeri. Pekalah terhadap pengumuman yang diberikan sekolah baik secara langsung maupun tertulis. Kamu juga dapat bertanya langsung ke bagian akademik sekolahmu untuk mencari tahu kesempatan beasiswa yang tersedia. 

Informasi yang dicari sendiri

Selain informasi dari sekolah, salah satu cara kuliah di luar negeri dengan beasiswa yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi sendiri. Kamu dapat mengikuti akun-akun yang menyediakan beasiswa di berbagai media sosial. Atau kamu juga dapat mencarinya di mesin pencari dengan memasukkan kata kunci beasiswa dan nama negara tujuan. 

Perluas sumber informasi

Perluaslah koneksi dan sumber informasi, misalnya dengan mencari tahu penerima beasiswa tersebut yang merupakan alumni sekolahmu. Jika memungkinakan, kamu dapat menyapanya dengan sopan untuk bertanya mengenai beasiswa tersebut. Manfaatkan sosial media sebaik mungkin untuk hal-hal terkait dengan membangun koneksi terkait beasiswa. 

Jenis-Jenis Beasiswa

cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri

Sumber: Freepik

Beasiswa Pemerintah

Lembaga pemerintahan seperti berbagai kementerian di Indonesia sering menyediakan beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Selain itu, pemerintah negara tertentu juga kerap menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional, terutama dari negara berkembang. 

Beasiswa Universitas

Tidak hanya lembaga pemerintahan, banyak universitas terbaik dunia yang menyediakan beasiswa untuk pelajar internasional yang berprestasi. Informasi ini biasa ditemui di website universita maupun media sosial. 

Beasiswa Swasta

Tidak sedikit pihak swasta baik di dalam maupun di luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk melanjutkan studi di negara tertentu. Pihak swasta yang dimaksud antara lain seperti bank atau asosiasi perusahaan tertentu. 

Perlu untuk Diketahui…

perlu diketahui

Sumber: Freepik

Beasiswa untuk studi ke luar negeri ada yang mencakup semua biaya kebutuhan studi hingga uang saku dan ada pula yang hanya mencakup sebagiannya saja. Pastikan kamu membaca juga semua ketentuan sebelum mendaftar beasiswa tertentu agar aplikasimu menjadi lebih efektif, ya! 

Comments are closed.