biaya hidup di australia
Biaya Hidup di Australia untuk Mahasiswa
20 Maret 2020
biaya kuliah di jepang
Jenis Perguruan Tinggi dan Biaya Kuliah di Jepang
22 Maret 2020

Cara Kuliah di Singapura sambil Menghemat Biaya

Singapura memang tidak seluas negara lain. Tetapi negara ini dikenal dengan banyak hal terbaiknya. Selain perekonomian stabil dan memiliki infrastruktur yang maju, pendidikan di Singapura termasuk yang terbaik di dunia. Banyak sekali pelajar internasional yang datang dari penjuru dunia untuk kuliah di Singapura. Buat kamu yang ingin berkuliah di negara ini, tidak perlu mengkhawatirkan pengeluaran nantinya! Universitas banyak yang menawarkan biaya studi murah—dan lagi kamu juga tetap bisa menekan biaya saat berkuliah disini! Sebagai tips, yuk simak beberapa cara kuliah di Singapura sambil menghemat biaya dibawah ini:

Ajukan Beasiswa

Hampir seluruh universitas baik negeri maupun swasta menawarkan berbagai macam beasiswa. Mulai dari beasiswa yang diberikan setelah mendaftar universitas, beasiswa bersifat full, hingga beasiswa yang diberikan karena peningkatan nilai dan performa saat studi. Mumpung kuliah di luar negeri, manfaatkanlah kesempatan ini dengan mendaftar beasiswa! Percayalah, beasiswa membantu mengurangi pengeluaran saat berkuliah.

Mengatur Pengeluaran Sehari-hari

Cara kuliah di Singapura sambil menghemat biaya? Tentu me-manage pengeluaran sehari-hari adalah penting. Meski biaya hidup di Singapura masih terjangkau jika dibandingkan dengan negara lain, kamu tetap harus bisa memperhatikan pengeluaranmu. Buatlah anggaran biaya pokok seperti makan, peralatan studi, telekomunikasi, transportasi, akomodasi, asuransi, hingga biaya pribadi. Rata-rata yang diperlukan pelajar umumnya berkisar antara SGD 1.500 hingga SGD 2.500 per bulan, sesuai dengan gaya hidup masing-masing pribadi.

Untuk kebutuhan pangan seperti beras biasanya seharga SGD 2.73 per kilo, telur ayam SGD 2.68 per lusin, dan daging ayam seharga SGD 10.5 per kilo. Tapi FYI, dengan populasi Singapura yang padat, maka sudah pasti banyak jenis pasar murah atau pasar tradisional. Pasar tersebut menjual berbagai macam makanan dengan harga yang berbeda dan bahkan kamu bisa mendapatkan harga murah.

Selain itu, untuk bepergian, cobalah lebih sering mengendarai transportasi umum. Pemerintah Singapura sudah mengeluarkan banyak dana untuk membangun infrastruktur transportasi publik bagi masyarakat. Dengan transportasi umum seperti bis dan kereta monorel kamu jadi bisa berkeliling kota Singapura dengan mudah.

Memilih Akomodasi Murah

Di Singapura ada banyak universitas yang menyediakan fasilitas akomodasi bagi mereka yang menjadi mahasiswa di universitas tersebut. Dalam akomodasi ini biasanya sudah termasuk makan, cuci pakaian, keamanan 24 jam, pengawasan, fasilitas olahraga dan masih banyak lainnya. Biaya akomodasi kampus rata-rata dimulai dari SGD 700 sampai SGD 2,000 per bulan.

Alternatif lainnya, kamu bisa menyewa kamar apartemen, HDB flats atau rumah. HDB flats ,merupakan flats yang dimiliki oleh pemerintah. Biasanya, harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan dengan apartemen yang dimiliki oleh pihak swasta. Jumlah biaya yang akan dikeluarkan tergantung dari tipe akomodasi tersebut, fasilitas yang tersedia dan lokasi yang kamu tentukan. Biaya menyewa HDB flats berkisar sekitar SGD 500 – SGD 900 per bulan dan untuk apartemen kamu akan merogoh kocek rata-rata sekitar SGD 900 – SGD 2,500 per bulan.

Bekerja Part-time atau Freelance

Sebagai pelajar full time di universitas negeri, politeknik atau institusi yang disetujui oleh Kementerian Tenaga Kerja, kamu mempunyai izin dari Student’s Liaison Office untuk bekerja paruh waktu hingga 16 jam per minggu selama masa kuliah dan selama masa liburan pengajaran. 

Jika kamu memiliki kemampuan lainnya yang dapat dijadikan usaha, kamu juga bisa mencoba untuk bekerja freelance. Bekerja freelance bisa lebih mudah karena fleksibilitasnya. Kamu bisa bekerja kapan saja dan dimana saja. 

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa cara kuliah di Singapura sambil menghemat biaya studi. Jangan khawatir pengeluaran melonjak—jika kamu benar-benar mengaturnya dan mengikuti beberapa tips di atas, kamu pasti bisa menghemat pengeluaran studi di luar negeri! Selamat merencanakan studi luar negeri mu dan tetap semangat menempuh pendidikan tinggi ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!