universitas singapura yang menyediakan beasiswa
4 Universitas Singapura yang Menyediakan Beasiswa
9 Agustus 2020
Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di 5 Negara dengan Edukasi Terbaik
14 Agustus 2020

Cara Memilih Jurusan Kuliah di Luar Negeri Dengan Tepat

Sumber: Freepik

Apa kamu bercita-cita dan berencana untuk kuliah di luar negeri? Well, dua jempol untukmu! Dengan keputusan besar ini, kamu siap menghadapi perjalanan baru dalam mengarungi pendidikan jauh diatas standar. Artinya, kamu dijamin akan menerima ilmu pengetahuan berkualitas tinggi serta pengalaman baru yang sudah pasti akan merubah banyak hal positif dalam hidupmu nantinya. Sementara itu, ada banyak sekali siswa diluar sana yang masih bingung dalam memahami cara memilih jurusan kuliah di luar negeri. Padahal, salah satu indikator agar berhasil dalam studimemilih secara cermat bidang studi yang akan ditempuh memainkan peran penting.

Sumber: Freepik

Jurusan kuliah merupakan fondasi kamu untuk melewati langkah selanjutnya. Dengan belajar di jurusan yang tepat, kamu bisa fokus untuk mengembangkan potensimu serta memahami rencana karir untuk di masa depan. Karena ada banyak sekali jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi, kamu harus menentukan cara memilih jurusan kuliah di luar negeri secara cermat dan penuh pertimbangan! Nah, untuk memudahkan pertimbanganmu, berikut ini beberapa rekomendasi cara memilih jurusan kuliah di luar negeri dengan tepat yang bisa kamu coba lakukan:

 

Pahami Minat dan Passion

 

Minat dan passion adalah hal penting pertama yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan jurusan kuliah. Jika kamu memahami apa kemampuanmu dan hal yang membuatmu terus semangat dalam mengerjakannya, kamu bisa lebih fokus dan memaksimalkan performa studimu. Percaya deh, kuliah sesuai minat dan passion akan membuatmu jauh lebih berkembang saat kuliah dan bahkan saat memasuki dunia kerja di masa yang akan datang!

 

Riset dalam Mencari Jurusan

 

Cari tahu jurusan yang paling tepat untukmu. Buatlah daftar beberapa jurusan yang menarik minatmu atau sekiranya yang paling mendekati. Pertimbangkan setiap pilihan yang ada dalam daftar dan review sampai tersisa jurusan yang sesuai dengan preferensi mu. Setelah itu, kamu harus mencari tahu kualitas jurusan tersebut di universitas yang akan kamu tuju baik itu dari segi akreditasi, pembelajaran, aktivitasnya, maupun pertimbangan lain.

 

Memilih Universitas

 

Yup! Reputasi universitas tentu harus dipertimbangkan. Selain memilih jurusan yang kualitasnya paling oke, kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari universitas itu sendiri. Reputasi yang dimiliki universitas dapat menggambarkan kualitas yang dimiliki, mulai dari fasilitas yang diberikan, metode pembelajaran, fleksibilitas melakukan penelitian, sampai dengan tenaga pengajarnya. FYI, ini juga punya pengaruh untuk proses belajarmu nanti maupun prospek kerja kedepannya.

 

Perhatikan Keuntungan dan Konsekuensi Pilihan

 

Secara kurang lebih, pastikan kamu tahu dengan jelas apa saja yang akan kamu hadapi saat perkuliahan nanti. Apa kamu menerima bobot kegiatannya? Apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan menempuh jurusan tersebut? Sanggupkah kamu dalam mengikuti rangkaian kegiatannya? Kalau kamu sudah siap dengan hal tersebut, kamu pasti mampu menerima keuntungan serta konsekuensi yang ada. Hal ini penting agar saat di tengah-tengah masa studi, kamu tidak menyerah dan justru semakin termotivasi dalam menjalani studi tersebut!

 

Pertimbangkan Biaya Kuliah

 

Biaya studi adalah salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan banyak pelajar. Terlebih karena kamu ingin merantau hingga ke negeri luar, kamu harus mempertimbangkan biaya kuliah dan juga biaya hidup yang nantinya dikeluarkan. Biaya kuliah dan biaya hidup setiap universitas dan negara akan berbeda. Pertimbangkan yang sesuai dengan untukmu dan juga tentukan jika kamu ingin menggunakan biaya sendiri ataupun beasiswa. Universitas ada yang secara khusus memberikan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa internasional. 

 

Durasi Studi

 

Setiap program studi yang ditawarkan oleh universitas punya durasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk program Master di Inggris ada yang dapat diselesaikan hanya dalam kurun satu tahun. Selain itu, Australia dan Amerika juga punya beberapa universitas yang menawarkan program Bachelor dengan durasi dua hingga tiga tahun. Kamu bisa menyesuaikan berapa lama kamu ingin menempuh studi di universitas tersebut.

 

Konsultasi dengan Kerabat Dekat atau yang Berpengalaman

 

Agar tidak terpengaruh dengan hal lain, kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua, kerabat dekat, ataupun yang lebih berpengalaman. Meminta saran dan arahan bisa membantumu untuk dalam menentukan pilihan jurusan. Sedangkan jika kamu ingin meminta pendapat dari orang yang lebih profesionalkamu bisa berbicara dengan konsultan pendidikan, salah satunya. Konsultan pendidikan banyak yang memiliki jam terbang tinggi dan pengetahuan luas mengenai studi luar negeri serta menawarkan jenis konsultasi lengkap.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!