cara mengatur waktu bagi mahasiswa
5 Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa
22 Juni 2020
cara belajar di perguruan tinggi
Cara Belajar di Perguruan Tinggi yang Efektif
24 Juni 2020

Cara Mendapat Beasiswa untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa

cara mendapat beasiswa

cara mendapat beasiswa

Beasiswa adalah tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa dalam bentuk bantuan biaya pendidikan. Bantuan ini yang dimaksud di sini dapat berupa uang sekolah maupun uang saku. Beasiswa biasanya diberikan oleh lembaga seperti sekolah atau universitas, namun ada pula yang dari lembaga lainnya. Biasanya, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh seorang pelajar untuk mendapatkan beasiswa tertentu, baik itu prestasi akademik, prestasi di bidang tertentu seperti olahraga. Ada banyak sekali beasiswa yang disediakan untuk berbagai keperluan pendidikan, hanya saja seringkali pelajar tidak mengetahui cara mendapat beasiswa itu sendiri. 

Oleh karena itu, kali ini SUN Education akan memberitahumu langkah-langkah atau cara mendapat beasiswa. Hal ini perlu diketahui oleh kamu yang ingin melanjutkan studi dengan bantuan biaya tambahan dalam bentuk beasiswa. 

Penyedia Beasiswa

penyedia beasiswa

Sumber: Freepik

Lembaga Pemerintahan

Ada banyak sekali lembaga yang menyediakan beasiswa untuk berbagai keperluan terkait studi. Pemerintahan di Indonesia sendiri memiliki berbagai program beasiswa, baik untuk pelajar berprestasi maupun bagi pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan adalah salah satu lembaga pemerintahan yang memberikan banyak kesempatan beasiswa untuk pelajar Indonesia. 

Selain LPDP dan lembaga pemerintahan lainnya di Indonesia, ada pula program beasiswa yang merupakan kerjasama dengan pihak di luar negeri. Ada pula beasiswa yang memang benar-benar disediakan oleh pemerintah luar negeri tanpa perantara. 

Baca Juga : 3 Kampus Swasta Terbaik Asal Amerika

Institusi Pendidikan

Selain lembaga pemerintahan, beasiswa juga dapat diberikan oleh instansi pendidikan yang bersangkutan secara langsung. Beberapa sekolah atau universitas swasta mungkin memiliki program pendanaan atau beasiswa sendiri yang berlaku internal. Maksudnya, beasiswa yang diberikan hanya untuk pelajar atau calon pelajar di institusi tersebut. Tidak hanya di dalam negeri, ada banyak institusi pendidikan luar negeri yang menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia. 

Pihak swasta

Ada banyak pihak swasta non pendidikan yang juga menyediakan beasiswa di Indonesia. Tidak jarang beasiswa yang disediakan oleh pihak swasta ini dibuka untuk umum dengan serangkaian proses seleksi untuk calon penerimanya. Salah satu pemberi beasiswa dari pihak swasta adalah Djarum dengan program Djarum Beasiswa Plus. Pihak swasta penyedia beasiswa ini jumlahnya ada sangat banyak dan programnya pun variatif. 

Cara Mendapat Beasiswa

cara mendapat beasiswa

Sumber: Freepik

Persiapkan sejak awal

Sebelum memulai langkah-langkah untuk mendapatkan beasiswa, kamu perlu mengetahui bahwa sebagian besar beasiswa mencantumkan prestasi akademik sebagai salah satu persyaratannya. Tidak hanya itu, banyak juga beasiswa membutuhkan keterampilan seperti kemampuan bahasa Inggris yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi TOEFL atau IELTS. Oleh karena itu, jika mendapatkan beasiswa adalah rencana jangka panjangmu, ada baiknya kamu mulai untuk meningkatkan prestasimu dan mempertahankannya. 

Cari tahu informasi mengenai beasiswa

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu mengenai beasiswa yang tersedia dan ditawarkan oleh suatu lembaga tertentu. Untuk memperoleh informasi ini sebenarnya cukup mudah karena tersedia banyak di internet dan media sosial. Ketika kamu mulai berencana mendapatkan beasiswa, ada baiknya kamu mengikuti akun-akun yang menyediakan informasi mengenai peluang beasiswa di sosial media. 

Baca Juga : 3 Kampus Terkemuka Asal Kanada dengan Ranking Universitas Dunia

Selain itu, pekalah dengan segala peluang dan sumber informasi. Misalnya, di sekolah atau universitas biasanya sering ada kesempatan beasiswa, entah dari pemerintah, pihak swasta atau lainnya. Informasi mengenai beasiswa tersebut biasa di tempel di mading, atau kamu bisa menanyakannya kepada guru BK di sekolahmu. Sementara jika kamu adalah mahasiswa, sering-seringlah mendatangi kantor jurusan karena dari sana lah biasanya informasi mengenai beasiswa didapatkan. Kamu juga bisa mengunjungi website universitas untuk mendapatkan informasi mengenai peluang beasiswa tersebut. 

Ketahui syarat pendaftarannya

Cara mendapat beasiswa yang selanjutnya adalah mengetahui segala persyaratannya dan memastikan kamu dapat mendaftar. Dalam hal ini kamu juga harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan, seperti kecenderungan kandidat yang diterima pada periode sebelumnya. Sebaiknya kamu hanya mendaftar pada program-program beasiswa di mana kamu memang memiliki kriteria lulus yang diharapkan. Misalnya, jika sebuah program mencantumkan prestasi akademik dengan nilai rata-rata minimal 90, maka jangan mendaftar jika nilaimu tidak mencukupi. 

Menebar aplikasi pendaftaran beasiswa sebanyak-banyaknya memang tidak ada salahnya, tetapi bukan berarti kamu mengabaikan syarat-syarat serta kriteria yang dibutuhkan. Mendaftar pada beasiswa yang tidak sesuai dengan spesifikasimu, hanya akan meningkatkan jumlah kegagalan yang mungkin berpengaruh buruk pada rasa percaya dirimu. 

Buatlah resume kreatif dan esai yang menarik

Salah satu hal yang biasanya dibutuhkan dalam pendaftaran beasiswa adalah resume dan karya tulis dalam bentuk esai. Kedua hal ini biasanya masuk sebagai syarat administratif, di mana jika kamu tidak memenuhinya, maka kamu akan secara otomatis akan didiskualifikasi. Oleh karena itu belajar untuk bagaimana membuat resume yang kreatif dan esai yang menarik adalah sebuah keharusan. 

Karya tulis atau esai bisa dibilang merupakan hal krusial dalam cara mendapat beasiswa. Hal ini akan benar-benar dijadikan bahan penilaian apakah kamu layak untuk lanjut ke tahap berikutnya dalam proses seleksi. Belajarlah bagaimana menulis tulisan ilmiah yang baik sehingga akan membantumu untuk menulis esai saat dibutuhkan. 

Berlatih untuk menghadapi wawancara

Wawancara umumnya merupakan tahap akhir dan yang paling menentukan dari suatu proses seleksi, begitupun dalam seleksi penerimaan beasiswa. Banyak orang gagal dalam tahap ini lantaran tidak pernah melatih diri untuk berbicara dengan baik saat menghadapi wawancara. Bagaimana menyampaikan gagasan dengan baik tanpa berbelit-belit seringkali sulit dilakukan apalagi jika disertai gugup. Oleh sebab itu, melatih berbicara adalah salah satu hal yang bisa kamu pelajari agar menjadi lebih siap untuk menghadapi wawancara penerimaan beasiswa. 

Baca Juga : TOP 10 Universitas Terbaik di Asia 2020

Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan Pencari Beasiswa

penyebab gagal mendapat beasiswa

Sumber: Freepik

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan oleh pencari beasiswa yang menjadikan mereka gagal dalam proses seleksinya. 

1. Asal memasukkan aplikasi tanpa menimbang kesesuaian potensi diri dan kriteria yang diminta. Memasukkan banyak aplikasi sekaligus memang baik, tetapi jangan abaikan setiap kriterianya. 

2. Tidak melengkapi semua persyaratan administrasi yang diminta. Ketidaklengkapan dokumen berpotensi membuatmu didiskualifikasi sejak pada tahap awal proses seleksi. 

3. Tidak mahir dalam menuliskan resume atau esai yang kurang menarik atau tidak sesuai dengan topik yang minta. Kedua hal ini dapat dipelajari, namun tidak banyak yang benar-benar berlatih dan mempersiapkannya. 

4. Tidak memberikan kesan yang kuat pada saat wawancara yang disebabkan kurangnya latihan. 

5. Kurang gigih dan gampang menyerah.

Tips untuk Mendapatkan Beasiswa

mendapat beasiswa

Sumber: Freepik

Mendapatkan beasiswa adalah sebuah proses panjang yang membutuhkan usaha, kesabaran dan doa. Oleh sebab itu, persiapkanlah dirimu sebaik-baiknya sebelum mendaftar sebuah program beasiswa dan pastikan bahwa kamu memenuhi semua kriterianya. Selain itu kamu juga perlu mengetahui setiap tahap seleksinya dan mempersiapkannya dengan baik. Ingat, beasiswa adalah bantuan dana pendidikan yang dijadikan incaran oleh banyak orang. Buatlah dirimu untuk menjadi kandidat kuat dengan serius dalam menjalani prosesnya. 

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!