universitas dengan jurusan farmasi terbaik di dunia
10 Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Dunia
23 September 2020
8 Universitas Australia dengan Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik!
23 September 2020

7 Cara Sukses Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Sumber: Freepik

Bagi pelajar yang memiliki cita-cita melanjutkan pendidikan hingga ke luar negeri, biaya studi yang akan dihadapi tentu menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Meskipun pengeluaran bisa merogoh biaya yang bervariasi dan cukup menantang, bukan berarti kamu harus mengurungkan niat besarmu meraih mimpi ini. Dengan cara ini, beasiswamerupakan tunjangan yang bisa memberikan banyak bantuan dan manfaat bagi kamu yang berhasil menerimanya. Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri bisa dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, ada yang memiliki persyaratan mudah sampai dengan yang challenging.

Sumber: Freepik

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu sendiri harus melewati setidaknya beberapa rangkaian persyaratan yang harus dipenuhi. Ada beasiswa yang mengharuskanmu untuk memiliki ketentuan ini, standar itu, maupun kriteria lainnya. Meanwhile, terkadang masih ada beberapa pelajar yang bingung dengan alur pengajuan, persyaratan, ataupun persiapannya. Padahal, penting banget untuk kamu menggunakan strategi jitu agar sukses mendapatkan beasiswa tersebut! Nah, agar kamu berhasil meraih beasiswa di universitas impian kamu nantinya, yuk ikuti rekomendasi cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri ini:

Pilih dan Ajukan Beasiswa

Jenis beasiswa bermacam-macam; ada yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi, beasiswa prestasi, hingga beasiswa studi S2 dan S3. Jika dilihat dari sumber pembiayaan, ada 5 jenis beasiswa yang bisa kamu pilih untuk ajukan. Mulai dari beasiswa pemerintah, pihak swasta, dari negara maju/donor internasional, organisasi, komunitas, yayasan, hingga dari perguruan tinggi.

Mempertimbangkan beasiswa juga tidak hanya sekadar dari nominalnya. Banyak aspek lain yang tidak kalah penting; seperti kriteria, lokasi, periode, sampai syarat dan ketentuan. Pastikan memilih jenis beasiswa yang tepat dan sesuai kebutuhanmu. Jadi, perkuliahan kamu akan dimudahkan dengan adanya bantuan yang sesuai tersebut.

Lengkapi Persyaratan

Ini sangat penting! Setelah menemukan jenis beasiswa yang sesuai untukmu, ketahui persyaratannya dan mulai lengkapi apa saja yang dibutuhkan. Selain itu, misalnya beberapa beasiswa mengharuskan nilai standar yang mencapai skor sekian, nah kamu harus menyesuaikan dengan kriteria tersebut untuk menembus kualifikasi. Persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar. 

Jangan lupa sertakan motivation letter ataupun CV yang disusun dengan baik dan sekreatif mungkin. Kamu harus meyakinkan pihak penyelenggarakemampuan dan kualifikasi yang kamu miliki menjadikanmu kandidat terbaik yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut. 

Kuasai Bahasa Internasional

Bagaimana kemampuan berbahasa Inggris kamu hingga saat ini? Sudah diasah sejauh manakah? Sebagai pengingat, bahasa internasional adalah salah satu hal esensial yang harus kamu kuasai. Tidak hanya berlaku untuk beasiswa saja, tetapi kemampuan bahasa internasional penting sebagai alat komunikasi saat pembelajaran nantinya. Kebayang kan bagaimana proses menyerap pembelajaran saat di kelas nanti jika kamu kebingungan dalam mencerna arti dalam Bahasa Inggris tersebut? 

FYI, syarat kemampuan ini pun berkaitan dengan beasiswa yang akan kamu ajukan nantinya. Banyak universitas kancah internasional mewajibkanmu untuk melampirkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Sebagai contoh, ada IELTS (International English Language Testing System), TOEFL (Test of English as Foreign Language), atau PTE (Pearson Language Tests). Tentunya, dengan minimal skor yang telah mereka jadikan standar persyaratan.

Siap Menghadapi Ujian

Ada beberapa beasiswa yang mengharuskanmu mengikuti tes sebagai persyaratan pendaftaran. Pastikan kamu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai tes yang akan dilakukan oleh pihak penyelenggara. Baik itu persiapan mental maupun ilmu pengetahuan. Jika nantinya kamu memasuki tahap wawanacara, tidak perlu khawatir ataupun takut. 

Berlatihlah untuk lebih percaya diri dalam berbicara dan menjawab pertanyaan nanti. Ini merupakan strategi penting yang perlu diperhatikan dalam cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Bekali dirimu dengan informasi bidang studi yang kamu pilih atau sedang jalankan dan juga general knowledge agar pengajuan beasiswa mu berhasil ‘dilirik’ dan diterima.

Menjalin Koneksi

Kamu juga bisa loh memperluas jaringan dengan para alumni penerima beasiswa. Coba untuk meminta kontak mereka dan saling berkomunikasi. Siapa tahu mereka memiliki komunitas ataupun kelompok diskusi terkait beasiswa yang kamu ajukan tersebut. Dengan menjalin koneksi bersama mereka, kamu bisa mendengarkan informasi baru, ide, dan bahkan saran serta pengalaman mereka sebelumnya. Bisa saja para alumni penerima beasiswa ini memberikanmu insight baru mengenai rekomendasi beasiswa, persiapan tes, hingga kisi-kisinya.

Meminta Rekomendasi Dosen

Yup, tidak kalah penting, yang satu ini juga berpotensi besar menambah peluang kamu! Kamu bisa meminta rekomendasi dari guru, tenaga pengajar lainnya, maupun kepada mereka yang menjabat posisi khusus di sekolahmu. Pastikan kamu mencari rekomendasi dari tenaga pengajar yang berpengalaman dan memiliki kompetensi tinggi  dalam bidang yang dikerjakannya. Untuk mereka yang menjabat posisi khusus, semakin ‘berpengaruh’ posisi strukturalnya, maka rekomendasi yang kamu lampirkan akan semakin dipertimbangkan oleh pihak penyelenggara beasiswa.

Bertemu Perwakilan Universitas

Cara yang satu ini sangat praktis dan solutif dalam memberikan mu informasi lengkap. Dengan bertemu perwakilan universitas, sumber informasi mu tidak hanya kredibel. Kamu juga jadi bisa mendapatkan seluruh informasi penting tersebut secara personal, sesuai dengan minat dan kemampuan dirimu, serta mempertimbangkan preferensi yang kamu miliki. Disisi lain, karena kita masih menghadapi pandemi, pertemuan ini menjadi harus dibatasi dengan protokol. 

Namun, kamu tetap bisa kok berkonsultasi dengan perwakilan universitas secara online. Salah satunya di SUN Education Group, mereka selalu mengadakan Pameran Pendidikan Internasional hingga kini berinovasi dengan virtual expountuk menyajikan informasi dan konsultasi pendidikan luar negeri. So, kamu tetap berkesempatan berdiskusi tanpa harus meninggalkan rumah!

Nah, itulah dia beberapa cara jitu yang bisa kamu persiapkan agar sukses mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri! Sebelum itu, tentukan baik-baik terlebih dahulu universitas dan jurusan yang akan kamu tempuh. Jika kamu memilih jurusan yang tidak tepat, risiko masalah di masa yang akan datang mau tidak mau bisa saja harus kamu hadapi. Jadi, persiapkan keputusanmu dengan baik ya!

Yang terakhir, usahakan untuk memiliki keyakinan yang kuat dalam mengemban pendidikan mu di luar negeri. Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi dalam meraih beasiswa yang kamu inginkan termasuk menjalani perkuliahan nanti. Berniatlah sungguh-sungguh, maksimalkan kemampuanmu, dan juga tidak lupa berdoa agar hasilnya maksimal. Perlu diingat, apapun hasil beasiswa nanti, kamu harus berani, optimis, dan tetap semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.