beasiswa kuliah 2021
Informasi Beasiswa Kuliah ke Jerman 2021
16 Maret 2021
Kuliah S1 di ‘Era Sekarang’ Ada Berapa Macam Semester Ya?
25 Maret 2021

Panduan dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

cara menentukan jurusan kuliah sesuai minat dan bakat

Sumber: Freepik

Jika saat ini kamu sedang berada di kelas XI atau XII SMA, kamu pasti sudah mulai memikirkan jurusan kuliah yang cocok denganmu. Hal ini tentunya membuatmu memikirkan dan memertimbangkan banyak cara untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan juga bakat yang kamu miliki. Hanya saja, terkadang kamu masih bingung mengenai minat dan bakat yang kamu miliki. 

Nah, kali ini SUN Education akan memberikan panduan agar kamu mengetahui cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Simak penjelasannya ya!

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

jurusan kuliah sesuai minat dan bakat

Sumber: Freepik

Jika kamu masih bingung dengan minatmu yang bisa menjadi penentu jurusan kuliahmu, kamu bisa mengikuti cara berikut ini. Jangan lupa siapkan alat tulis dan buku catatanmu, ya!

1. Ketahui hobi dan hal-hal yang membuatmu tertarik

Hal paling dasar dari cara menentukan jurusan kuliah adalah berdasarkan hal-hal yang membuatmu tertarik serta hal-hal kamu nikmati saat melakukannya. Kamu bisa mulai dengan mengenali hobi atau hal-hal yang kamu sukai untuk dilakukan. Meskipun tampak sepele, nyatanya hal tersebut bisa kamu jadikan patokan untuk menentukan jurusan kuliah ideal. Seperti diketahui, kamu akan mendalami jurusan yang kamu pilih setidaknya dalam tiga tahun ke depan. Jadi, memang sebaiknya dimulai dari hal-hal yang kamu senangi. 

Untuk mempermudah dalam menentukan pilihan jurusan ke depannya, kamu bisa menuliskan hal-hal yang kamu sukai ini. Misalnya kamu memiliki ketertarikan dengan gambar dan fotografi atau jika kamu menyukai perhitungan. Dalam hal ini, kamu mungkin memiliki lebih dari satu atau dua ketertarikan. Agar mempermudahkan dalam merumuskannya nanti, kamu sebaiknya menuliskannya dalam warna serta ukuran yang berbeda. Misalnya semakin besar, maka berarti kamu sangat tertarik dengan hal tersebut. 

2. Catat hal-hal yang membuatmu termotivasi atau terinspirasi

Sejak kamu kecil hingga saat ini, pernahkah ada hal yang membuatmu termotivasi atau terinspirasi untuk melakukan sesuatu? Misalnya, ketika kamu menyukai games atau animasi sehingga kamu termotivasi untuk menjadi ahli di bidang tersebut. Atau ketika ada sosok yang memberimu inspirasi untuk melakukan sesuatu, maka kamu ingin mengikuti jejak orang tersebut dalam meraih kesuksesan. Cari tahu apakah kamu memiliki hal-hal yang membuatmu termotivasi dan catatlah!

Di dalam film atau drama, kamu mungkin melihat orang-orang yang terinspirasi dari tokoh ilmuwan atau pengusaha dan memilih untuk mengikuti jejak mereka. Hal ini memang sangat mungkin terjadi di dunia nyata dan dapat kamu jadikan salah satu cara menentukan jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat. Dalam tahap ini, kamu bisa mencatat sosok inspiratif, profesi yang dicita-citakan, atau hal yang membuatmu termotivasi. 

Lihat catatanmu! Sekarang kamu mungkin sudah mengetahui hal-hal yang merupakan minat atau hal-hal yang membuatmu tertarik. Kita lanjut kepada hal-hal yang merupakan bakat atau hal-hal yang kamu kuasai, ya!

3. Perhatikan bidang-bidang yang kamu kuasai

Tidak sedikit pelajar SMA yang masih belum menemukan bakat atau hal yang mereka kuasai. Banyak pula yang sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan, namun tidak terperhatikan selama ini. Cara mengetahuinya adalah dengan mencari tahu dan mencatat hal-hal yang dapat kamu lakukan dengan baik. Kamu juga dapat mengenalinya dari hal yang orang-orang sekitarmu sering mengandalkanmu dalam hal tersebut. 

Misalnya, jika kamu sering diandalkan untuk berbicara di depan banyak orang, maka kamu mungkin memiliki bakat dalam hal komunikasi atau public speaking. Atau ketika kamu selalu dipercaya untuk menjadi bendahara kelas, kamu mungkin cocok mendalami bidang akuntansi. Jika kamu masih belum mengetahui apa yang kamu kuasai, tidak ada salahnya kamu bertanya kepada orang-orang disekitarmu dan mintalah pendapat mereka. 

Ingat, pastikan kamu mencatat semuanya ya!

4. Amati prestasi akademikmu

Prestasi akademik adalah bukti pencapaianmu dalam pendidikan. Selama kamu selalu mendapatkan nilaimu dengan jujur, prestasi dan nilai yang kamu raih dapat kamu jadikan pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah. Temukanlah satu atau beberapa mata pelajaran di mana kamu secara konsisten memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan mata pelajaran lainnya dan catatlah. 

Secara umum, pendidikan di Indonesia sendiri dibagi ke dalam dua bidang ilmu yaitu ilmu sosial dan humaniora serta matematika dan ilmu alam. Jika kamu masih bingung, kamu dapat menentukan terlebih dahulu kelompok ilmu mana yang cenderung lebih kamu kuasai.  Caranya dengan membuat kelompok mata pelajaran yang kamu pelajari, serta masukkan ke dalam dua kelompok besar ini. Setelah itu kamu dapat membagi lagi menjadi bidang-bidang yang lebih spesifik untuk menentukan jurusan yang sesuai. 

Lihat catatanmu! Sekarang kamu mungkin sudah mengetahui hal-hal yang merupakan minat dan juga bakatmu. Satu langkah lagi untuk menemukan jurusan kuliah yang cocok sesuai dengan kedua hal tersebut. Simak poin berikutnya ya!

5. Perbanyak informasi mengenai jurusan kuliah

Hal lain yang tak kalah penting untuk kamu lakukan dalam menentukan jurusan kuliah ideal adalah dengan memperkaya pengetahuanmu mengenai jurusan-jurusan itu sendiri. Cari tahu mengenai jurusan-jurusan yang ditawarkan di universitas, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan gambaran sehingga lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan minat dan bakat yang kamu miliki. 

Jangan lupa untuk mencari tahu juga apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan tersebut serta bagaimana prospek kerja kedepannya. Cari tahu juga mengenai kemampuan apa saja yang dibutuhkan yang dapat menjadi pendukung untuk mendalami jurusan tersebut. Jika kamu menghindari pelajaran tertentu, seperti matematika, kamu juga bisa mencari tahunya saat mencari tahu tentang jurusan. 

Sudah Ketemu Jurusan yang Sesuai?

cara menentukan jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Setelah mengetahui lima poin dalam cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat di atas, apakah kamu sudah menemukan jurusan yang sesuai? Menemukan jurusan kuliah yang ideal seringkali memang tidak mudah. Jika kamu masih belum menemukannya dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa mulai berdiskusi dengan konselor atau guru BK di sekolahmu. Selain itu kamu mungkin juga bisa mengikuti tes bakat agar kamu menjadi lebih terarahkan. 

Khusus bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, kamu bisa mengkonsultasikan hal ini dengan SUN Education, lho! Kamu akan diarahkan untuk menentukan jurusan dan universitas yang tetap sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.