Wisuda Mahasiswa
University of Otago Selandia Baru, Terdepan dalam Riset
16 Juni 2021
biaya tes ielts jakarta
Persiapan Tes IELTS dengan Biaya Terjangkau di Jakarta! Sudah Coba?
18 Juni 2021

Cara Mudah Cek Status Paspor Secara Online, Bisa dari Rumah!

Sumber: indonesia.go.id

Bagai pucuk dicinta, ulam pun tiba. Setelah menunggu kepastian, akhirnya jawaban yang dinanti pun datang. Rasanya, hati ini langsung berbunga bunga! Eits, ini kita bicara tentang paspor, kok! Karena sekarang, setelah selesai melakukan pendaftaran, kita bisa langsung cek status paspor secara online, loh! Jadi, kita bisa lebih mudah mengecek prosesnya, deh! 

Sekarang memang zaman sudah serba online, termasuk dalam urusan mengurus paspor. Proses pendaftaran pun sudah bisa melalui online, walau memang kita masih harus datang ke kantor imigrasi untuk wawancara dan ambil foto.

Nah, setelah proses pendaftaran selesain, pihak imigrasi sudah memberi sejumlah fasilitas dan kemudahan bagi para pemilik paspor, termasuk dalam proses pengecekan status paspor milik kita. Dengan mengetahui setiap prosesnya, kita bisa lebih fleksibel mengatur jadwal keberangkatan. 

Proses tersebut lebih dikenal dengan istilah Sistem Informasi Gateway Paspor (SIGAP) atau Whatsapp Gateway Imigrasi yang dikelola langsung oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia. Oiya, sistem online ini sendiri diberi nama Mido yang menjadi singkatan dari Imigrasi Indonesia. Mido sendiri juga menjadi maskot dari Ditjen Imigrasi agar lebih down to earth bagi masyarakat.

 

Ditjen Imigrasi. Sumber: imigrasi.go.id

Fungsi Whatsapp Mido untuk Cek Status Paspor Online

 

Melalui sistem Whatsapp Mido, kita bisa mendapatkan segala informasi tentang pengurusan paspor. Mulai dari persyaratan pendaftaran, tahapan layanan paspor, tata cara antrian pengambilan paspor, cara pembayaran, hingga layanan pengaduan atau aspirasi.

Selain itu, bagi Warga Negara Asing (WNA) yang sedang tinggal di Indonesia, bisa juga memanfaatkan Whatsapp Mido untuk cek status izin tinggal, langsung di platform ini.

Karena sudah berbasis online, kita tidak perlu lagi harus datang ke kantor Imigrasi jika hanya ingin mengecek status paspor kita. Selain itu, kita juga tidak perlu menghabiskan pulsa untuk mendapatkan informasi tersebut. Setiap pertanyaan yang masuk, akan langsung dijawab oleh admin yang sedang bertugas di jam tersebut. Gampang banget, kan?

 

Cara Cek Status Paspor Secara Online Lewat Whatsapp Mido

 

Sebelum mengirimkan pesan melalui Whatsapp Mido, cek dulu nomor/kode permohonan paspor yang kamu miliki. Kamu bisa menemukannya pada sisi kanan atas di lembar bukti pembayaran  yang diberikan petugas Imigrasi, setelah melakukan proses pendaftaran di Kantor Imigrasi. Setelah itu, kamu bisa langsung mengirim ke Whatsapp Mido.

Oiya, 1 hal yang perlu kamu ingat adalah setiap Kantor Imigrasi memiliki nomor yang berbeda. Misalkan, kamu sudah mengurus paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, kamu bisa langsung kirim ke nomor 08118539333.

Nah, sekarang nomor Kantor Imigrasi dan nomor/kode permohonan paspor sudah kamu dapatkan. Langkah selanjutnya adalah, mengetik pesan teks dengan format: Paspor (spasi) 16 digit nomor kode permohonan.

Setelah pesan terkirim tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan dari pihak Imigrasi. Kamu akan mendapatkan pesan berupa informasi tentang status paspor milikmu, apakah sudah selesai atau masih dalam proses. 

Nah, kalau kamu mendapatkan informasi kalau proses pembuatan paspor sudah selesai, kamu bisa langsung datang ke kantor Imigrasi yang sama dengan pendaftaran untuk mengambilnya. Jangan lupa bawa semua dokumen yang kamu bawa saat mendaftar, serta bukti pembayaran. Ingat ya, jangan ambil paspor jika sudah lebih dari 30 hari setelah proses pembuatan paspor selesai, agar pihak Imigrasi tidak membatalkan penerbitan paspor yang sudah kamu lakukan.

 

Jenis Layanan Paspor Secara Online di Whatsapp Mido

 

Selain bisa melakukan cek status paspor secara online, sistem Whatsapp Mido juga menyediakan layanan paspor lainnya. 

Kamu bisa mengetahui cara pembayaran pengurusan paspor dengan cara mengirim pesan dengan kode pesan #bayar ke nomor Kantor Imigrasi yang bersangkutan. Lalu, bisa juga mengetahui persyaratan permohonan paspor dengan mengetik kode #persyaratan.

Untuk mengetahui cara pengambilan paspor, kamu perlu mengetik kode #pengambilan melalui Whatsapp Mido. Nah, kalau kamu mau melaporkan pengaduan berkaitan dengan keluhan selama proses pembuatan paspor, ketik kode #Jakpus jika kamu mendaftar di lokasi yang sama.

 

Itulah sejumlah informasi dan tahapan yang perlu kamu ketahui seputar pembuatan paspor, terutama kalau mau cek status paspor secara online. Nah, bagi kamu yang sedang merencanakan liburan atau ingin survey lokasi kampus di luar negeri, jangan sampai ada syarat yang terlewati ya. Pastinya, kamu tak mau harus berurusan dengan pihak imigrasi, kan? Semoga menginspirasi!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Tinggalkan Balasan