Menjelajahi Serunya Kehidupan Kampus di Luar Negeri
14 Juli 2020
Dari student hingga Product Manager, Perjalanan Jocelyn Fransputri di SUN Education Group
21 Juli 2020

Cara Wujudkan Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa

kuliah di luar negeri tanpa beasiswa

kuliah di luar negeri tanpa beasiswa

Punya cita-cita merantau hingga ke luar negeri meski tanpa beasiswa? Keep it high dan jangan patah semangat! Kamu masih punya peluang besar loh. Biaya studi di luar negeri memang dapat dikatakan bervariasi dan cukup merogoh kocek, namun kamu dapat melakukan cara lain agar tetap bisa kuliah di luar negeri tanpa beasiswa! Nah, bagaimana saja sih caranya? Kamu bisa mengikuti beberapa rekomendasi pilihan berikut yang dapat memudahkan pembayaran biaya kuliahmu:

Siapkan Budget Biaya Studi

Setelah mengetahui minat dan bakatmu dimana, kamu perlu memikirkan universitas mana saja yang menawarkan program studi yang kamu inginkan. Carilah yang menawarkan program tersebut dengan kualitas akademik terbaik namun dengan biaya studi terjangkau. Pertimbangkan lah biaya studi yang keluar sekaligus berapa besaran living cost nanti saat kamu tinggal di kota tersebut. Jangan lupa untuk mencari informasi tersebut dalam platform atau media yang kredibel dan akurat.

Mengapa harus kamu persiapkan sejak awal? Hal ini agar kamu tidak mengalami kendala di tengah jalan. Dengan informasi yang rinci, kamu bisa mengetahui apa saja komponen biaya studi yang dikeluarkan dan tidak terlupakan. Jadi, kamu bisa lebih siap dengan pengeluaranlalu nantinya saat sudah memulai studi, kamu bisa berusaha semaksimal mungkin dalam belajar agar pengorbananmu sepadan sekaligus meningkatkan kemampuanmu.

Mencicil Uang Kuliah

Sekarang ini sudah banyak universitas yang memberikan kemudahan pembayaran biaya studi pada calon mahasiswanya. Kamu bisa mencari informasi mengenai cicilan biaya studi pada program yang akan kamu ambil untuk meringankan pengeluaran bulanan mu. Terkadang akan ada perbedaan selisih ketika kamu memilih untuk melakukan pembayaran secara cicilan, namun akan sangat meringankan jika memang budget bulanan kamu terbatas.

Baca Juga : Cara Wujudkan Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa

Pembayaran biaya kuliah secara cicilan ada berbagai macam dan tentu bergantung pada universitas dan programnya. Ada yang jangka pendek (12 bulan atau kurang) dan sebagian besar program cicilan biaya kuliah memungkinkan kamu untuk mengatur pemotongan langsung secara otomatis dari rekening bank. Berkonsultasilah dengan pihak universitas dan coba berdiskusi mengenai pembayaran ini.

Menabung ataupun Berinvestasi

Sumber: Freepik

Kamu tentu tahu bahwa biaya kuliah di luar negeri memerlukan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, persiapkan dirimu jauh sebelumnya dengan menabung ataupun berinvestasi. Sisihkanlah berapa persen yang bisa kamu simpan ataupun berinvestasi agar pemasukanmu semakin bertambah. Dengan adanya tabungan, kamu bisa lebih mudah dalam menjalani perkuliahan ketika ditengah jalan kamu harus mengeluarkan biaya tak terduga.

Coba untuk kelola dengan baik keuangan yang kamu miliki. Awalnya pasti membutuhkan penyesuaian dan tekad, tetapi jika kamu serius dan konsistenkamu akan menuai hasilnya dan hal itu akan membantumu! Malah dengan menabung dan pengelolaan keuangan yang baik, kamu juga jadi bisa melakukan penghematan. 

Bekerja Sampingan

Yup, kamu bakal lebih mudah untuk survive kuliah di luar negeri tanpa beasiswa ketika mencari pemasukan tambahan dengan bekerja sampingan! Kamu bisa memilih untuk bekerja secara part-time ataupun freelance. Tentukan pekerjaan yang sesuai dengan jadwal kuliah serta tanggung jawab apa saja yang kamu miliki agar bisa balance dan tidak mengganggu kegiatan studi. Jangan lupa cari tahu mengenai apa saja kebijakan pemerintah di tempat kamu berkuliah mengenai peraturan kerja paruh waktunya.

Baca Juga : Mengapa Pengalaman Kuliah di Kanada Spesial?

Lebih baik lagi jika dari awal kamu sudah mencari tahu dan mengupayakan untuk memilih universitas yang mengizinkan mahasiswanya bekerja paruh waktu. Saat kamu sudah memiliki pekerjaan sampingan baik itu part-time atau freelance, kamu akan terbantu dalam mencukupi kebutuhan hidup saat tinggal disana. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu; disana pasti ada berbagai jenis pekerjaan, mulai dari penulis, penerjemah, desainer, tutor, fotografer, atau bahkan kamu juga bisa memulai untuk membuka bisnis di luar negeri! Pengalamanmu akan jauh lebih menantang dan kamu jadi bisa mengembangkan dirimu kan?

Coba Temukan Donatur

Mencari donatur membutuhkan ekstra usaha dan kesabaran. Kamu bisa meminta saran dan pendapat pada konsultan pendidikan dalam membantu menentukan donatur. Kamu bisa mencoba untuk meminta bantuan dari donatur individu yang potensial, seperti rekan yang kuliah di luar negeri dan kamu temukan semasa berorganisasi maupun alumni asal Indonesia.

Ketika nanti sudah berhasil mendapatkan donatur, giliranmu lah yang memberikan sumbangsih dan mengingat bahwa kamu perlu memberikan yang terbaik dalam masa studimu. Jangan menyiakan bantuan yang kamu peroleh karena kamu sudah diberikan kepercayaan dan kesempatan keringanan untuk menempuh kuliah di luar negeri tanpa beasiswa. Bersungguh-sungguh dalam belajar, asah kemampuan, manfaatkan fasilitas yang diberikan kampus semaksimal mungkin agar kamu menjadi pribadi yang sukses.

Saat sudah sukses, kamu pasti bisa membalas jasa mereka yang telah berpartisipasi dalam membantu pendidikanmu!

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia 5 rekomendasi cara yang bisa kamu lakukan untuk meringankan pengeluaran saat berkuliah tanpa bantuan beasiswa. Jangan lupa perhatikan living cost disana ya! Untuk kamu yang benar-benar ingin menekan biaya, kamu juga bisa mencoba cara lain dimana kamu memilih tempat tinggal yang disewa semurah mungkin maupun tinggal di akomodasi kampus! Apalagi, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman baru dan menjalani kehidupan yang lebih mandiri. Kamu pun dapat bebas menggunakan seluruh fasilitas akomodasi yang ada dan hal tersebut akan membantumu untuk lebih berhemat. 

Baca Juga : 7 Tips Belajar yang Baik Saat Kuliah di Luar Negeri

Selain itu, kamu bisa berhemat dengan naik transportasi umum maupun berjalan kaki. Malah kedua alternatif tersebut merupakan cara termudah untuk hidup sehat loh. Selagi di luar negeri dengan pemandangan baru dan mengasyikkan, manfaatkanlah peluang ini! Kalau kamu tidak ingin berjalan kaki, kamu bisa memilih untuk bersepeda. Disana pasti banyak juga mahasiswa yang bersepeda! Jalur khusus sepeda yang disediakan pemerintah tentu akan membuatmu lebih nyaman saat berkendara. Lagi-lagi murah sekaligus seru dan sehat kan?

Jadi, dengan cara-cara tersebut, kamu pasti bisa memahami salah satu bagian terbaiknya. And what is that? Jawabannya adalah: kamu bisa mengambil berbagai macam sisi positif yang ada. Yup, dengan berusaha melakukan beberapa hal diatas, sama saja kamu menghadapi realita dimana kamu dilatih untuk menjadi lebih mandiri dan bekerja keras! Dengan begitu, kamu semakin terbentuk untuk menjadi pribadi yang kuat dan lebih baik lagi. Karenanya, tetaplah bersemangat dalam meraih cita-citamu untuk berkuliah di luar negeri ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!