6 Alasan Pengalaman Kuliah di Belanda yang Bikin Pelajar Indonesia Betah
30 Agustus 2021
Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!
Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengurus Visa Studi Jerman!
2 September 2021

Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

Sumber: Pexels

Siapa yang punya cita-cita kuliah hukum? Apalagi kalau jurusan hukumnya di universitas luar negeri seperti Inggris. Inggris sendiri memiliki banyak universitas ternama dan sejarah di dunia pendidikan. Jadi buat kamu yang ingin kuliah jurusan hukum terbaik di dunia sambil tenggelam dalam sejarah, universitas di Inggris bisa jadi pilihan. Sebelum kamu kuliah di Inggris, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan. Salah satu hal yang paling penting adalah biaya kuliah jurusan hukum. Apalagi biaya kuliah mahasiswa internasional biasanya lebih mahal dari pada mahasiswa lokal.

Kalau sudah tahu biaya kuliah jurusan hukum di Inggris, kamu akan lebih leluasa untuk mempersiapkan segala yang kamu butuhkan untuk berkuliah nantinya. Masih bingung memilih universitas jurusan hukum di Inggris? Cek 5 universitas terbaik di Inggris dengan jurusan hukum berdasarkan QS World Ranking 2021!

5. King’s College London

Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

Sumber: WIkipedia

Universitas pertama yang akan kita bahas jurusan hukumnya adalah King’s College London. Menduduki posisi ke-5, King’s College London juga menempati peringkat #27 universitas terbaik di dunia menurut  QS World University Rankings 2021. Lokasinya juga sangat strategis, terletak di jantung kota London.

Mahasiswa di universitas ini juga sering mendapat kunjungan dari dosen sekaligus praktisi di firma hukum ternama. Universitas ini juga terkenal dengan Maughan Library yang lengkap dan tim analisis legalnya.  Biaya kuliah jurusan hukum di King’s College London untuk mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional tentunya berbeda. Untuk mahasiswa internasional biayanya  £24,750 per tahun.

Harap dicatat bahwa biaya perkuliahan mahasiswa internasional akan mendapat kenaikan pada tahun-tahun berikutnya sesuai dengan syarat dan ketentuan dari kampus. Mahasiswa internasional juga harus membayar deposit sebesar £2,000 untuk tahun pertama mereka. Deposit ini dibayarkan sesaat mahasiswa internasional menerima tawaran kuliah di King’s College london.

4. The University of Manchester

Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

Sumber: The Guardian

The University of Manchester menduduki posisi ke-4 universitas terbaik di Inggris. Universitas ini terkenal dengan alumninya seperti Benedict Cumberbatch yang menjadi pemeran utama serial Sherlock Holmes. Namun, universitas yang berlokasi di Manchester juga terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Inggris dengan posisi ke-27 di seluruh dunia. Universitas ini juga memiliki pilihan jurusan hukum yang banyak.

Jika kamu berencana memilih The University of Manchester biaya kuliah jurusan hukum untuk mahasiswa internasionalnya sebesar  £20,000 per tahun. Mahasiswa juga diharapkan untuk menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu. Bila tidak tepat waktu maka akan ada tambahan lebih dari 1% dari biaya per tahun untuk program Sarjana atau Pascasarjana.

3. University College London

Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

Sumber: University of College London

Pada peringkat ke-3, ada University College London (UCL). Jurusan hukum UCL termasuk ke dalam jurusan hukum terbaik di Inggris karena kualitas mahasiswa dan staf pengajarnya yang juga praktisi hukum. Untuk fakultas hukum di ULC menawarkan 8 jurusan hukum yang sesuai dengan minat mahasiswanya. Bicara soal biaya kuliah jurusan hukum di ULC untuk mahasiswa internasional adalah £23,300 per tahunnya. .

Jika kamu memilih program double degree, misalnya jurusan English and German Law di Universität zu Köln, maka kamu harus membayar biaya dua tahun pertama pada UCL. Tapi untuk dua tahun terakhir di mana kamu menyelesaikan program di universitas luar negeri yang bekerja sama dengan ULC, maka kamu langsung membayar biaya kuliah langsung pada mereka. 

2. University of Cambridge

Sumber: BBC

Menduduki peringkat kedua ada University of Cambridge. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Inggris. Menurut QS World University Rankings 2021, kampus ini menempati peringkat #7 sebagai universitas terbaik di dunia. Seperti namanya, kampusnya terletak di Cambridge Inggris.

Bagi yang ingin berkuliah di University of Cambridge, biaya kuliah jurusan hukum untuk mahasiswa internasional per tahun sebesar £22,227. Mahasiswa internasional juga harus membayar biaya tambahan di luar biaya kuliah. Biaya tambahan ini sudah termasuk biaya untuk pendidikan pendukung, domestik dan pastoral.

Di tahun 2020-2021 estimasi biaya hidup di University of Cambridge sekitar £11,230. Pihak kampus juga meminta mahasiswanya untuk tinggal di daerah sekitar kampus utama untuk memudahkan kegiatan perkuliahan.

1. University of Oxford

Sumber: Pixabay

Universitas mana yang terbaik di Inggris? Pasti jawabannya adalah University of Oxford. Universitas ini merupakan salah satu universitas tertua di Inggris. Panjangnya sejarah juga mendorong University of Oxford menjadi universitas nomor satu di Inggris dan peringkat #5 menurut QS World University Rankings 2021. 

University of Oxford memiliki jurusan hukum yang bagus. Jurusan hukum ini menawarkan durasi tiga tahun. Biaya jurusan kuliah hukum di kampus ini untuk mahasiswa internasional sebesar £28,370 per tahunnya. Biaya ini sudah termasuk akomodasi bagi mahasiswa di tahun pertama. 

Pada tahun pertama mahasiswa akan belajar Criminal law, Constitutional law, A Roman introduction to private law, dan Research skills. Di tahun ketiga mahasiswa akan berkuliah di universitas di luar inggris yang bekerja sama dengan Oxford University. Pada masa ini akan ada pengurangan biaya kuliah. Untuk mahasiswa internasional biaya kuliah yang harus dibayarkan sekitar  £ 9,645.

Gimana? Siap buat kuliah Hukum?

Itulah biaya kuliah jurusan hukum pada 5 universitas terbaik di Inggris. Sekarang giliran kamu menentukan kampus mana untuk melanjutkan kuliahmu. Saat sudah diterima, sebaiknya selalu fokus dengan perkuliahan kamu agar bisa lulus tepat waktu. Perlu diketahui, beberapa universitas memberikan biaya tambahan bagi mahasiswa yang belum selesai kuliah dalam waktu perkuliahan yang sudah ditentukan.

Jangan lupa sebelum berangkat ke Inggris kamu harus banyak-banyak browsing untuk mengetahui kebijakan pemerintah bagi mahasiswa internasional. Apalagi per Juli 2021 Indonesia masuk ke dalam Red List Country pemerintah Inggris yang harus menjalankan beberapa hal sebelum memasuki Inggris. Jadi persiapkan dirimu sematang mungkin agar masa kuliah kamu di Inggris aman dan berkesan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan