SUNEnglish_ EventIELTS
SUN English Event IELTS 07 Agustus 2021
29 Juli 2021
Kartu Sakti untuk Pembayaran Beragam Transportasi di Singapore
30 Juli 2021

Cek Nih, Bocoran Rata-Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi di PTN

Sumber: unsplash.com

Halo calon mahasiswa! Ada di antara kamu yang bermimpi melanjutkan studi di Jurusan Psikologi? Nah, pas banget nih! Karena kita mau kasih bocoran rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi di sejumlah universitas negeri paling favorit di Indonesia! Simak terus, ya.

Seperti yang kita tahu, untuk masuk ke dalam perguruan tinggi negeri harus melalui beberapa proses seleksi, seperti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) dan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN). Lantas, apa sih perbedaan kedua proses seleksi tersebut?

 

Perbedaan Proses Seleksi SNMPTN dan SBMPTN

 

Ada beberapa hal yang membedakan proses seleksi jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN. Pertama, waktu pelaksanaan tes atau seleksi. Tes untuk jalur SNMPTN biasanya dimulai sekitar bulan Januari – Februari. Nah, kamu yang mengambil jalur SBMPTN bisa mengikuti tes di sekitar bulan Mei – Juni.

Selanjutnya, adalah proses seleksi. Peserta yang mengambil jalur SNMPTN, akan diukur melalui kemampuan akademis dari nilai rapor di 5 semester terakhir. Selain itu, proses seleksi SNMPTN juga akan melihat nilai Ujian Nasional, hingga kualitas akreditasi sekolah asal peserta. Nah, kamu yang mengambil jalur SBMPTN, hanya perlu mengikuti tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) secara bersama-sama, yang berisi Tes Kemampuan Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Selain itu, perbedaan kedua proses seleksi bisa terlihat dari porsi peserta yang akan masuk setelah lulus tes. Untuk jalur SNMPTN, pihak kampus akan menyediakan minimal 20% dari keseluruhan porsi mahasiswa baru yang tersedia. Lain halnya dengan jalur SBMPTN, pihak kampus akan menyediakan minimal 40% dari keseluruhan porsi mahasiswa baru.

 

Berikut ini, rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi di sejumlah PTN di Indonesia

 

Universitas Indonesia

 

rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi

Sumber: anakui.com

Siapa sih yang tidak mau menjadi bagian dari ‘The Yellow Jacket’? Nah, jika kamu berencana tes melalui jalur SNMPTN, kamu harus memiliki minimal nilai rapor 85 agar bisa lulus dan menjadi mahasiswa psikologi Universitas Indonesia. Namun, perlu diingat, Universitas Indonesia hanya memberi jatah 90 orang calon mahasiswa yang bisa masuk melalui jalur SNMPTN, nih. 

Lalu, bagaimana jika tidak memenuhi syarat untuk jalur SNMPTN? Tenang saja, karena masih ada kesempatan melalui jalur SBMPTN. Syaratnya, kamu harus lulus tes UTBK dengan nilai minimal 684,05, ya!

 

Universitas Padjadjaran

 

rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi

Sumber: ika.unpad.ac.id

Bandung memang kota idaman untuk tinggal dan menempuh pendidikan. Makanya, kalau kamu mau melanjutkan studi Psikologi di Unpad melalui jalur SNMPTN, nilai rapor kamu minimal harus mencapai angka 81. Kuota jalur SNMPTN pun terbatas, hanya terbuka bagi 68 calon mahasiswa. Khusus untuk jalur SBMPTN, nilai minimal dari tes UTBK yang kamu tempuh harus mencapai 683,58 ya!

 

Universitas Gadjah Mada

 

rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi

Sumber: iup-ugm.com

Menempuh perkuliahan di kota para pelajar memang mimpi setiap orang. Nah, khusus bagi kamu yang ingin melanjutkan studi psikologi melalui jalur SNMPTN, kamu harus memiliki minimal nilai rapor 83, nih. Selain itu, UGM juga membatasi kuota mahasiswa yang masuk dari jalur SNMPTN sebanyak 79 orang, lho.

Tapi tenang, seperti kampus negeri lainnya, UGM pun tetap membuka jalur SBMPTN. Syaratnya, kamu harus mengikuti tes UTBK dengan nilai minimal 673,45. Ayo tetap semangat!

 

Universitas Diponegoro

 

Sumber: ikaundip.org

Bagi kamu yang berada di kawasan Semarang dan sekitarnya, kamu bisa mencoba untuk melanjutkan studi Psikologi di Undip, lho! Syaratnya, jika kamu tes melalui jalur SNMPTN, harus memiliki nilai rapor minimal 82 ya! Kuota yang dibuka untuk jalur SNMPTN pun cukup banyak, mencapai 108 calon mahasiswa. Nah, jika ingin menempuh melalui jalur SBMPTN, kamu harus melalui tes UTBK dengan nilai minimal 641,29.

 

Universitas Airlangga

 

Sumber: unair.ac.id

Nah, bagi para Arek Suroboyo, mimpi kamu melanjutkan studi psikologi melalui jalur SNMPTN di Unair, bisa kamu wujudkan. Asalkan, nilai rapor minimal kamu sebesar 81. Untuk kuotanya sendiri cukup kompetitif, hanya terbuka untuk 72 calon mahasiswa. Bagi yang ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN, nilai UTBK yang harus kamu dapat minimal sebesar 636.

 

Selain 5 universitas negeri tersebut, ada pula sejumlah PTN favorit lainnya yang bisa kamu coba untuk melanjutkan studi di jurusan Psikologi. Di antaranya UNS Solo yang memberikan syarat rata-rata nilai rapor minimal 80 bagi yang melalui jalur SNMPTN, dan nilai minimal UTBK sebesar 652,26 pada jalur SBMPTN untuk masuk jurusan psikologi. 

Lalu ada pula UNNES Semarang yang memberi syarat nilai minimal rapor 80, dan nilai minimal tes UTBK sebesar 563,92. Ada pula Universitas Pendidikan Indonesia yang memberikan syarat minimal nilai rapor sebesar 83 untuk jalur SNMPTN, dan nilai minimal tes UTBK sebesar 621. Serta, Universitas Negeri Jakarta dengan syarat minimal nilai rapor 81, dan nilai UTBK sebesar 619.

 

Itu dia bocoran rata-rata nilai untuk masuk jurusan psikologi di sejumlah universitas negeri ternama di Indonesia. Sekarang, kamu harus mulai fokus untuk mendapat nilai rapor yang maksimal, serta belajar lebih giat agar mampu melewati tes UTBK dengan nilai tertinggi. Tetap semangat!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Comments are closed.