pengalaman kuliah di perancis
Ekspektasi Pengalaman Kuliah di Perancis, Seperti Apa, Sih?
5 Oktober 2021
biaya kuliah jurusan hubungan internasional
Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di 4 Universitas Top Dunia
6 Oktober 2021

Ciri-Ciri Jurusan Ahli Gizi Adalah Jurusan yang Tepat Buat Kamu

Ciri-Ciri Kamu Adalah Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi

Sumber: Pexels

Memutuskan jurusan yang tepat saat kuliah memang menjadi tantangan tersendiri. Jurusan ini akan mengantarkan kamu pada karir di masa depan. Jadi, pemilihannya nggak bisa sembarangan. Banyak kasus yang salah jurusan membuat mahasiwanya jadi nggak semangat kuliah. Kalau sudah nggak semangat kuliah, tentu masa study jadi semakin panjang. Sayang banget, kan? Untuk mengetahui jurusan yang tepat buat kamu, boleh banget kamu browsing jurusan apa sih yang sedang popular. Salah satu jurusan yang popular adalah jurusan ahli gizi. Apakah jurusan ahli gizi ini menjadi jurusan yang tepat buat kamu? Simak penjelasan lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, syarat dan keuntungan memilih jurusan gizi berikut ini!

Apa Itu Jurusan Ahli Gizi?

Ciri-Ciri Kamu Adalah Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi

Sumber: Pexels

Seperti namanya, jurusan ilmu gizi ini merupakan salah  ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada tubuh manusia, hubungan antara diet dan gaya hidup, pemahaman mengenai asupan dan penyediaan informasi dalam asupan/ makanan yang mengandung gizi yang tepat juga pola makan yang tepat bagi setiap individu.

Selain itu, ilmu gizi juga mempelajari hubungan gizi dengan sektor pertanian, sosial budaya hingga ekonomi. Kamu akan mempelajari nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tubuh dan takaran idealnya. Apalagi nutrisi dan takaran setiap orang berbeda sehingga ilmu gizi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup.

Ciri-Ciri Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi 

Ciri-Ciri Kamu Adalah Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi

Sumber: Pexels

Apakah jurusan ahli gizi adalah jurusan masa depanmu? Jangan khawatir, berikut ciri-ciri calon mahasiswa/i jurusan ahli gizi! Siapa tahu jurusan ini jadi jurusan yang tepat untuk kamu.

Suka Pelajaran Kimia 

Kalau saat SMA pelajaran kimia menjadi pelajaran favoritmu, bisa jadi jurusan  ini menjadi jurusan yang pas buat kamu. Apalagi salah satu fokus jurusan ini adalah mempelajari tentang kandungan gizi dan pengaruhnya pada tubuh manusia. Jadi, akan banyak mata kuliah yang berkaitan dengan kimia misalnya biokimia gizi, teknologi pengolahan pangan, penilaian status gizi, ketahanan pangan, dan masih banyak lagi. Jadi, buat kamu yang suka dan sudah menguasai pelajaran kimia akan menjadi bekal penting saat kuliah jurusan ahli gizi.

Tertarik Mendalami Diet Sehat 

Kalau kamu selalu tertarik dengan program diet sehat, jurusan ini cocok untuk kamu. Dalam perkuliahannya, kamu akan mempelajari mata kuliah dietetika. Ilmu ini akan mempelajari penerapan pengaturan makanan berdasarkan kondisi kesehatan seseorang. Mata kuliah dietetika juga beragam, misalnya dietetika penyakit degeneratif dimana kamu akan belajar rancangan diet bagi penderita gizi kurang atau lebih juga penyakit degeneratif di berbagai organ tubuh. 

Biasanya rancangan diet ini akan digunakan bila kamu ingin bekerja sebagai ahli gizi di Rumah Sakit. Jadi nantinya kamu akan menentukan diet dengan nutrisi yang tepat bagi pasien tertentu. Selain mata kuliah dietetik yang akan dipelajari adalah dietetika penyakit infeksi dan defisiensi.

Ingin Bekerja di Bidang Kesehatan 

Bekerja di bidang kesehatan nggak melulu harus jadi dokter atau suster. Menjadi ahli gizi pun juga bisa bekerja di bidang kesehatan. Jurusan ini sendiri sudah masuk ke Fakultas Kesehatan Masyarakat. Bahkan beberapa kampus memasukkan jurusan ini ke dalam Fakultas Kedokteran, lho! Biasanya jurusan ini dalam Fakultas Kedokteran ini akan lebih fokus pada ilmu gizi klinis, seperti diet untuk pasien diabetes atau penyakit jantung. Nantinya, lulusan dari jurusan ini akan bekerja di rumah sakit.

Selalu Penasaran dan Senang Menganalisis 

Hal yang tak kalah penting dalam mempelajari ilmu gizi adalah memiliki rasa penasaran yang tinggi. Dengan rasa penasaran ini, kamu akan terus menganalisis kemungkinan-kemungkinan yang mengaitkan asupan gizi dengan efeknya pada tubuh manusia. Dari sini kamu bisa mengembangkan program diet baru, susunan gizi yang tepat untuk makanan tertentu dan banyak lagi.

Suka Menolong 

Mahasiswa jurusan ahli gizi juga harus memiliki sifat yang suka menolong sesama. Artinya kamu punya keinginan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan ilmu yang kamu kuasai. Misalnya dengan ilmu gizi ini, kamu bisa membantu orang lain dengan program diet yang sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh mereka. Dengan sifat ini pula kamu akan lebih semangat mendalami ilmu ini agar dapat menolong sesama.

Prospek Kerja Jurusan Ini

Ciri-Ciri Kamu Adalah Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi

Sumber: Pexels

Selain berhubungan dengan minat yang kamu miliki, melihat prospek kerja di masa depan juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan. Nggak mau, kan, sudah susah-susah kuliah tapi ilmu yang kamu pelajari nggak punya prospek kerja yang bagus? Untungnya jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup gemilang.

Kamu tak hanya bisa menjadi ahli gizi di rumah sakit saja, lulusan jurusan ahli gizi juga bisa bekerja di restoran, perusahaan yang bergerak di food industry, konsultan gizi dan diet, BPOM, dosen atau pengajar bahkan influencer kesehatan. Jadi, kamu nggak perlu khawatir dengan prospek kerja dan karir bila meraih gelar SGz nanti.

Keuntungan Memilih Jurusan Ini

Sumber: Pexels

Nggak hanya prospek kerjanya yang bagus, memilih jurusan ini juga punya keuntungan tersendiri, lho! Jurusan ini termasuk jurusan yang mudah ditemukan, baik di universitas Indonesia maupun di luar negeri, jurusan ini tersedia selama ada Fakultas Kesehatan. Kalau kamu berencana untuk melanjutkan program Pascasarjana, program untuk jurusan ini pun juga banyak. Selain itu, ilmu yang kamu dapatkan juga sangat bermanfaat untuk sesama manusia untuk saling meningkatkan kualitas hidup.

Selain bekerja di bidang kesehatan, lulus dari jurusan ahli gizi juga memberikan kamu kesempatan untuk berwirausaha. Contohnya bila kamu ingin membuat bisnis katering sehat, ilmu yang kamu pelajari selama kuliah akan berguna banget. Dengan segudang keuntungan, bisa jadi jurusan ini adalah jurusan yang tepat untuk kamu!

Bisakah Kuliah Jurusan Ahli Gizi di Luar Negeri?

Sumber: Pexels

Salah satu keuntungan jurusan ini adalah mudah ditemukan baik di unviersitas di Indonesia atau luar negeri. Di universitas-universitas luar negeri, jurusan ini bisa kamu pelajari dalam Fakultas Kedokteran atau fakultas lain yang berhubungan dengan kesehatan dan sains. Sama seperti di Indonesia, durasi program Sarjana jurusan ini adalah empat tahun.

Setelah menempuh program Sarjana selama 4 tahun, kamu bisa menempuh program Pascasarjana hingga doktor. Kalau kamu ingin menjadi konsultan gizi, ada baiknya kamu mendapatkan sertifikat supaya kamu makin eligible. Beberapa universitas di luar negeri juga menyediakan course untuk mendapatkan sertifikat ini.

Sebelum kamu meraih gelar Bachelor of Health Science (Nutrition Studies) kamu harus paham kalau persyaratan kuliah jurusan ini di luar negeri akan lebih menantang dibandingkan di negara sendiri. Kamu harus memenuhi persyaratan-persyaratan baik akademis dan bahasa Inggris. Belum lagi harus mengajukan permohonan visa dan lainnya.

Jangan takut, urusan kuliah ke luar negeri bisa kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan SUN Educatio!. Kamu bisa konsultasi soal persiapan persyaratan akademis, bahkan bisa les bahasa Inggris dulu di SUN English supaya kamu bisa memenuhi persyaratan bahasa Inggrisnya. Jangan buang waktu lagi, segera konsultasi rencana study ke luar negeri dengan SUN Education terdekat di kotamu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan