biaya hidup di Swiss
Biaya Hidup Mahasiswa Internasional di Swiss
18 Februari 2020
5 Reasons Why You Have to Study Abroad
19 Februari 2020

10 Besar Universitas Terbaik di Indonesia Versi MENRISTEKDIKTI

daftar universitas terbaik di Indonesia

Sebagai pelajar Indonesia, kalian tentu tahu bahwa ada banyak universitas dengan kualitas sangat baik di Tanah Air ini. Dilansir dari media RISTEK-BRIN, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia di tahun 2019 bulan Oktober lalu. Klasterisasi berguna dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut. Jika diurutkan, ada banyak daftar universitas terbaik di Indonesia yang bisa memberikanmu gambaran setiap institusi dengan kelebihannya masing-masing.

Mohamad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), mengatakan bahwa mereka memiliki tujuan untuk mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. “Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan. Tujuannya pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti bagaimana membuat kebijakan masing-masing yang ada di perguruan tinggi nanti, supaya nanti kedepan kita bisa mewujudkan perguruan tinggi berkualitas,” ungkapnya.

daftar universitas terbaik di Indonesia

Klasterisasi universitas di Indonesia oleh RISTEKDIKTI. Sumber: ristekbrin – website

Pemeringkatan Perguruan Tinggi sendiri didasarkan pada berbagai indikator. Mereka berfokus pada penilaian berbasis Output-Outcome Base. Melalui hal tersebut, mereka melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%). Nah, dengan penambahan indikator baru inilah yang menjadi upaya agar perguruan tinggi dapat secara aktif merespon perkembangan zaman, terutama revolusi industri 4.0 serta kebutuhan tenaga kerja.

Ingin tahu PTN apa saja yang masuk ke dalam sepuluh besar terbaik tersebut? Yuk, kita lihat bersama daftar universitas terbaik di Indonesia versi MENRISTEKDIKTI dibawah ini:

1. Institut Teknologi Bandung

Salah satu PTN asal Bandung ini mendapatkan skor 3.671 – klaster 1 dari klasterisasi.  Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1959, ITB telah memiliki 27 program studi yang terakreditasi secara internasional (sebelas dari ABET, sebelas dari ASIIN). PTN ini menjadi institut terbaik di Indonesia yang bergerak di bidang teknik dan sains.

2. Universitas Gadjah Mada 

Dengan skor 3.594 – klaster 1, Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi yang terbaik kedua di Indonesia. Kampus yang terletak di Yogyakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1949 dan lahir dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Hingga saat ini, UGM memiliki 18 Fakultas, satu Sekolah Pascasarjana, serta satu Sekolah Vokasi dengan puluhan program studi.

3. Institut Pertanian Bogor 

Institut Pertanian Bogor mendapatkan skor 3.577 – klaster 1. PTN ini berada di kota Bogor dan berfokus dalam bidang pertanian—meskipun banyak juga jurusan non-agraris yang ditawarkannya hingga saat ini. IPB berdiri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan inovasi dengan kualitas yang diakui secara nasional dan internasional. Terbentuk sejak 1963, universitas ini memiliki kompetensi di bidang pertanian, biosains, dan berbagai bidang terkait.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meraih skor 3.462 – klaster 1. Pertama didirikan di tahun 1957 dan berlokasi di Surabaya, kampus ini memiliki fokus dalam mengembangkan bidang teknologi serta maritim Indonesia. Menjadi universitas paling inovatif, ITS dapat dikatakan memiliki penelitian yang terus aktif dan berkembang hingga detik ini.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan mendapatkan skor 3.401 – klaster 1 dari MENRISTEKDIKTI. Terletak di perbatasan kota Depok dan Jakarta, universitas ini adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Sebagai universitas riset, UI menjunjung upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global.

6. Universitas Diponegoro 

Universitas Diponegoro atau UNDIP, termasuk dalam salah satu universitas terbaik Indonesia dan mendapatkan skor 3.207 – klaster 1. PTN yang terletak di Semarang ini menjadi salah satu rekomendasi tempat terbaik kuliah di Indonesia dan menawarkan pilihan jurusan yang bervariasi. Disamping itu, Universitas Diponegoro pun dikenal baik dalam bidang penelitian, pengajaran, infrastruktur, serta inovasi.

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIRsatu lagi universitas asal Surabaya yang berhasil masuk dalam sepuluh besar dan meraih skor 3.056 – klaster 1. Menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur, UNAIR dikenal sebagai kampus yang memiliki kredibilitas dan moralitas tinggi. Fakultas Kedokterannya sendiri merupakan yang terbaik di Surabaya.

8. Universitas Hasanuddin

Universitas yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Universitas Hasanuddin  (UNHAS) mendapatkan skor 3.036 – klaster 1. Kampus ini memiliki 14 Fakultas sehingga siswa berkesempatan memilih program studi yang diinginkan. UNHAS juga sering mengadakan kegiatan edukatif seperti seminar, workshop, kuliah umum dan pelatihan untuk berbagai bidang. Contohnya saja pelatihan dini dunia kerja, tes TOEFL gratis serta beragam kegiatan edukatif yang disponsori Pertamina, APEC, World Bank, dan USAID.

9. Universitas Brawijaya 

Universitas Brawijaya berhasil masuk dalam sepuluh besar daftar universitas terbaik di Indonesia dengan meraih skor 2.948 – klaster 1. Kampus ini memiliki tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mendukung pengembangan budaya. Selain dikenal melahirkan alumni yang sangat berpengaruh, seperti tokoh Munir, kampus ini juga mendapatkan peringkat kedua Perguruan Tinggi Negeri yang transparan informasinya.

10. Universitas Padjadjaran 

Universitas Padjajaran atau UNPAD mendapatkan skor 2.906 – klaster 1 oleh MENRISTEKDIKTI dan masuk dalam sepuluh besar universitas terbaik di Indonesia. Kelebihan UNPAD adalah lingkungan belajarnya yang kondusif, biaya yang terjangkau, serta adanya kemudahan dalam mengakses informasi beasiswa. Setiap tahun, UNPAD sendiri terus melakukan pengembangan dan evaluasi terhadap sistem, termasuk sistem administrasi maupun fasilitas penunjang pendidikan agar dapat memudahkan seluruh mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan akademiknya dengan baik.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!