7 Tips untuk Traveling Selama Bulan Puasa
19 Mei 2018
5 Alasan Mengapa Harus Kuliah di UNSW
21 Mei 2018

Enam Langkah dalam Memilih Sekolah Pascasarjana

Enam Langkah dalam Memilih Sekolah Pascasarjana

Memilih sekolah untuk pendidikan Pascasarjana bisa jadi membingungkan bagi banyak orang. Akibatnya banyak yang salah memilih sekolah, jurusan, atau yang tidak sesuai dengan harapan. Biasanya, banyak yang salah memilih akibat tidak tahu langkah-langkah dalam memilih sekolah yang baik. Ada yang hanya melihat dari ranking, reputasi mulut ke mulut, dan lainnya. Padahal, memilih sekolah hanya berdasarkan eksklusifitas dan rekomendasi orang lain adalah hal yang kurang tepat. Berikut ini Enam Langkah dalam Memilih Sekolah Pascasarjana.


1. Sediakan Waktu

Memilih sekolah yang baik membutuhkan waktu. Sediakan waktu yang cukup dalam mencari sekolah agar tidak membuat Anda terburu-buru dalam mendaftar. Setidaknya, mulailah sejak enam (6) bulan sebelum pendaftaran untuk meninjau profil sekolah, mengumpulkan informasi, dan menghubungi orang yang dapat membantu menjelaskan pilihan sekolah Pascasarjana Anda.


2. Sesuai dengan Pekerjaan Impian

Sebelum memilih jurusan, pastikan Anda mengenali profesi yang akan dilakukan setelah menyelesaikan kuliah. Bertanya pada para profesional di bidang yang Anda minati bisa membantu dalam memberikan informasi mengenai pekerjaan itu sendiri. Jika memungkinkan, Anda bisa menawarkan diri untuk membantu orang tersebut mengerjakan tugas kantornya. Tanyakan pula jika mereka diberi kesempatan untuk mengulang, apakah mereka akan kembali menekuni profesi yang sama atau tidak.


3. Perluas Tujuan Sekolah

Untuk menentukan yang terbaik, ada baiknya Anda mempelajari tentang berbagai sekolah Pascasarjana sekaligus, misalnya 15 hingga 20 sekolah. Gunakan internet sebagai sumber awal Anda dengan mempelajari profil masing-masing sekolah. Anda pun bisa memasukkan sekolah di luar negeri dalam pilihan sekolah Anda.


Siswa Pascasarjana di kelas. Sumber foto: SustainabilityJP

Siswa Pascasarjana di kelas. Sumber foto: SustainabilityJP


4. Buat Daftar

Buatlah daftar perbandingan dan perbedaan dari masing-masing sekolah. Masukkan nama pilihan sekolah, aspek dalam mempertimbangkan sekolah (biaya, lokasi, dan lainnya). Pembuatan daftar ini bisa memberikan gambaran bagi Anda. Tidak selamanya sekolah dengan ranking bagus akan menjadi pilihan terakhir Anda. Bisa saja sekolah yang selama ini tidak termasuk dalam daftar, menjadi pilihan sekolah Anda.


5. Kunjungan Kampus

Jika informasi di website masih belum cukup bagi Anda, ada baiknya melakukan kunjungan langsung ke kampus bersangkutan. Anda bisa merasakan suasana perkuliahan secara langsung dan mengobservasi keadaan lingkungan dan tempat tinggal jika memilih tinggal di asrama.


6.  Tanya Alumni dan Siswa

Ini adalah salah satu langkah penting lainnya dalam menentukan sekolah pilihan. Buatlah beberapa pertanyaan yang bisa memberi informasi mengenai cara belajar, suasana asrama, dan lainnya yang tentu tidak Anda dapatkan dari profil tertulis sekolah.


Keenam langkah di atas membantu memberikan informasi lebih baik untuk membantu Anda dalam membuat keputusan. Selain itu, Anda akan menjadi lebih percaya diri dengan keputusan yang diambil. Untuk bantuan dalam mendaftar dan pengurusan keperluan studi di luar negeri, silakan hubungi kantor SUN Education terdekat. (SUN)

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!