Cari IELTS Preparation Course di Jakarta? Ini rekomendasinya!
10 Juli 2021
Illinois State University
Illinois State University: Kampus Negeri ‘Top’ Pertama di Illinois, Amerika
12 Juli 2021

Estimasi Biaya Makan di Malaysia untuk Mahasiswa Internasional

Sumber: Freepik

Malaysia adalah salah satu negara di kawasan Asia yang jadi tujuan favorit pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Alasannya beragam, termasuk biaya hidup yang cukup terjangkau, khususnya biaya makan di Malaysia. 

Biaya Makanan di Malaysia

Source: Envato

Keuntungan Kuliah di Malaysia

  1. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau
  2. Mendapatkan pendidikan berkualitas dengan standar internasional
  3. Meskipun bahasa Melayu merupakan bahasa utama di Malaysia, bahasa Inggris juga banyak digunakan, yang pastinya akan bermanfaat untuk di dunia karier
  4. Lingkungan yang bersahabat dan fasilitas kelas dunia
  5. Prosedur imigrasi yang serba mudah
  6. Menawarkan pengalaman internasional dan keragaman budaya

 

Biaya Makan di Malaysia

Biaya hidup tentunya jadi pertimbangan utama jika kamu berniat kuliah dan hidup di luar negeri. Di Malaysia, biaya akomodasi di dalam dan di luar kampus termasuk murah jika dibandingkan dengan negara lain. Dengan biaya hidup sekitar 1,200 Ringgit Malaysia (RM) per bulan, kamu sudah bisa hidup dengan nyaman di Malaysia. Namun, perlu dicatat, itu kembali lagi pada kebutuhan dan gaya hidup masing-masing. 

biaya makan di Malaysia

Salah satu komponen biaya hidup yang perlu diperhitungkan adalah biaya makan. Jangan khawatir, karena biaya makan di Malaysia relatif mirip dengan di Indonesia. Untuk sekali makan di food court, kantin, atau mamak stall (makanan india), kamu mungkin akan merogoh kocek kira-kira RM8-10. Di kantin kampus bahkan tersedia makanan yang lebih murah dari itu, misalnya bubur atau hot dog yang dijual dengan harga RM5-7. 

Untuk harga minuman, khususnya minuman manis seperti teh, kopi, atau jus justru lebih murah ketimbang di Indonesia. Untuk harga teh manis, kamu cukup merogoh uang sekitar RM1,2 saja, lho! Murahnya harga minuman manis adalah karena pemerintah Malaysia mensubsidi harga gula di sana. Sementara itu, air mineral dalam botol 330 mililiter dijual dengan harga RM1,5. 

Secara keseluruhan, biaya konsumsi bisa mencapai sebesar RM450 – RM600 per bulan. Biaya ini mencakup tiga kali makan sehari atau RM15-20 per hari. Eits, kembali lagi ini tergantung pada selera dan menu makanan yang kamu pilih ya. Jika kamu membeli makanan di restoran, tentunya kamu pun perlu merogoh kocek yang tidak sedikit. 

Selain itu, lokasi tempat tinggal juga pastinya mempengaruhi besar kecilnya biaya makan. Misalnya, harga makanan di Kuala Lumpur tentu berbeda dengan kota-kota lainnya. Pilihan paling murah tentunya jika kamu memasak dan berbagi biaya memasak dengan teman-teman. 

biaya makan di Malaysia

Sumber: Freepik

Dengan memasak sendiri, kamu bisa mengatur pola makan yang baik dan sehat setiap harinya. Jangan lupa perhatikan asupan gizi agar kesehatan selalu terjaga untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk membeli sayur, kamu tidak perlu ke pasar tradisional. Supermarket seperti Giant, Lifestyle, Carrefour, dan lain sebagainya kini menjual berbagai variasi sayuran segar, daging, hingga bumbu masak.

 

Pilihan dan Biaya Makan di Malaysia

  • Di warung-warung nasi India/Bangladesh/Melayu, harga makanannya sekitar RM5-RM12 per porsi, sudah termasuk nasi, lauk dan sayur
  • RM15 untuk harga makanan cepat saji (fast food)
  • Harga makanan di foodcourt mall atau restoran kelas menengah sekitar RM15 – RM30 per porsi
belanja makanan

Sumber: Freepik

Sedangkan untuk keperluan belanja bulanan, kamu bisa menganggarkan RM150 – RM200 untuk mengisi kulkas, termasuk sayur, ikan, ayam, daging, dan lain lain. Sebagai gambaran, tabel berikut adalah item umum beserta kisaran harganya: 

 

Item Harga*
Air Mineral (ukuran 600 ml) RM1 – RM2 
Daging Ayam Utuh RM8 – RM10
Minyak  RM30 per 5kg
Gula Pasir RM3 per kg
Roti Tawar RM3 – RM4
Beras RM12 – RM30 per 5kg
Telur Ayam RM5- RM7 per 10 butir

 

*) Sumber harga merujuk ke Tesco Online Groceries

 

Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran tentang biaya makan di Malaysia, khususnya di area Kuala Lumpur dan sekitarnya atau Klang Valley. Nah, kalau kamu adalah salah satu yang berniat melanjutkan studi ke Malaysia, kamu bisa menghubungi SUN Education yang akan membantumu merencanakan studimu di sana.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Comments are closed.