Lulusan Ilmu Komputer Semakin Banyak Dicari
15 Agustus 2018
Prospek Cerah Industri Kreatif
10 September 2018

Aktuaris: Sepi Peminat, Namun Menjanjikan

Kebutuhan profesi aktuaris saat ini semakin meningkat, namun jumlahnya masih langka di Indonesia. Berdasarkan data Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), jumlah aktuaris profesional sampai periode 5 Juni 2016 hanya sekitar 235 orang. Jumlah ini tak sebanding dengan kebutuhan tenaga aktuaris yang mencapai 1000 dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

“Kecilnya angka peminat profesi aktuaris di Indonesia salah satunya disebabkan oleh minimnya informasi tentang gambaran maupun peluang karier aktuaris. Padahal, ini termasuk profesi yang menjanjikan,” jelas Windawati Azmi, Mathematics Outreach Officer dari Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia (READI). Hal itu ia sampaikan dalam seminar bertajuk ‘Aktuaris, Peluang Karir Terbesar di Bidang Matematika’. Seminar ini merupakan bagian dari acara International Education Expo 2018 yang diadakan oleh SUN Education Group di Le Meridien Hotel, Jakarta, pada 4 Agustus lalu.

profesi aktuaris

Windawati Azmi, Mathematics Outreach Officer dari READI. Foto: SUN

Di hadapan 64 peserta, Azmi menekankan pentingya peran aktuaris dalam mengevaluasi kemungkinan risiko sekaligus menentukan strategi yang tepat untuk melindungi seseorang dari risiko tersebut. Dalam memprediksi resiko tersebut, lanjut Azmi, seorang aktuaris melibatkan ilmu perhitungan yang menjadi dasar dalam Ilmu Aktuaria. “Seorang aktuaris profesional harus menguasai fondasi yang kuat dalam ilmu matematika yang melibatkan statistika, probabilitas, keuangan dan ilmu komputer. Skill tersebut dibutuhkan untuk mengelola risiko di masa depan,” jelasnya.

Dalam hidup, kita tentu tak bisa lepas dari risiko, seperti sakit, kematian, kecelakaan, kebakaran, dan lain sebagainya. Hal itu lah yang menjadikan profesi aktuaris memiliki prospek yang cerah. “Risiko adalah peluang bagi aktuaris. Nantinya, aktuaris bertugas untuk mengkuantifikasi bencana tersebut. Itulah mengapa profesi aktuaris cukup penting. Peran aktuaris sama pentingnya dengan profesi dokter, karena bertugas menolong orang dari belenggu risiko,” papar Dr. Helena Margaretha, M.Sc., Koordinator Konsentrasi Aktuaria dan Matematika Bisnis, Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta.

Dr. Helena Margaretha, M.Sc., Koordinator Konsentrasi Aktuaria dan Matematika Bisnis, Universitas Pelita Harapan (UPH), Jakarta. Foto: SUN

Helena melanjutkan, profesi aktuaris dibutuhkan di berbagai bidang yang berkaitan erat dengan risiko, khususnya di industri keuangan, asuransi (jiwa dan non-jiwa), perbankan, investasi, pasar modal, maupun program jaminan sosial. Selain itu, profesi aktuaris kini juga merambah ke bidang data analytics, yang memerlukan tenaga analis risiko bisnis.

Dengan tanggung jawab pekerjaan yang besar, wajar bila gaji seorang aktuaris  cukup tinggi. Berdasarkan informasi salaryexpert.com, seorang aktuaris yang masih di tahap entry level memperoleh gaji rata-rata Rp 311 juta per tahun.

Meski begitu, proses untuk menjadi aktuaris profesional cukup panjang dan menantang. Hal itu dirasakan oleh Katrin Ravina, mahasiswi semester akhir jurusan Matematika, UPH, Jakarta. “Menurut Katrin, tantangan mempelajari Ilmu Aktuaria yaitu soal memelihara kedisipinan. “Kita dituntut untuk terus belajar dan berjuang hingga bisa memperoleh sertifikasi profesi. Walau sulit, saya yakin bahwa saya akan meraihnya. Sebab semua akan indah pada waktunya,” cetus  mahasiswi yang kini sedang menjalani magang di salah satu perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Katrin Ravina, mahasiswi semester akhir jurusan Matematika, UPH, Jakarta. Foto: SUN

Di akhir seminar, Katrin menegaskan pentingnya menguasai Matematika bagi siswa yang hendak mengambil jurusan aktuaria. “Logika matematika merupakan dasar ilmu aktuaria. Ini sekaligus menjadi ‘senjata’ para aktuaris untuk menghitung risiko, memprogram, menganalisis, dan mengolah data,” pesan Katrin.

Nah, buat kamu yang senang matematika dan ingin memiliki peluang karier menjanjikan, Ilmu Aktuaria patut dipilih!

Ingin tahu universitas mana yang menyediakan jurusan Ilmu Aktuaria?  Cari di sini SUN Course Navigation. Untuk konsultasi selengkapnya mengenai pengurusan kuliah Ilmu Komputer ke luar negeri, kunjungi kantor SUN terdekat.

Comments are closed.