University of Hertfordshire: Mencetak Lulusan Siap Kerja
30 Juli 2018
Aktuaris: Sepi Peminat, Namun Menjanjikan
28 Agustus 2018

Lulusan Ilmu Komputer Semakin Banyak Dicari

Seiring meningkatnya penggunaan teknologi di era digital ini, semakin besar peluang karier lulusan Ilmu Komputer. Hal ini yang dipaparkan Norman Sasono, Chief Technology Officer Bizzy.com  dalam seminar bertajuk ‘Computer Science Degree Opens Many Doors for Your Future’. Seminar ini merupakan bagian dari acara International Education Expo 2018 yang diadakan oleh SUN Education Group di Le Meridien Hotel, Jakarta, pada 5 Agustus lalu.

ilmu komputer

Norman Sasono membawakan seminar bertajuk “Computer Science Degree Opens The Door for Your Future”. Foto: SUN

Seminar ini dihadiri puluhan peserta yang mayoritas terdiri dari pelajar SMA dan orangtua. Mereka tampak antusias menyimak presentasi Norman yang membahas tentang peluang karier ilmu komputer di masa sekarang.

“Dunia telah berubah. Zaman dulu, bekerja di perusahaan minyak terasa bergengsi.  Namun, saat ini, gengsi itu telah diambil alih oleh perusahaan teknologi,” jelas Norman. Ia menambahkan, sejak tahun 2016, perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Apple, Facebook, Microsoft, dan Amazon melaju ‘memimpin’ dunia. Dilansir dari The Economist, perusahaan-perusahaan tersebut secara kolektif mengumpulkan lebih dari $ 25 miliar dalam laba bersih pada kuartal pertama 2017.  Apple bahkan mencatat sejarah sebagai perusahaan pertama di dunia dengan valuasi mencapai $ 1 triliun (Sumber: Standard Media 2018).

Di Indonesia sendiri, beragam start-up sedang bertumbuh pesat dan menjadi bagian dari unicorn dunia (sebutan untuk perusahaan start-up yang valuasinya mencapai $1 Miliar). Start-up tersebut yaitu Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Norman mengungkapkan, definisi komputer sebenarnya bukan tentang perangkat fisik saja, tapi juga segala teknologi yang melibatkan ilmu komputer dalam penggunaannya. Dalam ilmu komputer, dasar pengetahuan yang harus dikuasai meliputi teori, eksperimen, rekayasa, dan teknologi data.

Menurut Norman, ada 4 area inti penjurusan di ilmu komputer: Computer Systems, Computer Applications, Software Engineering, dan Theoritical Computer Science. Dan, di antara keempat area tersebut, bidang Software Engineering dan Theotrical Computer Science menjadi yang paling menjanjikan. Dari area Software Engineering lahirlah para Software Engineer. Sedangkan, dari Theotrical Computer Science muncul para Data Scientist.

“Tak hanya perusahaan berbasis teknologi, semua perusahaan di bidang apapun mau tak mau memerlukan dua profesi tersebut. Sayangnya, sumber daya manusia yang memenuhi kriteria profesional di kedua bidang itu masih minim,” jelas pria yang sudah hampir 20 tahun berkecimpung di industri teknologi ini.

Profesi Software Engineer dan Data Scientist sangat diincar banyak perusahaan di berbagai bidang. Foto: SUN

Norman tak menampik bahwa maraknya perusahaan teknologi saat ini utamanya dipicu oleh kebutuhan dan aktivitas manusia yang tak luput dari penggunaan teknologi data. Beragam kebutuhan penting seperti makanan, pakaian, rumah, transportasi, hingga aktualisasi diri dapat dipenuhi dengan hanya menggunakan smartphone. Segala aktivitas tersebut membutuhkan data agar pengguna dapat terhubung ke internet, sehingga mereka pun bisa melakukan aktivitas yang diinginkan.

“Terbukti bahwa manusia semakin tak bisa dipisahkan dari teknologi. Ini menjadi sebuah peluang besar dan menjanjikan bagi para lulusan ilmu komputer di masa depan,” cetus Norman.

Nah, supaya bisa memenangkan persaingan memasuki jurusan Ilmu Komputer, Norman membeberkan beberapa tips dan trik jitu yang patut kamu coba:

Pertajam Kemampuan Logika

Sebagai langkah awal, cintai ilmu matematika dan mulai belajar coding dari online course di internet, misalnya dari web udemy.com atau tutorial di Youtube. Lewat cara ini, kamu bisa melatih kemampuan berpikir logika dan memecahkan masalah.

Selektif Memilih Sekolah

Pilih universitas yang mengajarkan ilmu komputer dari level fundamental, seperti algoritma dan struktur data. Jangan lupa, pastikan juga bahwa kurikulum yang ditawarkan relevan dengan era teknologi sekarang.

Ciptakan Perubahan Positif Lewat Ilmu Komputer

Menurut Bill Gates, ada dua hal yang menentukan kesuksesan. Pertama, bila orang-orang di sekitar kamu merasa bahagia dan dicintai. Kedua, bila kamu bisa memberikan manfaat dan perubahan positif untuk orang banyak di lingkungan kamu. Dalam Ilmu Komputer, kamu bisa melakukan kedua hal itu.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan ilmu komputer, tak perlu ragu untuk mempelajarinya lebih dalam. Siapa tahu, kamu lah pengganti Bill Gates di masa depan!

Ingin tahu universitas mana yang menyediakan jurusan Ilmu Komputer?  Cari di SUN Course Navigation. Untuk konsultasi selengkapnya mengenai pengurusan kuliah Ilmu Komputer ke luar negeri, kunjungi kantor SUN terdekat.

Comments are closed.