Urutan universitas terbaik di dunia
Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020
9 Januari 2020
negara bebas visa dengan e paspor
Serunya Liburan Bebas Visa di Negara Jepang Bagi Pengguna E Paspor
11 Januari 2020

Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

fakta dibalik universitas terbaik jerman

Jerman.. siapa yang tidak ingin menempuh studi di negara ini?

Eropa memegang kedudukan negara tujuan favorit bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tingginya. Jerman—merupakan salah satu negara yang sering dipilih oleh mereka dengan minat untuk merantau studi di luar negeri. Kebanyakan dari kita memang sudah mendengar jawaban dari pertanyaan “Mengapa kuliah di Jerman?”—yang mana tak lain adalah universitas terbaik di Jerman itu sendiri. Namun, apa sih yang sebenarnya membuat negara ini digandrungi oleh banyak para pelajar?

fakta dibalik universitas terbaik jerman

Sumber: Freepik


1. Kualitas Pendidikan yang Diakui Dunia

Jerman memiliki deretan universitas yang termasuk dalam peringkat atas dunia. Hal tersebut dikarenakan setiap universitas mengusung konsep inovatifnya masing-masing dalam menyajikan pendidikan bermutu bagi para pelajar. Didukung oleh pemerintah, banyak universitas terbaik di Jerman memiliki pengajaran dan fasilitas yang dikenal sangat canggih.

Baca Juga :Dua Gelar Di Mfrem Dari Universitas Saxion Dan Universitas Greenwich

Jerman juga terkenal unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kemajuan tersebut, tentu dilatarbelakangi dengan sistem pendidikan di Jerman yang sangat baik. Beragam sekolah dan pelatihan dapat diakses oleh seluruh penduduk, termasuk dengan kurikulum serta tenaga pengajarnya. Berdasarkan data yang ada, hingga kini ada lebih dari 300 universitas negeri di Jerman yang diakui oleh dunia. Berbagai universitas serta sekolah tinggi di Jerman pun menjadi incaran mahasiswa dari seluruh dunia karena mutunya.


2. Bidang Studi yang Beragam

Jika melihat total seluruh universitas, ada lebih dari belasan ribu program studi yang ditawarkan oleh mereka. Jika kamu menyenangi bidang sains, teknologi, ataupun teknik, Jerman adalah tempat yang tepat untukmu. Namun, bidang studi mereka tak hanya dalam lingkup iptek saja. Banyak jurusan lain yang masih dapat kamu pilih sesuai dengan passion—seperti kesenian ataupun humaniora. Apalagi, universitas terbaik di Jerman juga termasuk memberikan program yang variatif dan memiliki opsi program internasional.

Mahasiswa internasional pun dapat mengambil jurusan kedokteran di negara ini loh! Nantinya saat kamu telah menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dan memutuskan untuk praktik di Indonesia, kamu akan tetap memerlukan adaptasi. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan antara ilmu mengenai penyakit-penyakit dan prosedur medis dari berbagai negara.


3. Biaya Studi Terjangkau

Lembaga Alumni Eropa menjelaskan bahwa ada beberapa universitas Jerman yang tidak memungut biaya kuliah di Jerman. Tetapi, ada juga universitas yang tetap menerapkan biaya studi namun masih sangat terjangkau. Oleh dari itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih universitas yang sesuai dengan keadaan finansialmu. Baiknya disisi lain, kamu tak perlu khawatir karena biaya hidup di negara ini masih relatif lebih murah.

Beberapa universitas Jerman mengharuskan mahasiswa untuk membayar biaya studi per semester sebesar 200 Euro (2 juta Rupiah). Melalui iuran tersebut, kamu akan mendapatkan kartu Semesterticker yang dapat digunakan untuk naik transportasi umum secara gratis. Tentu saja—hal ini pasti akan memudahkan mobilitasmu sehari-hari jika kamu tidak menetap di akomodasi kampus! Menurut statistik, para pelajar di Jerman rata-rata memerlukan 800 Euro yang bernilai sekitar 13 juta Rupiah setiap bulan untuk memenuhi keperluannya selama studi.

Baca Juga : Menjadi Ahli Desain Internasional di Raffles Design Institute Shanghai

Terlebih, bagi yang ingin melanjutkan program doktor atau S3 di Jerman, selamat! Umumnya program mereka bersifat gratis dan kamu hanya perlu membayar biaya administrasi sekitar 250 Euro (3,8 juta Rupiah). Menariknya, untuk beberapa bidang program S3, mahasiswa akan ditawarkan gaji sebagai upah riset.


4. Atmosfir Kota yang Nyaman

Jerman termasuk sebagai salah satu negara yang aman dengan angka kriminalitas rendah dibandingkan negara lain. Kamu dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman saat di siang maupun malam hari. Beberapa kota yang nyaman dan sangat menunjang mahasiswa diantaranya adalah Aachen, Münich, Stuttgart, Heidelberg, dan masih banyak lagi.

Jerman juga merupakan salah satu negara Eropa yang terkenal ramah bagi para imigran. Pelayanan medis di negara ini sangat baik dan setiap mahasiswa yang menempuh studi di Jerman diharuskan memiliki asuransi kesehatan. Kamu hanya perlu membayar 10 Euro per kuartal untuk perawatan kesehatan saat mengunjungi dokter dengan perlindungan asuransi kesehatan yang kamu miliki.

Disamping itu, jika kamu memerlukan waktu untuk bersantai ataupun refreshing, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik yang ada di negara ini. Di Jerman, kamu mungkin tak akan pernah kehabisan pilihan untuk rekreasi dan hiburan di waktu luang..

Ada beberapa kastil dan lanskap indah yang bisa kamu lihat. Jika kamu menyenangi keindahan alam, kamu pasti akan jatuh cinta setelah melihat pemandangan tersebut! Selain itu, kamu juga dapat menghadiri karnival tahunan menarik yang ada di kota-kota seperti Koln, Dusseldorf, Berlin, dan lainnya.


5. Lulusannya Terpandang

Karena kualitas pendidikan telah diakui dunia, banyak mahasiswa lulusan negara ini yang siap untuk bekerja dan sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Melalui bimbingan intensif yang berfokus pada hal-hal praktikal, para pelajar yang telah lulus menjadi memiliki bekal yang menggiring mereka pada karir impian. Jika kamu menamatkan pendidikan di negara ini, kamu akan memiliki power untuk berinovasi dengan mengembangkan Indonesia melalui banyak cara. Kamu bisa memimpin, mencipta, atau bahkan bergabung dalam suatu wadah lain untuk menggerak menghasilkan yang terbaik.

Menariknya, pemerintah Jerman melalui WUS (World University Service) menawarkan program Reintegrasi bagi mahasiswa negara berkembang yang berhasil menyelesaikan studinya dengan baik dan berniat untuk kembali ke negara asalnya. Program ini berupa pemberian biaya kembali ke negara asal, bantuan biaya adaptasi dengan penghasilan di negara asal, hingga bantuan berupa alat kerja yang perlukan. Diharapkan dengan program ini, para mahasiswa dapat lebih cepat kembali beradaptasi dengan kondisi negara asal dan mampu menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan saat studi di Jerman.

Baca Juga :Tips Untuk Mendapatkan Pengalaman Studi yang Menakjubkan di Inggris

fakta dibalik universitas terbaik jerman

Sumber: Freepik

Nah, itu adalah beberapa fakta dibalik mengapa kita dapat mengatakan begitu banyak universitas terbaik berada di Jerman. Ternyata, memang tak sekadar ‘terbaik’. Dibaliknya, ada begitu banyak hal yang menunjang dan bersifat konsisten.

Bagi kamu yang sedang merencanakan studi ke luar negeri, persiapkanlah dengan matang-matang. Bagi yang masih belum merasa percaya diri, beranikanlah dirimu! Kamu memiliki begitu banyak kesempatan untuk merasakan proses pembelajaran yang dapat membentukmu untuk menjadi sosok yang kreatif dan solutif loh.

Yuk asah kemampuanmu dan jangan takut untuk melangkah dari zona nyaman. Seperti poin keempat diatas, Jerman adalah negara dengan banyak kota yang nyaman dan kondusif. Hal tersebut sudah pasti akan membantu menunjang kebutuhanmu saat menempuh studi di negara ini. Kuncinya adalah—persiapkan rencana studi dengan matang, beranikan diri, dan kembangkan semaksimal mungkin kemampuan yang kamu miliki!

Dengan begitu, nantinya kamu tidak hanya akan mengupgrade diri sendiri. Kamu juga dapat membantu orang lain, memberi mereka harapan untuk menggapai impian mereka, dan menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!