Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama
Ini Dia Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Tahun Pertama
31 Januari 2022
Kehidupan di New Zealand
Kehidupan di New Zealand: 5 Kota Terbaik Buat Siswa Internasional
2 Februari 2022

Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris

Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris

Sumber: Unsplash

Paspor merupakan dokumen penting yang warga negara di dunia harus memilikinya. Gunanya tentu sebagai dokumen identitas saat berpergian ke luar negeri sekaligus pengakuan warga dari negara tertentu. Ada beberapa paspor yang dikatakan “powerful” di dunia. Alasannya karena paspor ini berasal dari negara-negara yang memimpin roda perekonomian dunia, salah satunya paspor Inggris. Sebagai salah satu negara dengan sistem monarki tertua di dunia, banyak fakta-fakta seputar paspor Inggris yang harus kamu tahu. Bahkan ada singgungannya dengan Brexit atau saat Inggris keluar dari Uni Eropa. Apa saja ya fakta-fakta paspor Inggris? Yuk, simak selengkapnya berikut ini. Kamu pasti ikut tercengang, deh!

 

Ratu Inggris Tak Punya Paspor Inggris

Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris

Sumber: Showbiz Cheat Sheet

Pernah terbesit nggak, sih, bagaimana kalau Ratu Elizabeth II pergi ke luar negeri untuk tugas negara? Apakah dia harus mengantri di bagian imigrasi? Tentunya nggak perlu! Selain bepergian dengan pesawat jet pribadi ternyata pemimpin negara Inggris ini justru nggak punya paspor Inggris, lho! Lalu, bagaimana cara beliau bisa masuk ke suatu negara tanpa paspor?

Hal ini dikarenakan semua paspor di negara tersebut terbit atas namanya. Artinya, melalui paspor yang dikeluarkannya, Ratu Elizabeth II meminta negara yang didatangi warga Inggris untuk mengizinkannya berkunjung ke sana. Ia hanya perlu menyebut dirinya sebagai Ratu Inggris di petugas imigrasi negara yang dikunjunginya.

 

Paspor Inggris Berubah Warna

Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris

Sumber: The Guardian

Tak terasa Inggris telah resmi mengundurkan diri dari Uni Eropa lewat peristiwa yang terkenal dengan Brexit. Ternyata tak hanya berpengaruh pada kebijakan negaranya saja, ternyata model paspornya juga berubah, lho. Sebelumnya paspor negara ini berwarna burgundy seperti paspor negara Uni Eropa lainnya. Namun sejak keputusan hengkang dari persatuan negara-negara Eropa tersebut, paspor negara ini kembali menjadi biru.

Warna biru ini sebenarnya pernah menjadi warna paspor pada 1998 silam. Menurut situs pemerintahan Inggris, desain paspor biru akan hadir bertahap dari awal 2020 selama beberapa bulan. Di pertengahan 2020, semua paspor Inggris akan berwarna biru. Sebelumnya paspor Inggris dirancang oleh De La Rue, namun kini perancangnya adalah perusahaan Prancis Gemalto.

 

Batal Punya Paspor Neutral Gender

Fakta-Fakta Mencengangkan Tentang Paspor Inggris

Sumber: The 19th News

Seorang aktivis sosial, Christie Elan-Cane mengajukan gugatan untuk mencantumkan paspor neutral gender pada paspor Inggris. Menurutnya, warga yang harus memilih jenis kelamin laki-laki atau perempuan telah melanggar undang-undang hak asasi manusia. Ia ingin paspor negaranya lebih ramah terhadap komunitas LGBTQ+ seperti Amerika Serikat yang sudah memberlakukan paspor netral gender.

Sayangnya, Mahkamah Agung Inggris menolak gugatannya karena menganggap jenis kelamin pemohon paspor merupakan “detail biografis yang bisa digunakan untuk mengkonfirmasi identitas mereka untuk sertifikat kelahiran, adopsi hingga pengenalan jenis kelamin yang ada dan catatan resmi lainnya.”

 

Orang Hongkong Bisa Punya Paspor Inggris?

Sumber: Nikkei Asia

Hongkong merupakan bekas koloni Inggris, sehingga beberapa warganya berhak memiliki British National (Overseas) atau BNO. Apakah jenis ini sama dengan paspor Inggris? Tentu beda. Pemegang paspor ini berhak mendapatkan bantuan dari konsulat dan hanya diberikan pada orang Hongkong yang lahir sebelum Hongkong kembali ke Cina.

Keuntungan pemilik paspor BNO adalah, warga Hongkong dapat tinggal selama 12 bulan dan bisa menggunakannya sebagai dokumen pengajuan kewarganegaraan Inggris. Namun, warga Hongkong kini semakin sedikit memiliki paspor BNO karena biaya perpanjangannya yang lebih mahal dari pada paspor Hongkong biasa.

 

Paspor Keluarga Kerajaan Berbeda

Sumber: The Week UK

Walau Ratu Elizabetg II tak perlu paspor, anggota kerajaan lainnya termasuk mendiang suami dan anaknya, Pangeran Charles tetap wajib menunjukkan paspornya saat bepergian ke luar negeri. Namun, paspor keluarga kerajaan tertua di dunia ini tentu berbeda dengan warga biasa. Di dalamnya terdapat instruksi khusus dan keterangan status diplomasi anggota keluarga kerajaan sehingga proses identifikasinya lebih cepat ketika tiba di negara lain.

Menarik banget, ya, fakta mengenai paspor negara ini! Bagi kamu yang mau kuliah ke negara ini, jangan lupa konsultasi dulu dengan SUN Education. Dari mulai english preparation, pembuatan personal statement, pengajuan visa, semuanya pasti kami bantu. Kamu cukup datang ke kantor SUN Education terdekat di kotamu atau via Hotline di 0821 33 34 35 36.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan