berapakah biaya kuliah di jurusan farmasi
Berapakah Biaya Kuliah di Jurusan Farmasi 5 Universitas Terbaik di Dunia?
16 September 2021
toefl ibt speaking
Mau Unggul Tes TOEFL iBT Speaking? Catat Tips Ini!
20 September 2021

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Sumber: American Medical Association

Menjadi dokter merupakan impian banyak orang. Banyak faktornya, bisa jadi karena cinta dengan pelajaran IPA, latar belakang keluarga, punya jiwa sosial yang tinggi atau terinspirasi dari buku atau film. Sebelum menjadi dokter, tentunya kamu harus menempuh pendidikan kedokteran terlebih dahulu. Kamu bahkan bisa kuliah kedokteran tak hanya di Indonesia saja, tapi juga di luar negeri. Kehidupan mahasiswa kedokteran di luar negeri tentunya akan berbeda dibandingkan kehidupan mahasiswa kedokteran di Indonesia. Bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, yuk, intip fakta-fakta kehidupan mahasiswa kedokteran di luar negeri supaya kamu bisa lebih siap lagi.

Masuknya Susah, Kuliahnya Ternyata…

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Sumber: Pexels

Sudah bukan rahasia lagi untuk masuk ke jurusan kedokteran memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Apalagi untuk kuliah kedokteran di luar negeri, hasil UAN bukan jadi patokan keberhasilan kamu diterima. Kamu juga harus memenuhi persyaratan akademis dan bahasa Inggris dari universitas luar negeri yang kamu tuju.

Sudah masuk ke jurusan kedokteran susah, bagaimana dengan proses kuliahnya? Tentu nggak mudah. Apalagi kalau kamu ingin mengambil spesialisasi, akan ada tahap lanjutan selesai dari kuliah kedokteran. Ditambah hampir semua pelajarannya menggunakan bahasa Inggris dan istilah-istilah kedokteran yang rumit. 

Terlalu Sibuk Sampai Lupa Homesick

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Sumber: Pexels

Saat kamu sudah memutuskan menjadi mahasiswa kedokteran, berarti kamu sudah harus siap untuk menerima kenyataan kalau kamu akan lebih sibuk dibandingkan mahasiswa dari jurusan lain. Bahkan kamu harus siap untuk belajar hingga 24 jam! Hal ini dikarenakan tugas jurusan kedokteran memanglah sulit. Belum lagi kamu tidak hanya akan belajar teori saja tetapi juga akan belajar praktikum juga. Saking sibuknya terkadang mahasiswa kedokteran di luar negeri sampai lupa homesick, lho!

Siapkan Diri untuk Waktu Belajar Lebih Panjang

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Sumber: Pexels

Kehidupan mahasiswa kedokteran bisa dibilang lebih panjang dari pada mahasiswa jurusan lain. Bagaimana tidak, untuk menempuh pendidikan Sarjana Kedokteran saja kamu membutuhkan butuh waktu 4-6 tahun. Belum lagi kalau kamu ingin mengambil spesialisasi, berarti harus mengambil program profesi atau sering disebut koas atau dokter muda selama 1,5- 2 tahun. Setelah itu kamu akan menjalani program Internship selama 1 tahun. Baru setelah selesai koas, kamu akan menjalani program spesialis selama 4-6 tahun. Setidaknya untuk menjadi dokter spesialis kamu bisa menghabiskan waktu hingga 12 tahun!

Harus Banyak Mengikuti Seminar

Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

Sumber: SIM

Selain di kelas, kehidupan mahasiswa kedokteran juga sering berlangsung di aula-aula besar kampus. Tentunya untuk mengikuti seminar dari praktisi di bidang kedokteran. Beberapa seminar ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Harganya pun kadang nggak bersahabat dengan kantong mahasiswa. Tapi mau bagaimana? Mengikuti seminar ini bisa membuat kamu mendapatkan ilmu langsung dari praktisi yang ahli di bidangnya. Yakin deh, ilmu dari seminar-seminar ini akan berguna banget saat kamu sudah terjun menangani pasien nanti. 

Butuh Mental yang Kuat

Sumber: Pexels

Sebagai mahasiswa kedokteran kelak, kamu butuh mental yang sangat amat kuat. Darah? Wah, kamu nggak bisa punya alasan untuk takut dengan hal yang lumrah di dunia kedokteran ini. Belum lagi jadwal kuliah yang padat dan sulit, mau nggak mau kamu juga harus mengorbankan waktu tidur apalagi sekedar pulang ke Indonesia bertemu keluarga.

Belum lagi waktu kuliah yang lebih panjang dari pada jurusan lain, di tengah jalan tentunya kamu bertanya-tanya, apakah menempuh masa study selama ini worth it? Makanya kamu harus kuat mental dan mantap pendirian di saat memilih jurusan ini. Apalagi kalau kuliah di luar negeri yang jauh dari rumah kamu. Tapi percaya deh, di ujung terowongan yang gelap akan ada cahaya yang menyambut kamu. Artinya, kamu akan mendapatkan peluang karir yang gemilang di bidang kesehatan baik di luar negeri atau di negara sendiri.

Siap Menjalani Kehidupan Mahasiswa Kedokteran?

Sumber: AMMC

Itulah fakta kehidupan mahasiswa kedokteran di luar negeri. Tentunya berat namun menjadi pengalaman yang sangat berharga. Kalau impian kamu adalah merasakan kehidupan mahasiswa kedokteran di luar negeri, maka rencanakanlah studi-mu sebaik mungkin. Salah satunya dengan berkonsultasi dengan konsultan pendidikan luar negeri yang terpercaya seperti SUN Education. Mulai dari berkas persyaratan masuk universitas, keberangkatan hingga akomodasi, akan kami bantu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Tinggalkan Balasan