cara kuliah di belanda
Cara Kuliah di Belanda Melalui Jalur Beasiswa
15 November 2020
universitas terbaik di kanada
Kuliah Tahun Depan? Pertimbangkan 10 Universitas Terbaik di Kanada 2021
17 November 2020

Fakta Le Cordon Bleu Paris: Universitas ‘Culinary’ Terbaik di Prancis Almamater Chef Renatta Moeloek

Banyak dari kita yang gak asing lagi dengan Chef satu ini. Puti Renatta R. Moeloek yang akrab dipanggil dengan Chef Renatta merupakan seorang koki dan restaurateur asal Tanah Air kita! Sering nonton aksinya di dapur memasak menu istimewa maupun menjadi juri di Master Chef? We can only breathtakingly say, “She’s talented and cool at the same time!”. Serius, karisma alumni universitas terbaik di Prancis ini bisa dibilang  memang sangat jelas terpancarkan!

Chef Renatta. Sumber: Beautynesia.

Melihat caranya memasak maupun seluruh aktivitasnya yang bergerak dalam bidang kuliner membuat kita bertanya-tanya seperti apa pengalaman Chef Renatta sebelumnya. Usut punya usut, kemampuan Chef Renatta dalam bidang ‘Culinary’ ternyata semakin terasah saat ia menempuh studi di Le Cordon Bleu Paris. Yes, salah satu universitas terbaik di Prancis yang mendunia itu.

Ia menyelesaikan program Grand Diplome in Cuisine and Pastry (Superior) di tahun 2014. Bahkan di tahun yang sama, ia sempat bekerja sebagai Chef de Partie di salah satu restoran dengan bintang Michelin, Garance Saint Dominique di Paris, Perancis. Selain dipercaya menjadi salah satu juri dalam ajang pencarian bakat memasak amatir di Indonesia, Master Chef, ia juga memiliki kesibukan lain. Chef Renatta juga mengerjakan berbagai kegiatan private dinner ‘rumadining’ yang bersifat komersial untuk perusahaan, kedutaan besar, grup, atau pop-up kitchen di sejumlah restoran Indonesia.

Sumber: MNC Update

Mulai dari pengalaman, pencapaian, serta apa yang dilakukannya sangat membanggakan dan patut diacungi banyak jempol bukan? Semua itu nggak lain karena ‘hard work and compassion’ yang ia miliki! Hmm.. kalau dipikir-pikir, seperti apa sih kelebihan dan keunikan Le Cordon Bleu Paris hingga membuat Chef Renatta memercayakan sekolah tersebut untuk menjalani dan menyelami pendidikannya?

Kamu bisa temukan beberapa faktanya di bawah ini:

120 Tahun Pengalaman Mengajar!

Le Cordon Bleu adalah universitas ‘culinary’ terbaik di Prancis yang mendunia. Mereka melangkah bersama sejarah, warisan yang kaya, dan inovasi yang terus catching up selama lebih dari 120 tahun. Sejak tahun 1895, sekolah ini berkembang mulai dari sekolah Parisian Cookery hingga menjadi jaringan pendidikan internasional besar yang terus berkembang.

Tim Pengajar dan Koki yang Profesional

Sumber: Le Cordon Bleu

Wow. Ini sih gak perlu diragukan lagi! Le Cordon Bleu Paris memiliki tim pengajar dam koki yang mengesankan serta tinggi jam terbang. Master Chef Le Cordon Bleu, ahli wine, dan dosen-dosennya telah direkrut di berbagai restoran terbaik berbintang Michelin dan 5* di hotel seluruh dunia. Dengan pengalaman bertahun-tahun di industri ‘culinary’, memegang posisi eksekutif, serta berkompetisi di beberapa kompetisi terkenal, mereka sebagai tim akademis pastinya memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman yang dibagikan pada siswa Le Cordon Bleu! Terlebih, Le Cordon Bleu juga menerapkan sistem pengajaran dengan “watch, do, and learn” yang sangat komprehensif.

Fasilitas Modern dan Menunjang

Sekolah ini memiliki gedung seluas 4000 meter persegi yang dilengkapi dengan peralatan ultra modern. Uniknya, desain bangunan Le Cordon Bleu Paris yang menggunakan aluminium dan kaca dirancang dengan norma lingkungan terbaru agar bersifat ramah lingkungan!

Apalagi, atap sekolah tersebut disulap menjadi kebun sayur yang berukuran lebih dari 800 meter persegi dimana siswa dapat belajar bagaimana buah, sayuran, herba, dan bunga dapat bertumbuh.  Nggak hanya itu, Le Cordon Bleu Paris juga memiliki satu ruang bawah tanah untuk mempelajari wine, perpustakaan besar dengan peralatan multimedia, serta bahkan satu butik dengan beragam produk dan peralatan memasak yang dipilih langsung secara cermat oleh Chef Le Cordon Bleu Paris.

Lebih dari Sekedar Sekolah “Culinary Arts”

Sumber: Unsplash

Mereka lebih dari sekedar sekolah seni kuliner. Meskipun menjadi jaringan global terkemuka dalam seni kuliner, mereka juga memainkan peran besar dalam bidang manajemen perhotelan dan terkenal sebagai yang terdepan dalam industri gastronomi. Kamu bisa melihat hal tersebut melalui program yang ditawarkan. Mereka menawarkan berbagai program seperti Wine, Culinary Management, dan Nutrition yang dapat digabungkan dengan magang profesional! Selain itu, kamu juga bisa memilih program lain seperti program Bachelor of Business yang baru diluncurkan serta diajarkan dalam bahasa Inggris.

Menggunakan Bahasa Inggris dan Perancis

Bye language barrier! Kamu gak perlu panik membayangkan bahasa yang digunakan Chef saat memberikan instruksi nantinya. Seluruh program Le Cordon Bleu diajarkan dalam bahasa Perancis dan Inggris. Yang perlu kamu lakukan adalah memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggrismu namun tetap ingat untuk mempelajari beberapa Bahasa Perancis yang dapat digunakan sebagai daily communication atau pelajaran culinarynya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.