melanjutkan s2 beda jurusan
Pilihan Program Studi untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan S2 Beda Jurusan
13 November 2020
cara kuliah di belanda
Cara Kuliah di Belanda Melalui Jalur Beasiswa
15 November 2020

7 Persiapan Penting Bagi Kamu dengan Target Kuliah di Inggris!

Sumber: Unsplash

World-class education. Penelitian inovatif. Metode pembelajaran komprehensif. Culture menyenangkan. Well, semua itu bisa didapatkan ketika kamu memberanikan diri menempuh studi di Inggris! Sudah menjadi rahasia umum jika kualitas pendidikan yang dimiliki negara ini menciptakan kesan sangat baik dan kepercayaan bagi pelajar seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, ada banyak sekali pelajar yang berusaha keras dalam belajar serta membangun strategi dan persiapan kuliah di Inggris.

Sumber: Unsplash

Inggris adalah negara yang cukup memiliki jarak dari Tanah Air! Sebaiknya persiapkan secara matang segala kebutuhan dan persyaratan sebelum mengenyam pendidikan disana. Lokasi negara serta universitas yang berbeda akan memiliki beberapa bagian yang juga berbeda jika dibandingkan dengan universitas yang ada disini. Mulai dari peraturan, kualitas pendidikan, kebudayaan, cara berkomunikasi, lingkungan, hingga masih ada banyak hal lainnya.

Nah, biar jauh lebih siap nantinya, berikut 7 poin penting mengenai persiapan kuliah di Inggris yang harus kamu perhatikan dan coba lakukan!

Rencanakan Anggaran

Ini adalah salah satu bagian penting dalam persiapan kuliah di Inggris! Biaya studi di universitas dan biaya hidup di setiap negara sudah pasti berbeda. Penting untuk mengetahui seberapa banyak yang harus kamu keluarkan agar kamu siap secara finansial saat menghadapinya. Kebayang kan kalau sudah tinggal disana beberapa bulan tapi tiba-tiba harus shock karena pengeluaran melejit tanpa batas? So, kamu harus pikirkan dan tentukan setiap kategori pengeluaran mulai dari akomodasi, makan, transportasi, sosialisasi, dan juga hiburan.

Maksimalkan Kemampuan Bahasa Inggris

Sumber: Unsplash

Kuliah di Inggris = wajib menguasai Bahasa Inggris. Yup, hal ini sangat dibutuhkan saat berkomunikasi dan proses belajar nanti. Hampir seluruh universitas di luar memerlukan bukti kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Pastikan kamu menyerahkan bukti sertifikat kemampuan bahasa inggris seperti Test of English Foreign Language (TOEFL), International English Language Testing System (IELTS), maupun tes lainnya sebagai persyaratan pendaftaran program studi pilihan.

Siapkan Dokumen Penting

Dokumen penting yang wajib kamu persiapkan adalah ijazah dan transkrip nilai! Perhatikan setiap aspeknya dan pastikan memenuhi syarat dalam entry requirement program yang kamu tuju. Jangan lupa untuk membawa kedua dokumen tersebut dalam bentuk asli dan soft copy yang sudah diketik dalam Bahasa Inggris. Kamu juga dapat menyerahkan beberapa dokumen penting lainnya. Seperti laporan medis sebagai syarat dokumen administrasi imigrasi, Letter of Recommendation sebagai syarat tambahan akademis lainnya, hingga Motivation Letter untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa!

Mengemas Barang yang Dibutuhkan

Sumber: Freepik

Bijaklah dalam memilih barang-barang yang ingin kamu bawa saat berkuliah di Inggris. Kamu tidak perlu membawa seluruh pakaian karena kamu hanya membutuhkan berbagai jenis pakaian untuk semua jenis cuaca yang nantinya akan kamu hadapi! Begitu pula dengan ‘peralatan perang’ kuliah; seperti alat tulis, buku pelajaran, maupun kamus. Pilihlah beberapa yang penting untuk kamu miliki saat disana dan pastikan barang yang tidak terbawa akan mudah ditemukan saat di kota maupun di kampus.

Menggali Informasi Kredibel

As a little reminder, saat ini kita masih ada dalam situasi pandemi! Bisa saja kamu memulai studi di Inggris secara online terlebih dahulu sebelum berangkat kesana. Pastikan kamu terus mendapatkan informasi update mengenai strategi pengajaran serta perkuliahan yang diluncurkan oleh universitasmu. 

Disamping itu, kamu harus tau ‘medan’ jika nanti keadaan sudah memungkinkan untukmu memasuki Inggris. Cari tahu mengenai cuaca, akses transportasi, tempat makan, maupun universitas kamu sendiri. Biasanya, informasi yang kredibel mengenai studi luar negeri selalu ada dalam situs overseas education atau berkomunikasi langsung dengan konsultan pendidikan internasional.

Jelajahi Universitas Baru

Sumber: Unsplash

Cobalah untuk jelajahi lingkungan kampus jika universitasmu mulai membuka kelas tatap muka! Begitu sampai di universitas, kamu akan menemukan banyak staf dan mahasiswa yang siap membantumu menyesuaikan diri. Manfaatkan tur kampus, tur berjalan kaki di kota, dan aktivitas lainnya dalam beberapa minggu pertama. Kamu bisa berkeliling menyusuri perpustakaan, laboratorium, hall, taman, lapangan olahraga, maupun mengunjungi ruang komunitas atau organisasi.

Setelah menjelajahi universitasmu, kamu juga bisa mencoba untuk berjalan-jalan di sekitar kota. Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat historis yang bersifat edukasi maupun melihat atraksi lokal bersama teman baru. Tidak hanya menyenangkan, tetapi kamu jadi bisa meluaskan networking serta pengetahuan baru! Bahkan kamu juga berkesempatan berkolaborasi dengan relasi yang kamu bangun dengan orang yang baru kamu temui. Menarik banget kan kalau koneksi ini punya power yang bisa menggiring kamu hingga jenjang karir nanti?

‘Study Smartly’

Inggris sangat mengedepankan pembelajaran, pengajaran, fasilitas, riset, hingga sertifikasinya. Metode pengajaran yang digalakkan sangat variatif, fasilitas hi-tech,  dan ada banyak sekali dukungan untuk self-development. Sudah sampai sejauh ini, kamu harus bisa memanfaatkan peluang serta kesempatan yang kamu miliki!

Cobalah untuk “study smartly”, not study hard. Maksimalkan performa belajarmu, bagilah waktu untuk belajar maupun diri sendiri, dan optimalkan waktu luang yang kamu miliki.  Waktu luang bisa kamu gunakan untuk me time maupun bekerja secara freelance atau paruh waktu. Percaya deh. Dengan going extra miles, kamu bisa mengembangkan dirimu serta menciptakan ‘portofolio’ yang sangat bermanfaat untuk tahap dan pengalaman selanjutnya.

Sumber: Unsplash

Nah, itulah dia 7 persiapan penting bagi kamu dengan target menempuh kuliah di Inggris! Tetap semangat and do your best ya! Tidak ada salahnya meminta bantuan ketika kamu kesulitan menentukan sebuah pilihan maupun bingung menghadapi beberapa hal terkait persiapan studi di luar negeri. Kamu bisa mengunjungi situs yang update dan friendly yang menyajikan informasi studi ke luar negeri maupun mendatangi pameran pendidikan seperti SUN Education International Expo.

Jangan lupa. Mengemban studi hingga negeri luar memberikan dampak positif dan perubahan baik dalam hidupmu. Khawatir dalam adaptasi adalah wajar dan memang harus kamu hadapi. Tetapi, semua itu akan berubah menjadi terbiasa dan bahkan terasa menyenangkan setelah sering kamu lalui! Oleh karena itu, percayalah bahwa kamu bisa jauh lebih outstanding saat kuliah nanti dan menamatkan gelar dengan hasil serta pengalaman yang memuaskan.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.