sistem pendidikan terbaik di dunia
5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
27 April 2020
kampus swasta terbaik
3 Kampus Swasta Terbaik Asal Amerika
30 April 2020

Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris dengan Efektif

film untuk belajar bahasa inggris

film untuk belajar bahasa inggris

Salah satu cara belajar bahasa Inggris adalah dengan cara membiasakan diri untuk mendengar dialog dalam bahasa Inggris dalam sebuah film. Kita mungkin sudah sering menonton film berbahasa Inggris, namun mengandalkan subtitle untuk dapat mengerti jalan ceritanya. Sebenarnya, penggunaan subtitle dalam bahasa Inggris juga membantu memperkaya kosa kata. Namun, untuk dapat terbiasa dengan bahasa Inggris secara langsung, kamu bisa mencoba mematikan subtitle dan benar-benar mengandalkan audio. 

Jika kamu belum begitu terbiasa mengandalkan audio untuk menonton film berbahasa Inggris, kamu mungkin akan kesulitan untuk memahami film-film dengan genre yang berat seperti science fiction. Oleh karena itu, kamu dapat memulai dari film-film lebih sederhana dan mudah untuk dimengerti penggunaan bahasanya. Nah, berikut rekomendasi film yang dapat kamu tonton untuk mulai belajar bahasa Inggris. 

Toy Story

toy story

Film pertama yang wajib kamu tonton untuk mulai belajar bahasa Inggris adalah Toy Story yang film pertamanya dirilis pada tahun 1995. Seperti namanya, film ini bercerita tentang kehidupan mainan milik seorang anak laki-laki bernama Andy. Woody, seorang action figure koboi merasa terabaikan setelah Andy memiliki mainan baru bernama Buzz Lightyear. Meski awalnya membenci Buzz Lightyear, Woody akhirnya bersahabat dengannya setelah melalui petualangan bersama. 

Film ini merupakan film yang ditujukan untuk anak-anak sehingga menggunakan bahasa yang mudah dimengerti namun dengan cerita yang cukup universal. Oleh karena itu, Toy Story ini paling cocok untuk kamu tonton pertama kali dalam belajar belajar bahasa Inggris lewat film. 

Harry Potter

film untuk belajar bahasa inggris

Film dengan tema penyihir yang diadaptasi dari novel JK Rowling ini merupakan salah satu film yang populer, kamu bahkan mungkin salah satu penggemar serial Harry Potter. Namun, pernahkan pernahkah kamu mencoba menonton film ini tanpa bantuan subtitle baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia? Jika belum, film ini adalah film selanjutnya yang harus kamu tonton untuk membantu belajar dialog bahasa Inggris. 

Film ini menggunakan aksen british yang kental namun diucapkan dengan pelafalan yang jelas sehingga dapat dengan mudah dimengerti. Selain itu, karena film ini merupakan serial, kamu juga akan merasa tingkat kesulitan kosakata yang meningkat di setiap filmnya seiring dengan pertumbuhan Harry Potter dan kawan-kawan. 

Forrest Gump

forrest-gump

Banyak orang kesulitan memahami dialog bahasa Inggris di dalam film lataran pengucapan pemerannya yang terlalu cepat. Nah, untuk kendala ini, kamu dapat menonton salah satu film motivasi yang berjudul Forrest Gump. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini berkisah tentang seseorang yang memiliki cacat mental sehingga ia berbicara dengan perlahan. Meski memiliki keterbatasan, Forrest, sang tokoh utama mengalami banyak hal luar biasa. 

Baca Juga : 4 Tips Belajar Online untuk Mengisi Waktu

Selain dapat menyimak dialog dalam film ini, kamu juga akan mendapat inspirasi atau motivasi dari salah satu film legendaris yang telah mendapat banyak penghargaan. 

The King’s Speech

film untuk belajar bahasa inggris

Sebagai pembelajar bahasa Inggris, kamu harus terbiasa mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen American English maupun British English. Nah, kali ini kamu juga akan menemukan aksen British yang kental dalam film The King’s Speech. Film yang diangkat dari kisah nyata salah seorang raja Inggris ini mendapatkan 12 nominasi Piala Oscar dan memenangkan 4 piala. 

Raja George VI yang diceritakan dalam kisah ini menderita gangguan bicara sehingga harus melakukan terapi. Dalam film ini, ada banyak adegan di mana terapis mengajarkan pelafalan kosakata bahasa Inggris sehingga juga akan membantumu dalam hal pelafalan. 

Nah, itu dia beberapa tontonan yang wajib kamu tonton sebagai pembukaan untuk belajar bahasa Inggris. Kamu dapat melakukan cara ini dengan memilih film untuk belajar bahasa inggris berdasarkan tingkat kesulitan tema yang diangkatnya. Di tahap awal kamu sebaiknya memilih film untuk anak-anak atau film yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jika kamu sudah terbiasa, selanjutnya kamu dapat mencoba berbagai genre yang lebih menarik serta lebih cocok dengan preferensi pribadimu. Yuk, mulai siapkan film untuk belajar bahasa Inggris lainnya!

Comments are closed.