transportasi di london
Biar Gak Ribet Pas Kuliah, Cari Tau Jenis Transportasi Umum di London Sekarang!
30 Desember 2021
Scape: Akomodasi Paling Tepat Saat Studi di Australia
3 Januari 2022

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Sumber: Pexels

Jerman merupakan salah satu negara tujuan favorit banyak mahasiswa Indonesia. Hal ini dikarenakan mutu pendidikan Jerman yang tinggi tapi biayanya rendah bahkan sampai hampir gratis! Apalagi Jerman merupakan salah satu negara maju di dunia, sehingga dengan mengantongi gelar dari universitas di Jerman menjadi tiket untuk bekerja di perusahaan multinasional. Sebagai calon mahasiswa dari Indonesia, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana sih kehidupan di Jerman? Tentunya berbeda dengan Indonesia. Biar kamu nggak shock saat kuliah di sana, ini dia gambaran kehidupan di Jerman yang harus kamu ketahui! 

 

Hari Minggu Adalah Hari yang Sakral

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Sumber: Pexels

Hari Minggu identik dengan hari bersantai atau hari berbelanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Tapi kehidupan di Jerman pada hari Minggu berbeda jauh dengan Indonesia. Dari toko-toko, cafe dan restoran akan tutup di hari Minggu! Bahkan transportasi umum juga sangat dibatasi di hati itu. Hal ini dikarenakan masyarakat Jerman sadar hari Minggu merupakan hari untuk beristirahat bahkan bagi orang-orang yang bekerja di bidang jasa seperti pelayan atau penjaga toko sekalipun.

 

Tak Ada Pembatasan Kecepatan Berkendara

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Sumber: Pexels

Di Jerman, nggak ada batasan kecepatan di jalan bebas hambatan atau Autobahn. Siapapun yang menerapkan pembatasan kecepatan justru akan dikritik habis-habisan. Anehnya, tanpa adanya pembatasan kecepatan di Autobahn, justru 60% kecelakaan yang berakibat kematian justru terjadi di jalanan umum yang punya batas kecepatan. 

 

Orang Jerman Lebih Suka Pakai Uang Cash

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Sumber: Pexels

Meskipun sistem keuangan di dunia telah mengalami proses digitalisasi, orang Jerman masih memilih melakukan transaksi keuangan dengan uang cash. Kamu pasti sudah nyaman dengan kemajuan fintech di Indonesia dimana semua transaksi karena bisa dilakukan lewat telepon genggam kita. Tapi di Jerman, pembayaran dengan kartu kredit sangat terbatas. Jadi, kalau kamu sedang berkunjung ke Jerman, sebaiknya sediakan uang cash cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan. Ingat, letakan uang tunai ini di tempat yang aman supaya nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, ya!

Benarkah Biaya Hidup di Jerman Tinggi?

Gambaran Kehidupan di Jerman yang Perlu Calon Mahasiswa Ketahui

Sumber: Pexels

Meskipun biaya pendidikan di Jerman termasuk rendah bahkan hampir gratis, namun banyak yang beranggapan biaya hidupnya tinggi. Sebenarnya tinggi atau rendahnya biaya hidup di suatu negara tergantung dengan kota mana yang kamu tinggali. Jika tinggal di kota-kota besar seperti Berlin, Hamburg dan Frankfurt tentu lebih besar. Di kota selain kota-kota besar di Jerman, biaya hidup mahasiswa, rata-rata sekitar 730 – 840 euro per bulan sudah termasuk makan, tempat tinggal dan rekreasi. 

Biaya ini adalah biaya rata-rata, tapi kembali lagi dengan gaya hidup yang kamu jalani. Kalau hemat, bisa saja di bawah rata-rata biaya. Apalagi Jerman juga memberikan mahasiswanya banyak potongan harga. Contohnya untuk nonton film atau pertunjukan dan tempat hiburan lainnya.

 

Lebih Suka Naik Sepeda Dari pada Mobil

Sumber: Pexels

Berada di satu benua, masyarakat Jerman nggak jauh beda dengan tetangganya, yakni Belanda. Mereka juga lebih suka mengendarai sepeda daripada mobil. Hal ini dikarenakan dengan naik sepeda, mereka sembari meningkatkan gaya hidup sehat dibandingkan naik mobil yang kebanyakan diam saja. Nggak main-main, bahkan sekelas manajer di Jerman saja masih suka naik sepeda daripada mobil, lho! Jadi buat kamu yang nantinya akan berkuliah di Jerman, biasakan naik sepeda dari sekarang, ya. Selain sehat, jadi lebih hemat juga.

 

Bersiap Kuliah di Jerman dengan SUN Education

Sumber: Pexels

Kehidupan di Jerman ini bisa jadi gambaran untuk kamu yang mau kuliah di Jerman. Persiapan kuliah di Jerman terkadang membuat calon mahasiswa bingung. Jangan khawatir, kamu bisa mempersiapkan kuliah di Jerman bersama SUN Education! Mulai dari persiapan persyaratan akademik dan Bahasa Inggris, pengurusan visa, persiapan keberangkatan hingga akomodasi selama berkuliah di sana. Segera kunjungi kantor cabang SUN Education terdekat di kotamu atau konsultasi via Hotline 0821 33 34 35 36!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan