jurusan kuliah yang santai dan mudah
7 Jurusan Kuliah yang ‘katanya’ Paling Santai dan Mudah
13 Maret 2021
torrens university australia
Torrens University: Pilihan Terbaik Universitas Swasta di Australia
15 Maret 2021

5 Cara Jitu Agar Siap Daftar Kuliah di Luar Negeri!

Sumber: Unsplash

Siapa disini yang bercita-cita kuliah ke luar negeri? Tetap semangat dan terus bergerak ya! Sudah bukan rahasia lagi kalau kuliah di luar negeri memang punya segudang manfaat. Selain meningkatkan pengetahuan di bidang yang ditempuh, kamu juga akan mampu mengasah perkembangan diri sendiri dengan pengalaman hidup yang jauh berbeda. Tetapi sebelum itu, kamu harus mempersiapkan baik-baik segala sesuatunya! Kampus di luar negeri memiliki karakteristik dan sistemnya sendiri. Baik itu dari informasi program, persyaratan, tempat tinggal, hingga kehidupan belajar saat disana. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan pendaftaran maupun perjalanan studimu. Berikut ini 5 cara daftar kuliah di luar negeri yang perlu kamu perhatikan agar jauh lebih siap dan paham sebelum melaluinya:

Ketahui Jurusan Pilihan

Sumber: Unsplash

Memilih secara cermat bidang studi yang akan ditempuh memainkan peran penting dalam salah satu indikator agar berhasil dalam studimu. Kamu bisa fokus untuk mengembangkan potensimu serta memahami rencana karir untuk di masa depan jika belajar di jurusan yang tepat! Pahami dulu minat dan passionmu, setelah itu cari tahu kualitas jurusan tersebut di universitas yang akan kamu tuju baik itu dari segi akreditasi, pembelajaran, aktivitasnya, maupun pertimbangan lain. Kamu juga bisa mempertimbangkan biaya studi yang ditawarkan dan durasi yang dimiliki.

Standar Sertifikat Akademik Sesuai

Poin yang satu ini termasuk penting diperhatikan dalam cara daftar kuliah di luar negeri! Ada beberapa universitas yang membutuhkan kurikulum internasional untuk menembus salah satu persyaratannya. Salah satunya bisa dengan International Baccalaureate atau yang disebut dengan IB Diploma. Namun jika pendidikan terakhirmu masih menggunakan kurikulum nasional, jangan khawatir! Ada program Foundation yang biasanya ditawarkan pihak universitas ataupun lembaga pendidikan lain bagi mahasiswa internasional. 

Program Foundation biasanya berdurasi mulai 8 hingga 12 bulan dan dikhususkan untukmu yang belum memenuhi persyaratan nilai atau bahasa Inggris untuk memasuki program Diploma atau langsung ke tahun pertama program S1 (Bachelor Degree). Keuntungan lainnya, kamu juga benar-benar dipersiapkan dari segala aspek sebelum memasuki program S1 pilihanmu!

Jelajahi Informasi Kredibel di Internet

Sumber: Unsplash

Di era ini, informasi sangatlah mudah untuk kamu peroleh. Biasanya ada banyak sekali informasi lengkap mengenai pendidikan di luar negeri yang ada di internet. Tetapi, kamu harus menelaah dengan bijak dan mencari tahu dari sumber yang kredibel! Pastikan penyedia informasi tersebut merupakan pihak yang benar-benar ‘profesional’ dan berkecimpung dalam bidang pendidikan internasional. Kamu bisa memilih sumber terpercaya seperti konsultan pendidikan internasional serta lembaga pendidikan ternama lainnya yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Hal ini bertujuan agar informasi yang kamu dapatkan adalah yang terkini serta langsung berhubungan dengan universitas luar negeri.

Diskusi Dengan Konselor Profesional

Berdiskusi dengan pihak yang berpengalaman bisa menjadi cara jitu agar kamu siap daftar kuliah di luar negeri. Meminta saran dan arahan bisa membantumu melengkapi segala informasi penting terkait studi yang kamu butuhkan. Sedangkan jika kamu ingin meminta pendapat dari orang yang lebih profesionalkamu bisa berbicara dengan konselor ataupun konsultan pendidikan, salah satunya. Konsultan pendidikan internasional dikenal memiliki jam terbang tinggi serta pengetahuan yang sangat luas mengenai studi luar negeri.

Persiapkan Dirimu!

Sumber: Unsplash

Setelah mendaftar nanti, kamu juga bisa loh sembari cari tahu seperti apa ‘kehidupan perkuliahan’ ataupun student life saat disana. Cobalah kunjungi situs web yang menampilkan gedung kampus, fasilitasnya, tempat-tempat yang ada disekitarnya, hingga destinasi menarik di negara yang akan kamu kunjungi nantinya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan sekilas gambaran perkuliahan yang ada disana. Another easy trick, kamu juga bisa mengetahui seluruh informasi tersebut dalam satu akses mudah; yaitu melalui SUN Education E-Guide Book. Didalamnya ada informasi lengkap mengenai jurusan, universitas luar negeri, tips dan trik persiapan studi di luar, hingga beasiswa.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.