Imigrasi New Zealand Merilis eVisa Terbaru
Baru! eVisa New Zealand
7 Maret 2017
Intip Serunya Masa Orientasi Siswa di Luar Negeri
Intip Serunya Masa Orientasi Siswa di Luar Negeri
9 Maret 2017

6 Aplikasi Wajib Buat Pelajar Muslim Di Luar Negeri Saat Bulan Ramadan

7 Aplikasi Pelajar Muslim Di Luar Negeri Saat Bulan Ramadan

Menjalani puasa saat bulan Ramadan di negara asing tentunya membuat kita harus terbiasa dengan berbagai perbedaan yang ada. Mulai dari perbedaan waktu, lokasi, pola makan, dan sebagainya. Tapi, di era digital kini, tentunya kamu tidak perlu takut untuk tetap bisa lancar menyambut puasa di bulan suci ini, walau sedang berada di luar negeri.

Ada beragam aplikasi sesuai kebutuhan yang tersedia bagi para pelajar muslim yang sedang studi di luar negeri dan pastinya mudah diakses melalui smartphone kamu. Berikut 6 aplikasi untuk pelajar Muslim yang sedang belajar di luar negeri saat bulan Ramadan!

 

Near Mosques Finder App

 

Ingin shalat di masjid, tapi masih belum tau di mana lokasi masjid terdekat? Kamu bisa menggunakan aplikasi Near Mosques Finder. Aplikasi yang dikembangkan Souf ini menyediakan daftar masjid dari yang paling dekat sampai yang paling jauh dengan radius lima kilometer (dari lokasi kamu berada) dengan pertimbangan lokasi masjid yang diberikan mampu dicapai hanya dengan jalan kaki ataupun menaiki kendaraan. Tapi, perlu diingat bahwa daftar masjid yang diberikan berdasarkan masjid yang sudah terdaftar atau ditandai di Google Maps.

Aplikasi ini bisa kamu download di sini untuk iOS dan di sini untuk Android.

 

Prayer Times: Qibla and Azan

 

Berdoa adalah hal yang paling penting dan jangan sampai dilewati. Jika kamu masih belum terbiasa dengan perubahan waktu di negara asing, aplikasi dari PXL ini bisa menjadi pengingat kamu untuk tetap shalat sesuai dengan waktu di negara kamu tinggal. Aplikasi ini mampu menunjukkan waktu shalat untuk Fajar, Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Kamu juga bisa mengaktifkan fitur pengingat untuk waktu shalat tertentu. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui arah kiblat di manapun kamu berada di seluruh dunia dengan fitur kompas yang disediakan dan petunjuk tentang jarak antara posisi kamu dan posisi Mekkah.

Jika menggunakan Apple, kamu bisa menemukan aplikasi sejenis ini di sini dan pengguna Android bisa mengunduhnya di sini.

 

Majeed Quran

 

Ketika sedang kuliah kamu lupa membawa Quran atau membawa salinan Quran terasa agak merepotkan, aplikasi ini bisa jadi jawaban. Majeed Quran merupakan aplikasi Alquran digital yang bisa membantu kamu untuk membaca dan mendengarkan ayat Alquran di mana saja, didukung dengan fitur yang membantu kamu untuk lebih mudah membaca, mendengarkan, bahkan menghafalkan ayat per ayat. 

Seperti fitur untuk zoom-in dan zoom-out halaman Alquran, fitur untuk memutar audio ayat berkali-kali, dan lainnya. Aplikasi yang di-develop oleh Pakdata ini juga menyajikan file audio Alquran per ayat yang dibaca dari pembaca terkenal dunia dan bisa diunduh terpisah.

Soal terjemahan bahasa, aplikasi ini juga lengkap, karena terdapat empat terjemahan bahasa Inggris (Pickthal, Dr. Mohsin, Mahmood & Yusuf Ali) dan 45 (empat puluh lima) terjemahan bahasa, di antaranya Indonesia, Prancis, Jerman, Cina, Italia, Belanda, dan sebagainya). Kamu tinggal download aplikasi praktis ini di sini atau di sini.

 

Zabihah

 

Informasi halal suatu makanan atau produk tak kalah krusial untuk diperhatikan selama buka puasa. Jika masih belum hafal lokasi wisata kuliner di daerahmu, kamu bisa gunakan aplikasi Zabihah. Aplikasi yang dikembangkan Halalfire ini menyediakan database restoran halal terbesar, dengan menawarkan lebih dari 2.000 restoran halal yang telah bermitra dengan aplikasi ini di dekat tempat tinggal pengguna. Tak hanya restoran, kamu juga bisa mencari masjid dan pasar terdekat di aplikasi ini.

Buruan download aplikasinya di sini atau bisa juga di sini!

 

Scan Halal

 

Jika kamu berbuka puasa cukup dengan beli makanan atau bahan di supermarket, kamu juga bisa pakai aplikasi Scan Halal untuk mengetahui produk tersebut halal atau tidak. Caranya dengan hanya memindai barcode produk, dan dalam hitungan detik Scan Halal akan menampilkan hasil sumber bahan produk (tanaman, hewan, sintetis, dan lainnya). Jadi, kamu tidak perlu repot untuk mencari tahu bahan-bahan yang tertera di produk atau bahkan sampai menerjemahkannya bahasanya lagi. Untuk mempermudah Ramadan-mu nanti, yuk download aplikasi ini di sini atau bisa juga ke sini

 

Lose It

 

Mungkin kamu bertanya-tanya: apa gunanya aplikasi penghitung kalori di bulan Ramadan? Tentu saja aplikasi ini cukup berperan penting untuk menjaga pola makan kamu selagi di bulan puasa. Karena waktu buka puasa yang berubah dan mungkin sedikit lama dibanding negeri sendiri, bisa saja pola makanmu tidak teratur dan kalori tubuh jadi menurun ataupun bertambah.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengontrol asupan makananmu dengan menghitung asupan kalori harian tubuh dan menghindari kelebihan atau kehilangan nutrisi yang tidak kamu inginkan. Aplikasi ini menyediakan database makanan yang luas dan informasi gizi, sehingga sebelum kamu berbuka puasa, kamu sudah tahu makanan apa saja yang baik untuk gizi tubuh.

Aplikasi ini bisa kamu download baik di sini maupun di sini

Nah itu dia beberapa aplikasi yang bisa membantumu sebagai pelajar Muslim yang sedang menjalankan bulan Ramadan di luar negeri. Jangan lupa, kamu perlu coba ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan