apa saja yang dipelajari di fakultas hukum
Sebelum Masuk Fakultasnya, Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Hukum?
19 Juni 2021
universitas yang menerima lulusan d4 ke s2
Universitas Luar Negeri yang Menerima Lulusan D4 ke S2: Ada?
22 Juni 2021

Intip 7 Fakta Seru Kuliah di Malaysia Plus Peraturan Visa Pelajar!

visa pelajar malaysia

Sumber: Freepik

Malaysia adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas baik. Ibarat kelompok nih, kelas ‘pendidikan’ mereka sudah setara secara global seperti Inggris, Eropa, hingga Amerika! Lokasinya yang dekat dengan Tanah Air pun bisa membuatmu sebagai anak rantau nggak terlalu melewati homesick yang mendalam. Mungkin kamu sempat bertanya-tanya, ‘Ah.. kalau dekat sepertinya bakal sama aja’, ‘Seperti apa sih pendidikan disana? Tetap butuh visa pelajar Malaysia gak ya?’, atau bahkan ‘Apa seru kuliah di Malaysia?’. Hmm.. satu jawaban sederhana yang bisa mewakili: kuliah di Malaysia itu seru dan banyak untungnya!

visa pelajar malaysia

Sumber: Unsplash

Dari bahasa yang digunakan, iklim di negaranya, makanan, hingga bahkan biaya hidup memang ada kemiripan. Akan tetapi.. tentu saja setiap negara punya sisi unik dan keunggulannya masing-masing! First thing first, di Malaysia kamu nggak bakal bingung dengan pilihan universitas. Bahkan universitas di sana banyak yang unggulan! Pemerintahnya menghabiskan sebagian besar investasi pendidikan tinggi dalam memperkuat kemitraan dengan universitas asing. Jangan heran kalau kamu melihat beragam kampus cabang internasional dari universitas-universitas top luar negeri. Mulai dari Le Cordon Bleu Malaysia, Monash University Malaysia, Swinburne University Malaysia, sampai The University of Nottingham Malaysia. Wih… upperboard semua!

Terlebih, keunggulan Malaysia nggak hanya sampai disitu lho. Masih ada hal lain yang bisa kamu temukan dan nikmati saat menjadi pelajar disana! Agar lebih paham, berikut ini beberapa poin menariknya Malaysia sebagai pilihan destinasi studi:

1. Bidang Studi yang Beragam

No more dilemma! Berbekal visa pelajar Malaysia dan seluruh kelengkapan persyaratan studi, kamu bisa mendaftar di universitas tujuan dan bebas memilih program studi impianmu. Universitas-universitas di Malaysia banyak yang menawarkan bidang studi bervariasi. Jurusan terbaru, unik, eksistensinya jarang terdengar, sampai yang inovatif—semuanya ada! Kamu tertarik dengan Cyber Security, Actuarial Studies, Jewellery Design, atau Human Development? Disini bisa kamu temukan dengan akreditasi yang sangat baik!

2. Presentasi dengan Bahasa Inggris

visa pelajar malaysia

Sumber: Unsplash

Presentasi adalah salah satu bagian dari perkuliahan yang akan kamu hadapi. Ada beberapa mata kuliah di Malaysia yang mewajibkan siswa untuk melakukan presentasi di kelas. Namanya juga sudah ‘berstandar internasional’, perkuliahan di sana tentu kebanyakan menggunakan Bahasa Inggris. Tetapi kamu nggak perlu khawatir. Siapkan perbekalan dengan menguasai bahasa tersebut sebelum masa studi dimulai agar proses belajar dan berkomunikasi bisa lancar!

3. Penerapan ‘Online-based’

Negara maju akan selalu terdepan dalam mengikuti inovasi seiring berkembangnya zaman. Seperti halnya Malaysia, negara ini memiliki kemajuan teknologi dan penerapannya meluas. Aspek pendidikan adalah salah satunya yang nggak terlewatkan. Sudah banyak universitas Malaysia yang menerapkan sistem online dalam menyampaikan berbagai informasi terkait kegiatan belajar mengajar. Mulai dari perkuliahan, penugasan, hasil ujian, administrasi perkuliahan, dan lainnya. Cara modern ini jadi membuat perkuliahan mu fleksibel dan mudah bukan? 

4. Teman dan Koneksi dari Berbagai Negara

visa pelajar malaysia

Sumber: Unsplash

Ketemu teman dari berbagai negara? Itu dia salah satu serunya kuliah di luar negeri. Kamu jadi berkesempatan membangun relasi dengan teman internasional. Mereka bisa kamu temukan saat di kelas, organisasi, komunitas, bahkan hingga dormitory tempat tinggalmu. Membangun relasi bersama teman baru merupakan  hal yang berdampak positif dalam koneksi mu kedepannya. Kamu bisa belajar bersama, beraktivitas, dan bahkan melakukan proyek bersama. Mana tahu kan kalau ternyata teman baru ini bisa mengantarmu ke jendela industri dan karir yang luas setelah lulus nanti?

5. Eksplorasi

Yup, kamu berkesempatan mengeksplorasi Malaysia dengan seluruh keindahannya. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan yang satu ini! Di Malaysia ada beragam sudut dan tempat wisata yang unik. Kamu bisa mengunjungi Menara Kembar Petronas yang ikonik, cafe ngopi bergaya retro, Bukit Bintang, sampai Kuil Kek Lok Si yang unik dengan ribuan patung Buddha. Seru banget kan kalau kuliah di Malaysia tetapi bisa dimaksimalkan dengan berjalan-jalan melihat hal baru yang berbeda? Kamu pun bisa mengetahui cerita atau mempelajari sejarah dibaliknya.

6. Jadi Hidup Mandiri

Sumber: Freepik

Berkuliah di luar negeri membuatmu harus belajar hidup mandiri karena mengerjakan dan mengatasi apapun secara sendiri. Mulai dari membersihkan tempat tinggal, memasak, dan aktivitas rumah lainnya. Sama halnya saat di kampus—kamu harus tahu kapan tugas perlu diselesaikan, inisiatif mencari referensi sendiri, dan berani berkomunikasi dengan teman baru yang kamu temui. Awalnya mungkin terasa berat dan menantang, tetapi seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa karena proses adaptasi. Harus bangga lho dengan situasi ini! Kamu terbentuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab atas dirimu dan yang lain—mampu mengatasi hal dengan kesungguhan.

7. Biaya yang Ramah di Kantong

Selamat! Kamu harus tahu kalau biaya kuliah beberapa universitas Malaysia termasuk swasta bisa lebih murah dimana kamu tetap mendapatkan pendidikan berkualitas plus fasilitas yang jauh lebih baik. Selain itu, biaya makan di sana sangat bersahabat. Untuk makan di warung India kamu hanya perlu merogoh kocek belasan ribu saja dan itu sudah mengenyangkan. Kamu akan mendapatkan paket lengkap alias nasi, lauk yang lezat, dan minum.

Biaya hidupnya juga gak jauh berbeda dengan kota besar yang ada di Indonesia. Rata-rata biaya yang akan kamu keluarkan berkisar antara RM 16,000 hingga RM 21,000 per tahun tergantung dengan gaya hidup masing-masing. Anggaran ini sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, buku dan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi, serta biaya pribadi. 

Untuk tempat tinggal, kamu bisa memanfaatkan asrama kampus. Harganya jauh lebih terjangkau, titik lokasi strategis karena terletak di area kampus, serta menyajikan fasilitas penunjang studi yang bisa kamu pergunakan. Namun, jika ingin memiliki privasi lebih, kamu boleh saja memutuskan untuk menyewa apartemen kecil atau flat dengan harga yang murah.

 

See? Menarik banget kan kalau kamu kuliah di negara ini! Pendidikan internasional, harganya terjangkau, udah gitu lokasinya dekat pula! Eittss.. satu hal penting terakhir. Meskipun lokasinya dekat, kamu tetap memerlukan visa pelajar Malaysia ya teman-teman! Sebagai pelajar internasional dari Indonesia, kamu perlu mengajukan single entry visa di Konsulat Malaysia di Indonesia. Sesuai dengan peraturan terbaru dari Departemen Pendidikan Malaysia per bulan Januari 2014, singkatnya kamu yang mendaftar kuliah di universitas di Malaysia wajib memiliki paspor, asuransi kesehatan, mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia, memiliki kartu pelajar, dan surat penerimaan masuk dari universitas sebelum dapat mengajukan permohonan visa tersebut. 

Setelah mendapatkan persetujuan, kamu akan langsung mendapatkan visa on arrival di bagian imigrasi bandara Malaysia. Pihak universitas akan mengurus aplikasi Student Pass Application dan harus sudah disetujui sebelum tiba di Malaysia. Student Pass ini merupakan tiket masuk sebagai pelajar. Jangan lupa untuk membawa dokumen permohonan Student Pass yang disetujui serta surat penerimaan masuk dari universitas ya. Pihak universitas akan membantu kamu dalam penerbitan Student Card di Departemen Imigrasi dengan nama i-Kad dan masih harus mewakili mu dalam menandatangani Personal Bond (semacam surat tanggungan). Setelah itu, congratulations! Kamu sudah bisa deh menikmati hari-hari pertama sebagai pelajar internasional di Malaysia.

Bagaimana? Kamu siap?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.