SCGH Atasi Tantangan Kesehatan Global
18 Mei 2018
Enam Langkah dalam Memilih Sekolah Pascasarjana
20 Mei 2018

7 Tips untuk Traveling Selama Bulan Puasa

MILAN ITALY - MAY 15: Two muslim woman walking in the street on May 15 2015

7 Tips untuk Traveling Selama Bulan Puasa

Bepergian di musim liburan sekolah adalah hal yang ditunggu-tunggu, kesempatan untuk melepaskan penat setelah bersekolah selama satu (1) semester terakhir. Namun, musim liburan sekolah tahun ini bersamaan dengan bulan suci Ramadan. Maka dari itu, kamu yang menjalankan ibadah puasa tentunya harus pandai menjaga agar kamu tetap bisa menikmati perjalanan liburan meski berpuasa. Berikut ini adalah 7 Tips untuk Traveling Selama Bulan Puasa :


muslim travel

  1. Pilihlah tempat tujuan wisata yang sesuai, tidak terlalu rumit. Sebisa mungkin juga hindari perjalanan jauh yang melelahkan karena dapat membuat fisik lelah sehingga beresiko membatalkan puasa. Kamu dapat mempertimbangkan bepergian ke kota atau negara yang dekat dari kota tempat kamu tinggal. Hindari wisata ke gunung dan pantai yang terlalu ekstrim.
  2. Rencanakan agenda perjalanan dengan cermat. Usahakan untuk tidak membuat agenda yang terlalu padat dan hindari bepergian di luar ruang pada jam-jam ‘kritis’ yaitu pada saat cuaca panas (tengah hari) dan menjelang waktu berbuka (sore hari). Perhatikan pilihan transportasi antar daerah wisata yang nyaman sehingga kamu tidak harus lelah berjalan kaki.
  3. Sediakan tas bawaan yang pas. Ada beragam pilihan tas yaitu koper besar, koper kecil, tas tangan, tas punggung dan lain-lain. Dengan memilih tas yang ringan atau beroda yang dapat ditarik dapat mengurangi beban, kamu dapat menghemat tenaga sehingga tidak cepat lapar atau haus.
  4. Gunakan payung. Payung berguna untuk menangkal hujan dan menangkal matahari juga. Dengan menggunakan payung di bawah matahari, dapat mengurangi cairan tubuh yang menguap.
  5. Sedia coklat, biskuit atau permen dalam tas. Bisa digunakan sebagai ta’jil darurat kamu di jalan ketika waktu berbuka puasa telah tiba.
  6. Berbuka dengan yang manis dan berkualitas. Dengan memilih minuman atau makanan yang manis alami dan berkualitas seperti madu, jus buah dan kurma, kamu akan tetap fit dan terus menikmati liburanmu.
  7. Makan secukupnya ketika berbuka. Makan berlebih dapat menyebabkan kantuk serta memicu rasa lapar lebih cepat ketika sedang bepergian.

Itulah tips melakukan bepergian ketika bulan puasa. Akhir kata, SUN Education mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bagi teman-teman yang menjalaninya. (DAS)

Comments are closed.

Chat di WhatsApp