Belajar Mengenai Cell Molecular Biology di Glasgow Caledonian University
Belajar Mengenai Cell Molecular Biology di Glasgow Caledonian University
21 Januari 2016
Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri
Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri
22 Januari 2016

8 cara yang sangat mudah untuk mengalahkan stres selama kuliah

Delapan Cara Untuk Mengalahkan Stres Selama Kuliah

Delapan Cara Untuk Mengalahkan Stres Selama Kuliah

Sebuah survei yang diadakan oleh Nightline Association pada tahun 2013 menemukan bahwa 65% mahasiswa mengalami stres ketika kuliah. Belajar terlalu keras dan terlalu khawatir dengan nilai dapat menyebabkan kamu putus asa. Kabar baiknya adalah kamu bisa memiliki hidup yang bebas dari stres. Delapan Cara Untuk Mengalahkan Stres Selama Kuliah :

  1. Figure 1. Makanan sehat atas stres. Gambar: Sofy.com.ng

    Pilih menu makanan yang bervariasi dan sehat

Sangat penting untuk makan banyak buah-buahan dan makanan yang segar. Minum jus yang mengandung vitamin C, seperti jus jeruk karena baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu sehingga dapat membantu mengatasi stres.

  1. Berolahraga

Olahraga membantu tubuh kamu memproduksi endorfin, hormon yang membuat kamu merasa lebih baik. Bergabung dengan klub olahraga universitas dan berinteraksi dengan orang lain akan membantu meningkatkan suasana hatimu. Cobalah juga kelas yoga atau Zumba, rasanya sangat menyenangkan dan membantu pikiranmu menjadi santai.

  1. Figure 2. Keuntungan meditasi. Gambar: Wondergressive.com

    Meditasi

Duduk diam selama 10 menit sehari dapat benar-benar membantu menurunkan tingkat stres. Teknik pernapasan yang baik dapat membantu kamu lebih santai karena dapat melancarkan oksigen dalam aliran darah kamu, membantumu untuk menenangkan diri dan menghilangkan stres.

  1. Beristirahatlah secara teratur

Pakailah kaus longgar kesukaanmu, habiskan berjam-jam menonton Netflix dan jauhkan segala hal tentang kuliah khusus untuk hari ini. Beristirahat selama satu hari akan membantumu memikirkan banyak hal tanpa gangguan apapun.

  1. Tidur (dan jauhi semua media sosial)

Tidur selalu menjadi obat yang baik. Tidur siang singkat terbukti sangat efektif dalam membantu peningkatan produktivitas. Tidak ada gunanya memaksa diri untuk terus membaca ketika kamu tidak mampu berkonsentrasi lagi. Cobalah untuk menjauh dari media sosial ketika kamu sedang beristirahat.

  1. Figure 3. Cari tempat yang nyaman. Gambar: simpleintuition.com

    Ganti lingkungan belajar kamu

Lelah belajar di perpustakaan? Bosan dengan pemandangan universitas? Apakah tempat belajarmu di taman terlalu berisik? Ambil laptopmu, naik bus dan carilah sebuah kafe yang nyaman untuk belajar.

  1. Beri hadiah untuk diri kamu setelah menyelesaikan tugas

Menghadapi banyak deadline di waktu yang bersamaan dapat membuatmu stress. Memberi hadiah untuk dirimu sendiri setelah menyelesaikan tugas berat adalah cara yang bagus agar kamu merasa dihargai. Tidak harus mahal, bisa dengan menghadiahi diri sendiri sekotak coklat atau potongan rambut.

  1. Gaya Hidup-Atasi Stres - Tertawalah 4

    Figure 4. Tertawa itu sehat. Gambar: Myfbm.com

    Tertawa

Banyak orang mengatakan bahwa tertawa adalah obat terbaik. Dengan tertawa keras-keras, dapat meningkatkan oksigen dan aliran darah yang secara otomatis mengurangi stres. Jadi, tontonlah serial komedi, bergaul dengan teman-teman baikmu, atau lakukanlah apapun yang membuatmu bahagia.

Menjalani hidup dengan santai dapat membantumu untuk hidup lebih baik dan mudah. Luangkanlah waktu untuk diri sendiri dan beristirahat. Sebagai mahasiswa, sudah saatnya kamu menerima bahwa kamu sebenarnya dapat mencapai banyak hal dalam kuliah tanpa harus merasa stres.

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!