contoh personal statement scholarship
Contoh Personal Statement yang ‘Menyentuh’ untuk Kamu Pencari Scholarship!
6 Mei 2021
kehidupan di kanada
Kehidupan Seru di Kanada Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Internasional!
6 Mei 2021

Kuliah Sambil ‘Jalan-jalan’? Yuk Cari Tahu Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Pariwisata!

apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

Sumber: Freepik

Perkembangan industri pariwisata selalu terlihat—bahkan di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Peningkatan kebutuhan akan para profesional berbakat dan popularitas bidang akhirnya memikat para pelajar yang tertarik untuk menyelami pendidikan dalam jurusan Pariwisata tersebut. Berbicara tentang perkuliahan jurusan Pariwisata, mungkin kamu sempat berpikir bahwa ‘jalan-jalan’ adalah hal yang akan sering kamu lakukan saat studi nanti. Well, salah satu kegiatan tersebut tentu ada. Namun sebenarnya, apa saja yang dipelajari di jurusan Pariwisata

apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

Sumber: Unsplash

Inilah kenyataan sesungguhnya yang akan kamu hadapi saat berkuliah dalam jurusan tersebut. ‘Jalan-jalan’ adalah bonus menyenangkan, selebihnya kamu akan mempelajari berbagai macam hal esensial lainnya! Mulai dari belajar bahasa, cara me-manage sesuatu, budaya, hingga ilmu pariwisata yang sifatnya luas dan banyak cabangnya. Nah, agar lebih siap memasuki dunia perkuliahan nanti, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan Pariwisata. Berikut ini beberapa pelajaran yang bakalan kamu temukan mulai dari tahun pertama hingga tahun terakhir:

1. Statistik Pariwisata

Dalam mata kuliah ini kamu bakal berhadapan dengan hitung-menghitung angka! Mulai dari menghitung jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata, prediksi demografi, hingga psikografi. Kamu akan belajar bagaimana carana membuat kebijakan pada suatu objek wisata.

2. ‘Tourism Behaviour’

apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

Sumber: Freepik

Yes, kamu bakalan belajar psikologi. Kurang lebih, kamu akan mendalami seperti apa perilaku wisatawan, apa yang mereka sukai, mood dan preferensi mereka, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa berguna untuk mengetahui tingkat kepuasan mereka hingga kepentingan indikator kualitas sebuah objek wisata.

3. Ekonomi Pariwisata

Yup, dalam jurusan Pariwisata, kamu akan ‘berteman’ dengan mata kuliah satu ini. Kamu akan ‘mengulik’ dan menganalisis dampak pariwisata suatu destinasi, baik itu secara mikro maupun makro.

4. ‘Tourism Law’

apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

Sumber: Freepik

Cukup nano-nano dan beragam bukan? Kamu juga harus menghadapi pelajaran mengenai hukum. Kamu akan belajar seperti apa aturannya dalam membangun dan menjalankan objek wisata, restoran, hotel, serta usaha pariwisata lainnya.

5. Ekowisata

Ekowisata! Salah satu mata kuliah yang termasuk seru loh. Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan istilah yang sudah lama menjamur ini! Penting sekali untuk meneruskan sesuatu yang bersifat sustainable di masa sekarang. Dalam ekowisata kamu akan mempelajari cara pengembangan pariwisata yang berlandaskan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam.

6. Pariwisata Budaya

apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata

Sumber: Unsplash

Tentu saja budaya akan menjadi pelajaran yang nggak akan lepas dalam studi Pariwisata karena hubungan dekatnya! Kamu akan belajar bagaimana mengembangkan pariwisata dengan memperhatikan kearifan budaya lokal. Dijamin dalam mata kuliah budaya kamu bakal menemukan berbagai macam hal baru yang super menarik.

7. Geografi Pariwisata

Kamu cukup banyak menghadapi Ilmu Pengetahuan Sosial saat kuliah di jurusan ini. Kamu akan belajar geografi pariwisata dimana didalamnya membahas mengenai pemetaan potensi wisata, lokasi, daerah, provinsi, hingga nasional.

8. Bahasa Asing

Sumber: Freepik

Pastinyaaa! Kemampuan bahasa asing ini penting karena kamu akan berkomunikasi dengan berbagai orang dari latar budaya serta bahasa yang berbeda. Baik itu saat kuliah maupun ketika sudah terjun ke dunia industri. Kamu akan belajar bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, serta bahkan Perancis.

So, dengan pertanyaan ‘apa saja sih yang dipelajari di jurusan Pariwisata’, beberapa mata kuliah diatas dapat menjawab kurang lebihnya! Kamu memang akan berkesempatan mengunjungi berbagai tempat menarik dalam beberapa kegiatan kunjungan, supervisi, ataupun manajemen (hooray jalan-jalan!). Namun tetap dibalik itu semua, ada banyak hal mendasar dan penting yang harus kamu pelajari karena luasnya jangkauan bidang pariwisata itu sendiri!

Sumber: Freepik

Selain itu, sebelum memilih jurusan Pariwisata pastikan kamu memang senang ataupun tertarik dalam berkomunikasi dan juga eksplorasi ya! Untuk melancarkan komunikasi bahasa inggrismu, tidak ada salahnya kamu mencoba toefl preparation online. Hal ini akan berguna karena saat terjun dalam pendidikan Pariwisata kamu harus mampu mencari tahu destinasi wisata yang tepat, mempelajari budaya, belajar manajemen, hingga kemampuan berkomunikasi saat berhadapan dengan banyak pihak maupun wisatawan. 

Sementara untuk prospek pekerjaan dalam bidang Pariwisata, jangan khawatir! Peluangnya sangatlah luas dan bervariasi. Kamu bisa bekerja sebagai pemandu wisata, hotelier, pengusaha hotel maupun penginapan, event organizer, dan masih banyak lagi. Pilih yang kamu senangi dan sesuai dengan karakter serta kemampuanmu. Dengan begitu, nanti kamu bisa mengaplikasikan yang telah dipelajari dengan baik sekaligus meningkatkan skill dalam industri kerja secara maksimal!

Bagaimana?

Apa kamu sudah siap mencoba terjun dalam bidang studi Pariwisata?

Tetap semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.