Belajar Bisnis Internasional Terbaik di University of South Carolina
Belajar Bisnis Internasional Terbaik di University of South Carolina
20 Maret 2018
Tips Masuk Universitas Unggulan USA dari Lulusan MIT
22 Maret 2018

Belajar Masak Cuisine dan Patisserie di Le Cordon Bleu Culinary Festival 2018

Para peserta mendapat bimbingan darichef Sylvain saat memasak menu. Photo/Doc. SUN

Bekerja sama dengan SUN Education, Le Cordon Bleu (LCB) kembali mengadakan LCB Culinary Festival pada Sabtu, 10 Maret 2018 di Modena Experience Centre, Jakarta dan Minggu, 11 Maret 2018 di Almond Zucchini Cooking Studio. LCB dikenal sebagai institusi dengan reputasi yang unggul di bidang kuliner dan perhotelan.

Melalui acara yang diadakan ketiga kalinya ini,  anak-anak muda yang tertarik di bidang kuliner berkesempatan mendapat pengalaman langsung memasak cuisine dan patisserie dari para chef ahli.  Mereka adalah chef Sylvain dan chef Thierry yang juga merupakan pengajar di LCB Malaysia.

Di hari pertama, workshop dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi Cuisine yang diajarkan langsung oleh chef Sylvain dan sesi Patisserie diajari oleh Chef Thierry. Dari dua sesi, total 75 peserta dari SMA sampai universitas mengikuti kegiatan ini.

 

Keseruan Sesi Cuisine di LCB Culinary Festival 2018

Dihadiri oleh 38 peserta, sesi Cuisine berlangsung seru bersama chef Sylvain.  Pertama, ia menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak cuisine kepada peserta. Menu yang dimasak adalah ikan trout (sejenis salmon) dengan emulsi susu kedelai, bit kacang polong hijau dan wortel dengan white wine sauce.

Chef Sylvain mengajar para peserta secara rinci dari segi tekniknya. Mulai dari memotong ikan, membuat garnish, memasak white wine sauce, sampai teknik plating yang estetis.

 

Chef Sylvain sedang mempersiapkan ikan trout untuk dimasak. Photo/Doc. SUN

 

Chef Sylvain sedang mempercantik menu utama. Photo/Doc. SUN

“Yang paling terpenting dalam menyajikan makanan adalah menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. Opini kita terhadap makanan memang penting, tapi tetap sesuaikan dengan selera pelanggan,” ujar Chef Sylvain di sela-sela workshop.

Seusai chef Sylvain mendemonstrasikan masakan tersebut, peserta diberi kesempatan untuk mencicipi makanan yang dibuat oleh chef Sylvain. Selanjutnya, giliran peserta menunjukkan kemampuan mereka dengan mempraktekkan seluruh teknik yang telah diajari dalam sesi demo di station masing-masing.

LCB Culinary Festival 2018

Tampilan akhir menu cuisine ikan trout dengan emulsi susu kacang kedelai, bit kacang polong hijau dan wortel dengan saus white wine sauce. Photo/Doc. SUN

Peserta dibagi ke dalam 10 kelompok untuk memasak menu serupa. Dari hasil masakan yang dibuat peserta, chef Sylvain memberi penilaian pada beberapa kategori, yaitu kedisiplinan waktu, kerapihan kerja, kebersihan station, dan hasil plating masakan.

Keseruan para peserta saat memasak menu cuisine bersama chef Sylvain. Photo/Doc. SUN

Para peserta pun memasak menu dengan antusias. Berikut kelompok yang meraih juara 1, 2, dan 3:

Juara 1 Sesi Cuisine. Photo/Doc. SUN

 

Juara 2 Sesi Cuisine. Photo/Doc. SUN

 

Juara 3 Sesi Cuisine. Photo/Doc. SUN

Sebagai anggota dari kelompok pemenang juara satu di sesi Cuisine, Henri ikut mengekspresikan kesenangannya mengikuti acara ini.

“Gak nyangka aja ternyata masak tuh begini (seru). Waktu memasak menu awalnya bingung mau ngapain, karena udah lupa. Tapi akhirnya kerja sama dengan yang lain juga,” ucap mahasiswa Universitas Atmajaya jurusan Teknik Industri ini.

Belajar Mendesain Patisserie di LCB Culinary Festival 2018

Sebanyak 37 peserta berpartisipasi untuk mempelajari cara membuat patisserie. Kali ini, menu yang diajarkan Chef Thierry adalah Tartlets dengan tropical cremeux, raspberry fruit gelee, dan macaroon di sisinya.

Chef Thierry mempraktekkan pembuatan agar-agar Raspberry, cremeux buah tropis, dan adonan lemon macaroon. Semua dilakukannya dengan cekatan, telaten, dan terampil, karena hidangan patisserie harus terlihat menarik.

Chef Thierry sedang membuat adonan lemon macaroon. Photo/Doc. SUN

“Setiap orang bisa membuat patisserie yang bagus. Untuk sampai ke situ, Anda harus terus berlatih dan berlatih,” pesan Chef Thierry kepada para peserta.

Setelah seluruh bahan masakan siap disajikan, Chef Thierry mempraktekkan cara plating macaroon agar terlihat cantik.

Chef Thierry membuat sketsa di piring untuk memberi gambaran pada peserta tampilan menu nanti. Photo/Doc. SUN

 

Chef Thierry memberikan sentuhan akhir menu dengan agar-agar raspberry. Photo/Doc. SUN

 

Hasil plating dari Chef Thierry untuk menu Tartlets dengan tropical cremeux, raspberry fruit gelee, dan macaroon di sampingnya. Photo/Doc. SUN

 

Selanjutnya, peserta mempraktekkan cara membuat tartlets sesuai dengan yang diajarkan oleh chef Thierry. Para peserta menunjukkan kebolehannya dalam menata tartlets menjadi cantik.

Chef Evelyn memberikan arahan kepada peserta. Photo/Doc. SUN

 

Para peserta sedang asyik menghias tartlets agar lebih cantik. Photo/Doc. SUN

Terdapat tiga kelompok juga yang menjuarai sesi patisserie. Berikut pemenangnya:

Juara 1 di sesi Patisserie. Photo/Doc. SUN

 

Juara 2 di sesi Patisserie. Photo/Doc. SUN

 

Juara 3 di sesi Patisserie. Photo/Doc. SUN

Salah satu peserta dari kelompok juara satu, Shavira, sangat antusias dengan workshop ini. Mahasiswa Universitas Padjadjaran jurusan Sastra Rusia ini sangat tertarik dengan pastry.

“Aku memang suka pastry. Soalnya memang dulu aku SMK jurusan masak. Kesannya setelah mengikuti workshop seru kok. Coba aku lebih tau dari dulu, aku pasti sudah ikutan.”

 

Private Mentoring Session

Dalam sesi private mentoring di hari kedua LCB Culinary Festival 2018, para peserta mendapatkan hands-on experience langsung dari chef Thierry dan Sylvain. Kegiatan dimulai dari mempersiapkan dinner dengan 10 meal course, beberapa di antaranya tropical tartlets, ikan laut trout dan lobak, mustard dan chive macaroon diisi dengan bebek asap dan foie gras, krim labu dan kerang goreng, daging sapi tiram yang direbus, dan lainnya.

Suasana kelas Private Mentoring di LCB Culinary Festival 2018. Photo/Doc. SUN

Tak hanya belajar memasak, para peserta juga diajarkan cara menyajikannya. Sesudah itu, menu makanan yang sudah dibuat diberikan untuk orangtua masing-masing peserta. Seluruh kegiatan memasak berlangsung menyenangkan.

Giliran orangtua dan sanak keluarga dari para peserta mencoba sajian yang telah dimasak mereka. Photo/Doc. SUN

Untuk informasi mengenai LCB, hubungi konselor kami di kantor SUN Education terdekat atau kunjungi SUN Course Navigation untuk mendapatkan informasi mengenai program-program yang ditawarkan oleh LCB. (SJV)

Tinggalkan Balasan