LoA adalah
Tips Dapat Letter of Acceptance dari Universitas Impian
14 November 2022
sejarah prancis
Sejarah Prancis Dan Fakta Unik Yang Wajib Kamu Tahu!
16 November 2022

Daripada Kamu Bingung Cek Cara Menentukan Jurusan Kuliah, Dijamin Anti Nyesel!

cara menentukan jurusan kuliah

14 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah Pilih

Cara menentukan jurusan kuliah sangat penting, apalagi buat kamu yang mau melanjutkan studi di luar negeri. Pasalnya nggak sedikit orang yang menghadapi kesulitan saat memilih jurusan kuliah mereka dan malah akhirnya salah pilih.

Alasannya karena mereka tidak mengetahui bidang studi apa yang cocok bagi mereka, kemudian kebanyakan para siswa juga tidak tahu konsekuensinya sangat berpengaruh pada masa depan mereka jika salah pilih.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Tahu nggak? kalau kamu salah memilih, bahkan semester 2 saja kamu bisa langsung cabut! Ngeri banget, kan?

Salah langkah sedikit saja, bisa fatal! Entah itu kamu jadi nggak semangat menjalani perkuliahan, bingung mau lulus ngapain sampai mengetahui kenyataan bahwa lapangan pekerjaan yang tersedia terbatas. What a nightmare!

Nggak sembarangan, bahkan sudah ada penelitian dari seorang Psikolog Pendidikan yang menyatakan ada 87% mahasiswa di Indonesia yang merasa salah jurusan.

That’s why, sebelum kamu lulus SMA sekalipun, kamu harus mengetahui jurusan kuliah yang cocok jika ingin melanjutkan studi. Dengan begitu, selama studi tingkat lanjut nanti, kamu bakal enjoy setiap prosesnya dan setelah lulus bisa berkarir di bidang yang kamu sukai. 

1. Mengikuti tes kepribadian MBTI

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mengetahui jurusan kuliah yang cocok adalah dengan mengikut test kepribadian bernama MBTI.

Dengan mengikuti tes kepribadian ini, kamu bisa mengetahui jurusan kuliah yang cocok dengan mu. Dari mengetahui kepribadianmu, kamu bisa menentukan jurusan kuliah apa yang cocok serta sesuai dengan minat dan bakatmu.

Misalnya, untuk kamu yang memiliki kepribadian INTJ yang merupakan introvert, kamu cocok memilih jurusan Ilmu Komputer.  Sedangkan ENTJ yang memiliki kepribadian ekstrovert yang kompetitif dan fokus, kamu bisa memilih jurusan kuliah di bidang marketing atau sales.

BACA JUGA: Jangan Bingung! Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

2. Ketahui Minat Dan Bakat

cara menentukan jurusan kuliah yang terbaik

Saat kamu menghadapi begitu banyak pilihan, desakan orang tua, bahkan gejolak dalam diri, tentunya akan semakin sulit memilih jurusan kuliah yang cocok. Setelah mengikuti tes MBTI, kamu pasti setidaknya akan punya sedikit gambaran mengenai minat dan bakat yang kamu miliki.

Walaupun begitu sebenarnya, cara mengetahui jurusan kuliah terbaik ialah kembali lagi pada dirimu. Lihatlah dari dalam dirimu, apa bakat yang kamu miliki, dan minat dalam dirimu. Pasalnya alat tes kepribadian hanya membantu kamu menemukan potensi tersembunyi saja, dan tidak bisa menjadi acuan tetap.

Minat dan passion adalah hal penting pertama yang perlu dirimu ketahui sebelum menentukan jurusan kuliah. Jika kamu paham akan kemampuanmu dan hal yang membuatmu terus semangat dalam mengerjakannya. Maka pastinya kamu bisa lebih fokus dan memaksimalkan performa studimu saat kuliah nanti.

Percaya deh, kuliah sesuai minat dan passion akan membuatmu jauh berkembang lebih pesat saat kuliah dan bahkan saat memasuki dunia kerja di masa yang akan datang!

Saat menjalankan sesuatu sesuai minat dan bakat juga akan membantu kelangsungan perkuliahanmu. Dijamin kamu akan enjoy bahkan di saat menemukan tantangan sekali pun, dijamin bisa melewatinya.

Bagaimana tahu bakat dan minat yang dimiliki? Ada rangkaian tes yang bisa kamu ikuti untuk menemukan minat dan bakat terpendam yang kamu miliki.

BACA JUGA: Gali Bareng 4 Alasan Perlu Memilih Jurusan Sosiologi

3. Menyadari kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Di dalam diri semua orang pasti ada yang namanya kelebihan dan kekurangan. Nah, kamu harus menyadari apa saja  yang menjadi kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

Dalam langkah menentukan jurusan kuliah yang selanjutnya ini, kamu bisa memanfaatkan kelebihan pada dirimu untuk memastikan jurusan kuliah mana yang tepat dan sesuai. Makanya tes kepribadian yang sebelumnya di lakukan agar mengetahui sedikit gambaran dari kelebihan kekuranganmu.

Misalkan kalau dirimu seorang yang supel dan jago bergaul, maka kamu bisa mengetahui bahwa ilmu komunikasi bisa jadi pilihan tepat!

Nggak cuma kelebihan, kamu harus menyadari kekurangan yang kamu punya. Misalnya, kamu kurang bisa hitung-hitungan, maka jangan mengambil jurusan ilmu sains atau matematika yang banyak hitungannya. Lebih baik kamu mengetahui untuk ambil ilmu sosial atau hukum, apalagi jika kamu lebih kuat di hafalan.

Baca juga: Ternyata ini 5 Alasan Mahasiswa Internasional Memilih Jurusan Bisnis!

4. Riset dalam Mencari Jurusan

Selanjutnya adalah kamu harus melakukan riset. Buatlah daftar beberapa jurusan kuliah yang menarik minatmu atau sekiranya yang paling mendekati untuk mengetahui mana yang cocok. Pertimbangkan setiap pilihan yang ada dalam daftar dan review sampai tersisa jurusan kuliah yang cocok sesuai dengan preferensi mu.

Misalkan kamu bisa membuat 5 daftar pilihan jurusan kuliah untuk riset lagi kedepannya. Ingat langkah sebelumnya juga ya!

5. Prospek kerja masa depan, bagaimana?

Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok

Cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok berikutnya adalah dengan mempertimbangkan peluang kerja di masa depan setelah nanti lulus. Sebelum mencari pilihannya, Kamu harus mempertanyakan dulu beberapa hal ini

  • Apa tujuan kamu setelah lulus?
  • Apa tujuan karimu?
  • Pilihan tempat Kerja di mana aja?
  • Apakah pekerjaan yang kamu inginkan masih ada prospek di masa depan?
  • Apa motivasimu menjalani karir yang kamu pilih?
  • Dan segudang pertanyaan lainnya dalam mengetahui jurusan kuliah yang cocok dan tepat.

Jangan hanya mempertimbangkan besaran angka gaji aja! Pasalnya Gaji besar belum tentu memberikanmu kenyamanan dan kebahagiaan saat kamu menjalani karir yang kamu pilih.

Lagipula yang namanya gaji akan berkembang seiring dengan waktu, kemampuan dan pengalaman yang kamu punya. Jadi jangan asal mengambil suatu jurusan kuliah, kamu harus pikirkan matang-matang lagi, ya!

BACA JUGA: Alasan Memilih Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya

6. Jangan asal ikut-ikutan yang lain

Ingat, kalau kamu sampai salah memilih jurusan kuliah, maka masa depanmu yang nantinya akan terpengaruh, bukan teman apalagi orang lain.

Makanya, yang namanya memilih jurusan kuliah nggak boleh ikut-ikutan teman. Siapa tahu jurusan yang temanmu pilih nggak cocok dengan kelebihanmu dan juga tidak sejalan  dengan bakat atau minat pada dirimu.

Bisa di pastikan nantinya selama menjalani perkuliahan kamu akan merasa tersiksa. Alasannya karena kamu menjalani perkuliahan yang nggak sesuai dengan keinginan dan kelebihanmu. Belum lagi saat lulus, pasti jadi mimpi buruk saat nanti berkarir di bidang yang nggak kamu sukai, bukan? 

Makanya, selalu ingat kalau masa depanmu adalah tanggung jawabmu. Jangan sampai bela-belain untuk ikut-ikutan teman kamu, yang kemudian menyia-nyiakan masa depanmu.

7. Ketahui Konsekuensi Menentukan Jurusan

Nggak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk semua jurusan perkuliahan terbaik. Meskipun sudah diukur dengan minat dan bakat atau kepribadian, pastinya ada saja konsekuensi dalam mengambil jurusan kuliah tersebut nantinya.

Misalnya, jurusan A sesuai dengan bakatmu, tetapi prospek kerja masa depan nya kurang menarik. Atau sebaliknya, karir di dunia bidang B sangat menjanjikan, tapi kamu kurang berminat pada jurusan kuliah tersebut. Atau bisa saja jurusan kuliah dan pekerjaannya sudah cukup baik dan cocok dengan kamu, tetapi sulit untuk mendapatkan waktu istirahat.

Dari sini kita bisa mengetahui, semua pilihan yang kamu ambil pasti akan ada konsekuensinya dan kekurangannnya. Kembali lagi di kamu, apa kamu sanggup menghadapi konsekuensi dari pilihan jurusan tersebut?

8. Menentukan Universitas

cara menentukan jurusan kuliah

Yup! setelah membuat daftar jurusan yang akan kamu ambil, pastinya ialah menentukan tempat kuliahmu nantinya. Selain tahu jurusan kuliah apa aja yang cocok, maka kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari universitas-universitas yang menyediakan bidang studi itu sendiri.

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah dengan melihat reputasi universitas. Reputasi sebuah universitas dapat menggambarkan kualitas pendidikan yang di berikan.

Mulai dari fasilitas yang diberikan, metode pembelajaran, fleksibilitas melakukan penelitian, sampai dengan tenaga pengajarnya. FYI, ini juga punya pengaruh untuk proses belajarmu nanti maupun prospek kerja kedepannya.

9. Pertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya studi adalah salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan banyak pelajar sebelum yakin melanjutkan kuliah jurusan yang mereka pilih. Apalagi terlebih jika kamu ingin merantau hingga ke negeri luar, maka kamu harus mempertimbangkan biaya kuliah dan juga biaya hidup yang nantinya dikeluarkan.

Biaya kuliah dan hidup setiap universitas dan negara akan berbeda. Pertimbangkan jurusan yang sesuai dengan budget dan juga tentukan jika kamu ingin menggunakan biaya sendiri ataupun beasiswa. Universitas ada yang secara khusus memberikan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa internasional. 

10. Durasi Studi

Setiap program studi yang ditawarkan oleh universitas punya durasi yang berbeda-beda. Sebagai contoh, untuk program Master di Inggris ada yang dapat diselesaikan hanya dalam kurun satu tahun.

Selain itu, Australia dan Amerika juga punya beberapa universitas yang menawarkan program Bachelor dengan durasi dua hingga tiga tahun. Kamu bisa melakukan penyesuaian serta mencari berapa lama kamu ingin menempuh studi di universitas tersebut.

11. Cari Tahu Syarat Masuk Jurusannya

Setiap kali kamu mendaftar kuliah, pastinya akan ada syarat-syarat tertentu yang harus kamu persiapkan, hal ini tidak terkecuali bagi beberapa jurusan kuliah.

Misalnya kalau di universitas A kamu membutuhkan IELTS dengan bobot nilai tertentu, tetapi kamu tidak mempunyai sertifikasi tersebut. Mungkin juga dari syarat nilai yang di butuhkan untuk masuk sangat tinggi. Jadi kamu harus pertimbangkan faktor ini sebelum mengetahui jurusan kuliah yang cocok buatmu.

12.  Pertimbangkan Lokasi Kampus

Lokasi kampus juga bisa menjadi faktor penting bagi kamu yang ingin berkuliah. Jika kamu berkuliah di luar negeri maka pastikan kalau jarak dari tempat tinggal sementara kamu dekat dengan kampus nantinya. Karena akan sangat tidak enak kalau nantinya saat kuliah kamu jadi sering telat masuk kelas, bukan begitu?

13. Jangan Terburu-buru

cara menentukan jurusan kuliah

Setelah kamu sudah melakukan semua langkah di atas, maka jangan langsung menentukan jurusan kuliah secara sepihak. Ambillah waktu untuk merenungkan pilihanmu dengan mempertimbangkan semua faktor yang relevan. Jika perlu, konsultasikan pilihan yang akan kamu ambil dengan keluarga, teman, atau konselor pendidikan seperti SUN Education.

14. Yakinkan Dirimu Sendiri

Jika kamu sudah mempertimbangkan semua nya dengan matang, maka kamu harus bisa meyakinkan hati kecilmu dan melangkah maju mengambil keputusan tersebut. Seringkali para calon mahasiswa sudah cukup yakin dan mantap dengan pilihannya berujung mundur karena merasa ragu dalam hati kecilnya.

Menentukan jurusan kuliah memang tidak mudah, tetapi dengan melakukan beberapa cara yang kami berikan di atas, kamu bisa lebih bijak dalam menentukan. Cara mencari pilihan jurusan yang tepat akan balik kembali pada sesuai dengan minat, bakat, dan tujuan hidup kamu.

Ingatlah bahwa menentukan jurusan kuliah adalah keputusan penting yang akan memengaruhi masa depan kamu, sehingga pilihlah dengan hati-hati dan bijaksana ya.

BACA JUGA: Ternyata Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi, Pantas Jadi Jurusan Favorit!

Konsultasi Cara Menentukan Jurusan Kuliah Kepada Yang Berpengalaman

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Yang Pas

Jika kamu masih bingung cara mengetahui jurusan kuliah, kamu bisa konsultasikan dengan yang berpengalaman, seperti konsultan pendidikan. Apalagi kalau kamu mau mengetahui jurusan kuliah di luar negeri, wajib banget konsultasi ke konsultan pendidikan luar negeri seperti SUN Education!

Dengan pengalaman yang nggak perlu diragukan, SUN Education siap membantu kamu menemukan jurusan terbaik di kampus lintas dunia. Nggak cuma itu, SUN Education juga bisa membantu proses pendaftaran, persiapan bahasa Inggris, persyaratan akademik, permohonan visa pelajar, sampai pencarian akomodasi selama kuliah di luar negeri bisa!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Jika membutuhkan informasi terkini, follow media sosial SUN Education di Instagram, TikTok dan YouTube. Kamu juga bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Download SUN Education Mobile App atau baca SUN E-Guidebook untuk akses informasi lebih mudah dan GRATIS!

Tinggalkan Balasan