syarat masuk teknik sipil
Siap-siap, Ini Dia Syarat Masuk Jurusan Teknik Sipil!
25 Juni 2021
biaya kuliah di monash university malaysia
Kuliah Teknik Unggulan dengan Biaya Terjangkau? Coba di Monash University Malaysia!
27 Juni 2021

Menariknya Kehidupan di Malaysia Sebagai Perantau: Apa Saja Ya?

kehidupan di malaysia

Sumber: Unsplash

Kalau bicara ‘klasifikasi’, wah, pendidikan Malaysia terkenal secara internasional alias sekaliber dengan Inggris, Amerika, Australia, hingga Eropa. Pemerintah disana memang sangat gencar dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Mereka terus maju dan nggak ketinggalan dengan negara lainnya! Kamu bisa lihat kan antusiasme pelajar internasional yang sangat tinggi dengan memilih Malaysia sebagai destinasi studi? Lokasinya yang strategis dari Tanah Air juga jadi menambah nilai plus. Meski terbilang dekat dengan Indonesia, kehidupan di Malaysia sebenarnya menyenangkan banget lho! Ada beberapa hal unik dan berbeda yang bisa kamu temukan saat berkuliah disana.

kehidupan di malaysia

Sumber: Pinterest

Awalnya mungkin kamu akan bertanya-tanya, “Apakah universitas disana punya program yang bagus?” “Apa iya kuliah di Malaysia seru?”. Hmm.. jangan khawatir! Di Malaysia ada berbagai universitas serta program inovatif yang ditawarkan—bahkan beberapa menduduki peringkat terbaik di dunia berdasarkan QS World University Rankings. Spesialnya lagi, pemerintah Malaysia menjalin kerjasama yang kuat dengan universitas asing. Kamu jadi berkesempatan untuk berkuliah di kampus cabang internasional dari universitas top luar negeri! Mulai dari Le Cordon Bleu Malaysia, Monash University Malaysia, Swinburne University Malaysia, sampai The University of Nottingham Malaysia. Yup, kalangan pionir dan teratas semua!

Sementara kehidupan di Malaysia saat kamu merantau kesana? Uuuh, seru banget! Bentuk tatanan kota mungkin hampir mirip dengan Indonesia. Tapi siapa sangka ternyata ada beberapa karakteristik yang lumayan berbeda dengan disini. Semua akan kamu lihat dari orang-orang yang kamu jumpai disana, sistem pembelajaran, sampai tempat ajaib nan keren yang bisa kamu datangi. Penasaran? Beberapa fakta berikut membuktikan keseruan yang bisa kamu temukan dengan berkuliah di Malaysia:

1. Ragam Budaya

Negara ini berisi komunitas yang jumlahnya lebih dari satu ras. Mereka ada yang berasal dari asli Melayu, Cina, India, nggak terkecuali Eropa, hingga masih banyak lainnya. Kebayang kan serunya bisa mengetahui dan mempelajari budaya baru? Saat kembali ke Indonesia, pasti ada yang bisa kamu jadikan kenang-kenangan atau cerita manis untuk dibagikan bersama teman dan keluarga!

2. Pertemanan yang Luas

kehidupan di malaysia

Sumber: Unsplash

Berkaitan dengan poin pertama, pertemanan yang luas bakal jadi salah satu momen yang kamu rasakan dalam kehidupan perantauan di Malaysia. Baik itu di kampus, lingkungan tempat tinggal, atau saat mengunjungi suatu tempat—kamu menjalin pertemanan dengan orang-orang berlatar belakang budaya berbeda. Hal ini dapat memperluas koneksi mu yang sewaktu-waktu bisa bermanfaat kedepannya! Mana tahu kan ada komunitas atau grup yang nantinya mengajak untuk mengerjakan proyek bersama?

3. Penerapan ‘Online-based’

Malaysia sebagai negara maju tentu selalu terdepan dalam mengikuti inovasi. Seperti penerapan kemajuan teknologi yang meluas, aspek pendidikan menjadi salah satu yang nggak terlewatkan. Hampir seluruh universitas Malaysia menerapkan sistem online dalam menyampaikan informasi terkait kegiatan belajar mengajar. Mulai dari perkuliahan, penugasan, hasil ujian, administrasi perkuliahan, dan lainnya. Cara modern ini membuat perkuliahan mu fleksibel dan jadi lebih mudah bukan? 

4. Kuliner Sedap!

kehidupan di malaysia

Sumber: Unsplash

FYI, menu masakan Malaysia mendapatkan pengaruh dari beberapa budaya di dunia. Kelihatannya eksotis dan rasanya cenderung gurih serta pedas. Kuliner tradisional mereka sebagian besar terinspirasi oleh negara-negara tetangga seperti India, Cina, Indonesia, dan Timur Tengah. Komposisinya lebih banyak menggunakan campuran bumbu dan rempah-rempah. Kamu bisa mencoba nasi lemak, mee goreng mamak, wonton, lumpia, nasi kandar, ataupun laksa. Aaah.. dibayangin aja udah bikin ‘ngiler’!

5. Eksplorasi

Setelah mengambil langkah besar berkuliah di luar negeri, tentu jangan sampai melewatkan kesempatan eksplorasi atau jalan-jalan dong! Ayo maksimalkan pengalamanmu di Malaysia. Kamu bisa mengunjungi pantai-pantai indah, pulau untuk snorkeling, hutan hujan tropis yang segar, Menara Kembar Petronas, atau Kuil Kek Lok Si yang historis dengan ribuan patung Buddha. Hehehe.. Seperti travelling atau liburan tipis-tipis ya! Kamu bisa menandai bucket list setelah mengunjungi tempat baru sekaligus mempelajari kisah atau sejarah dibaliknya.

Nah.. itu dia menariknya kehidupan di Malaysia kalau kamu jadi ‘anak rantau’! 

Bagaimana? Sudah siap memilih untuk berkuliah disana?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu

Comments are closed.