Maksimalkan Potensimu Berkarya dan Berkarir Lewat Winchester School of Arts
6 Desember 2017
Siap Terjun di Industri Marketing Online Melalui Program MSc Marketing Analytics
7 Desember 2017

Kiat Jitu Membangun Media “Online” ala Millennials

Kiat jitu membangun media online ala millennials

COO Hipwee Nendra Rengganis / Source: Nah

Kiat Jitu Membangun Media Online ala Millennials

Dewasa ini, membangun media online dan menjadi konten kreator bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi, untuk terus bisa bertahan di dunia bisnis ini dibutuhkan kiat-kiat jitu dalam membangun media online ala millennials.

Pada acara Rumah Millennials: Industri Penyiaran ala Millennials pada Sabtu (21/10/2017), COO Hipwee Nendra Rengganis membagikan tips membangun media online dan konten kreatif untuk kalangan millennials. Hipwee sendiri adalah media online yang kini cukup populer di kalangan anak muda dengan 80 persen kontennya berasal dari 6000 kontributor di media tersebut.  Berikut tips menariknya:

 

Kiat jitu membangun media online ala millennials

COO Hipwee Nendra Rengganis / Sumber: Nah

 

Memahami Jati diri Media yang Mau Dibangun

“Saat teman-teman ingin membangun brand, teman-teman harus bisa membayangkan kalo aku orang, aku itu siapa?,” ucap Nendra. Agar konten (bisa berupa video, gambar, tulisan, dan lainnya) yang dimuat media mengenai sasaran audiens, kita harus bisa memposisikan atau membayangkan konten seperti apa yang dibutuhkan dan bagaimana disampaikan kepada mereka.

 

Membangun Kepercayaan Audiens dengan Performa yang Bagus

Penting untuk kita dapat membangun kepercayaan audiens pada media melalui konten yang diberikan agar audiens tertarik dan bertambah banyak. Ia memberikan bocoran melalui survei ‘kecil-kecilannya’ kalau Generasi Millennials di Indonesia suka dengan konten yang berkaitan dengan psikologi (seperti perasaan, motivasi, dan lainnya) dan financial problem.

Enda juga mengingatkan agar kita jangan gampang terbawa arus atau tren tertentu. Mengikuti tren mungkin saja dapat memancing perhatian audiens. Tapi, akan lebih baik kalau kita mengingat kembali jati diri media kita dan mempertimbangkan apa tren itu sesuai dengan ‘suara’ media kita atau tidak.  “Untuk menjadi seorang konten kreator yang maksimal, kita harus selalu stay true ke suara kita,” pesannya.

 

Jadi Konten Kreator yang Maksimal

Membuat konten yang maksimal untuk audiens dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, jadikan diri sendiri adalah pembaca dengan berpikir ala pola pikir millenials. Selanjutnya, bikin konten semenarik mungkin dan relatable. Konten bisa berbentuk tulisan, infografis, video, dan sebagainya. Enda menambahkan agar setiap ingin membuat konten, kita juga harus memikirkan dampaknya bagi orang lain.

 

Memasarkan/Mengiklankan Konten

“Sejujurnya, bisnis media tidak terlalu menguntungkan, kalau hanya bisnis media,” aku Enda. Yang dimaksudnya adalah faktanya sendiri ketika membangun media, tak cukup hanya memberikan konten, tapi kita juga harus mampu memasarkan konten kita dan meraup keuntungan dari cara yang lain, seperti dari ad-sense, content marketing, kerja sama dengan brand lain, dan sebagainya. (SJV)

 

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!