E-GuideBook_Parent'sStarterPack
Eguidebook SUN 14-30 April 2021
13 April 2021
jurusan kuliah yang menjamin masa depan
Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Dianggap Bisa Menjamin Masa Depan!
15 April 2021

Lancar Kuliah Sambil Kerja di Australia? Simak Tipsnya Disini!

Kerja sambil kuliah di Australia

Sumber: Freepik

Australia adalah salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Pemerintahnya bisa dikatakan sangat gencar dalam meningkatkan kualitas sektor pendidikan. Banyak universitas terkemuka asal Australia berkomitmen tinggi dalam memberikan pengalaman studi terbaik bagi seluruh pelajar lokal maupun internasionalnya. Disamping itu, negara ini juga punya lingkungan suportif, dinamis, dan memberikan kesempatan untuk seluruh para pendatang. Mengingat perantauan di luar negeri bisa memberikan beragam pengalaman, banyak pelajar internasional akhirnya memutuskan untuk kerja sambil kuliah di Australia.

Kerja sambil kuliah di Australia

Sumber: Freepik

Di Australia, negara memperbolehkan mu untuk kuliah sambil bekerja! Eits.. tapi tentu saja dengan ketentuan dan batasan. Pelajar internasional diperbolehkan untuk bekerja part-time selama 40 jam per 2 minggu selama masa kuliah. Besaran gaji yang didapatkan selama kerja sambilan bisa mencapai sekitar AUD 10 – AUD 20 per jam. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk bekerja secara freelance ataupun full-time selama masa liburan. Bahkan, khusus bagi yang lulus dari program Pascasarjana, kamu bisa bekerja selama 2 tahun penuh dengan Post Study Work Visa loh! 

Besar sekali bukan kesempatan untuk kerja sambil kuliah di Australia? Selain bisa menambah ‘pegangan’ atau budget mu saat disana, kesempatan bekerja tentu sangat menambah wawasan dan pengalaman mu! Seluruh pengalaman yang kamu dapatkan saat bekerja bisa menjadi bekal dan modal awal yang mempersiapkanmu di industri kerja nantinya. Nah, biar lebih siap dalam menghadapi dua kegiatan yang berbeda tersebut, yuk simak beberapa tips penting dibawah ini:

Pastikan Bidang Studi dan Pekerjaan Sejalan

Misalnya kamu adalah mahasiswa jurusan desain, kamu bisa memilih pekerjaan yang berhubungan dengan desain. Memilih pekerjaan dalam bidang studi yang kamu tekuni bagaikan simbiosis mutualisme! Dengan kesamaan tersebut, kamu akan terbantu dari sisi pendidikan dan juga pekerjaan. Ilmu yang kamu dapatkan selama berkuliah bisa diaplikasikan saat di tempat kerja⁠—begitu juga saat kamu bekerja, kamu jadi lebih mudah meng-handle pekerjaan karena menguasai materi yang selama ini sudah diserap saat belajar. Dengan kata lain, kamu bisa semakin mengeksplor dirimu saat bekerja karena kamu memahami banyak hal!

Disiplin Membagi Waktu

Kerja sambil kuliah di Australia

Sumber: Freepik

Sebagai pelajar yang menempuh pendidikan tinggi, kamu pasti sering mendapatkan tugas atau kegiatan penting lainnya dari dosen dengan deadline tertentu. Kunci agar bisa membagi waktu, kamu bisa mencicil tugas tersebut menjadi bagian kecil setiap harinya atau mengerjakannya di waktu senggang. Coba untuk hilangkan kebiasaan menunda karena waktu yang kamu miliki nggak banyak. Atur sekian waktu untuk kuliah dan atur sekian waktu untuk pekerjaan. Kalau kuliah beres, kamu bisa menyimpan sisa energimu untuk fokus mengerjakan pekerjaanmu! Bahkan, di sisa waktu yang kamu miliki, kamu jadi punya waktu untuk mengevaluasi tugas kuliah dan pekerjaanmu.

Optimalkan Waktu Luang

Kerja sambil kuliah di Australia boleh-boleh saja kok! Tetapi, ingat diri dan tubuhmu juga ya! Melakukan kedua kegiatan tersebut bisa menguras energi yang kamu miliki. Ambil dan nikmati waktu istirahat sebaik mungkin, namun tetap dengan batas waktu. Lakukan hal yang kamu sukai dan bersifat refreshing, rilekskan badan, atau istirahat agar tubuh dan pikiran kembali segar. Jangan lupa untuk berolahraga, tidur yang cukup, dan mengkonsumsi makanan serta buah-buahan yang sehat untuk tubuh. Kuliah dan kerja lelahnya bukan main, kan? Jadi, sayangilah badanmu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.