Alumni LaSalle College Vancouver Berkontribusi Pada Tim Pemenang Oscar dan Nominasi VFX
7 Maret 2018
Dukungan Pemerintah Kanada untuk Siswa Internasional
9 Maret 2018

4 Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital

4 Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital

4 Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital. Pengguna internet paling banyak di Indonesia adalah generasi muda yang termasuk dalam Generasi Millennials (lahir di rentang tahun 1980an-2000). Berdasarkan survei terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016, pada kategori 20-24 tahun ditemukan 82 persen (22,3 juta jiwa) dari total penduduk di kelompok itu dan 80 persen (24 juta jiwa) pada kelompok 25-29 tahun.

Fakta lainnya, media sosial menjadi jenis internet yang banyak diakses dengan persentase 97,4 persen. Untuk itu, sangat disayangkan apabila Generasi Millennials sekarang menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat konten yang berdampak. Ditambah, adanya teknologi digital yang sudah canggih memudahkan diri untuk berkarya.

Pada acara Rumah Millenials: Industri Penyiaran ala Millennials pada Sabtu (21/10/2017), Digital Expert dan Executive Director Gerakan 1000 Startup Indonesia Enda Nasution membagikan tips menciptakan konten yang kreatif di media sosial.

 

Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital

Digital Expert dan Executive Director Gerakan 1000 Startup Indonesia Enda Nasution. Sumber: Nah

 

Berikut tips-nya:

  1. Jangan Takut Salah

Enda menegaskan hal terpenting untuk memulai membuat konten di media sosial adalah jangan takut salah. “Bikin kesalahan itu enggak terlalu masalah. Apalagi kalau kita belum punya audience. Jadi, yang penting bikin dulu,” jelas Bapak Blogger Indonesia ini.

  1. Percaya Diri

Yakin pada kemampuan diri menjadi salah satu langkah sukses jadi konten kreator digital.  Enda menyarankan agar anak-anak Indonesia berani untuk memproduksi sesuatu, baik itu berupa tulisan, gambar, ataupun video.

  1. Perbanyak Referensi

Untuk memperdalam pembahasan konten, lanjut Enda, perbanyaklah referensi atau melihat karya konten kreator lain yang satu minat. “Itu akan kasih kita lebih banyak gambaran untuk kemudian bisa tau ‘saya tuh pengen jadi siapa’,” ungkapnya.

 

  1. Perhatikan Komunikasi

Selain perdalam dari sisi konten, langkah sukses jadi konten kreator digital adalah memperhatikan sisi komunikasi atau bagaimana penyampaian konten kepada audiens. Tentukan audiens yang cocok dengan kontennya agar lebih terarah.

Tak yakin siapa audiensnya? Survei! Jika segmentasi audiens adalah generasi millennials, maka konten harus relevan dengan kebutuhan millenials.

Contoh para konten kreator sukses yang bisa jadi referensi kamu:

Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital 2

Raditya Dika adalah komedian, penulis, aktor, sutradara yang kerap membuat konten kreatif di Youtube dan media-media sosial lainnya. Sumber: Tribun News

 

Pewdiepie dikenal sebagai komentator permainan video di YouTube yang berasal dari Swedia dan kini ia sangat kaya raya dari penghasilan di Youtube. Sumber: The Gazette Review

 

Yoga Arizona dikenal sebagai selebgram (selebriti Instagram) dengan kelucuan aksi parody-nya. Sumber: Kapanlagi

 

Nah, itu dia 4 Langkah Sukses Jadi Konten Kreator Digital. Kelak kamu menjadi konten kreator, diperlukan konsistensi dalam menyediakan konten kreatif. Enda mengatakan motivasi paling mudah untuk tetap konsisten adalah jadikan kegitan tersebut menjadi sumber penghasilan. Selain itu, motivasi bisa didapat melalui ‘perhatian’ dari orang lain dengan ikut berbagai aktivitas atau kompetisi untuk memperluas networking.

“Jadi (generasi) millenials itu cuma sekali. Enggak akan berulang. Perlu dimanfaatkan dengan baik. Sadar bahwa apapun kita, siapapun kita, punya pengaruh ke orang lain. Apakah kita mau jadi pengaruh jelek atau kita mau jadi pengaruh positif? Kalo bisa banyak pahalanya sih jadi orang yang bermanfaat buat orang lain,” tutupnya. (SJV)

Tinggalkan Balasan