Delapan Cara Untuk Mengalahkan Stres Selama Kuliah
8 cara yang sangat mudah untuk mengalahkan stres selama kuliah
21 Januari 2016
8 Cara Belajar Yang Efektif
8 Cara Belajar Yang Efektif
5 Februari 2016

Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri

Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri

Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri

Memaksimalkan Kesempatan Ketika Kuliah di Luar Negeri. Kuliah di luar negeri bisa menjadi pengalaman sekali dalam seumur hidup, dan itu bisa menjadi salah satu momen terbaik dalam hidupmu. Pengalaman ini akan menantang kamu untuk beradaptasi dan membiasakan diri dalam budaya baru. Namun, jika kamu hanya bersosialisasi dengan orang-orang dari negara asal kamu atau hanya menghabiskan waktu di dalam kamar, maka untuk apa kamu kuliah ke luar negeri?

Berikut adalah beberapa tips tentang cara memaksimalkan waktu kamu ketika sedang kuliah di luar negeri:

  1. Tetapkan tujuan dengan spesifik

Tiffany Harrison, Outreach Manager dari GoAbroad, sebuah komunitas perjalanan online mengatakan bahwa kamu harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai ketika pergi ke luar negeri dan membuat rencana untuk mewujudkannya.

  1. Berteman dengan penduduk setempat

Dave Matthew, co-founder Students Gone Global, sebuah blog yang dibuat untuk siswa yang kuliah di luar negeri menyarankan agar kamu dapat berteman dengan setidaknya satu (1) warga lokal, bisa di kelompok pelayanan masyarakat atau klub olahraga. Kamu pasti akan tergoda untuk bergabung dengan kelompok siswa yang sama-sama berasal dari negara asalmu, tetapi jika kamu hanya menghabiskan waktu dengan mereka, apa gunanya kuliah di luar negeri?

Gaya Hidup-Maksimalkan Kesempatan di Luar Negeri Wisata 1

Figure 1. Wisata menambah wawasanmu. Credit: Velocity.edu

  1. Cobalah berbagai hal baru

Tujuan kamu kuliah ke luar negeri adalah untuk mengalami budaya baru, jadi cobalah untuk merasakan semua hal baru. Ambilah kelas-kelas yang menarik dan terkait dengan budaya lokal. Kamu juga bisa mendaftar untuk ikut program wisata dan melihat sisi lain negara dari kacamata pemandu lokal.

  1. Pertimbangkan untuk bekerja atau magang

Banyak kesempatan magang yang tersedia bagi siswa internasional. Mayoritas informasi kesempatan kerja biasanya bisa kamu temukan melalui pusat layanan mahasiswa internasional di universitasmu.

  1. Hindari situasi yang berbahaya

Lakukan banyak penelitian agar kamu tidak mendapatkan kesulitan selama hidup di luar negeri.  Pahamilah daerah mana yang aman dan yang tidak aman untuk kamu lewati.

  1. Figure 2. Teliti atur anggaran. Credit: Freestock

    Susun anggaran dengan teliti

Pasti kamu ingin nantinya pulang membawa suvenir tapi cobalah untuk tidak menghabiskan semua uang yang telah kamu anggarkan di bulan-bulan pertama. Pintar-pintarlah mengatur anggaranmu.

  1. Jangan sampai nilai kamu jatuh

Jangan lupa: tujuan utama ke luar negeri kamu adalah untuk kuliah. Bersenang-senang memang boleh, tapi harus seimbang antara mencari pengalaman di negara tersebut dan tetap belajar dengan baik.

  1. Figure 3. Atas homesick dengan pikiran positif. Credit: Hercampus.com

    Cari cara untuk menanggulangi homesick

Tetaplah positif dan ingat bahwa homesick tidak akan berlangsung sepanjang waktu. Kamu bisa terus terhubung dengan orang-orang di rumah melalui email, Skype, dan bahkan lewat telepon. Terlibat dalam kegiatan sosial adalah cara terbaik untuk menghindari homesick.

Kamu hanya berada di luar negeri selama beberapa tahun, dan itu akan menjadi salah satu saat paling cepat, dan bisa dibilang yang paling menyenangkan dalam hidupmu. Jangan sampai kamu pulang dengan penyesalan karena kamu melewatkan banyak kesempatan baru di luar sana. Ingatlah bahwa pengalaman kuliah di luar negeri dan kenangannya akan bertahan seumur hidup. Manfaatkanlah kesempatan dengan sebaik-baiknya!

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!