apa itu simple present tense
Apa Itu Simple Present Tense, Kegunaan, dan Rumusnya?
22 November 2022
MBTI
Wajib Tahu Macam Macam Kepribadian Berdasarkan Indikator MBTI, Kamu Yang Mana?
24 November 2022

Deretan Menteri Lulusan Amerika Di Indonesia yang Inspiratif!

Sejumlah menteri lulusan Amerika telah menghiasi kabinet Presiden Joko Widodo. Hal ini membuktikan bahkan Indonesia dipenuhi dengan tokoh inspiratif dalam pemerintahannya. Perjalanan mereka hingga menjadi seorang menteri ini dititikberatkan pada universitas tempat mereka berkuliah. Dengan gelar yang mereka dapatkan universitas di Amerika Serikat ini, mereka dinilai lebih eligible dalam bidang pemerintahan yang mereka pimpin. Nah, kira-kira siapa saja menteri lulusan Amerika yang tengah membantu Presiden Jokowi? Berikut jawabannya!

BACA JUGA: Pilihan Karir untuk Lulusan Luar Negeri

Siapa saja menteri lulusan Amerika yang menjabat di Indonesia?

Menteri Indonesia lulusan Amerika kerap menghiasi kabinet pemerintahan nusantara. Dengan melihat latar belakang pendidikannya, kita bisa menilai bahwa mereka menguasai bidang yang mereka pimpin. Berikut ini 5 menteri lulusan Amerika yang tengah menghiasi kabinet Presiden Jokowi!

BACA JUGA: Mengintip Salah Satu Sekolah Termewah di Dunia Asal Amerika

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Deretan Menteri Lulusan Amerika yang Inspiratif!

Yang pertama adalah Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan di Indonesia. Kiprah Sri Mulyani mulai dilirik saat Ia menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jejak pendidikannya dimulai saat Ia menyelesaikan perkuliahannya di Universitas Indonesia dan sukses mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 1986. Tak berhenti di situ, Sri Mulyani pun melanjutkan pendidikannya di University of Illinois at Urbana Champaign di Amerika. Lagi-lagi Ia sukses mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics pada 1990 dan gelar Ph.D in Economics pada 1992. Keren banget, ya!                                                                                                                                                         

BACA JUGA: Persiapkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Aplikasi Visa Pelajar Amerika!                                                                                                         

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim

Deretan Menteri Lulusan Amerika yang Inspiratif!

Selanjutnya adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim atau akrab dengan panggilan Nadiem Makarim. Sepak terjang di pemerintahan Indonesia yang paling diingat adalah saat Ia menghapus UAN. Namun sebelumnya Nadiem Makarim lebih terkenal sebagai pendiri Gojek. Dari latar belakang pendidikannya, menteri lulusan amerika ini mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University bahkan pernah mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. 

Sukses mendapatkan gelar Sarjana pada 2006, Nadiem Makarim hanya menunggu 3 tahun sebelum akhirnya melanjutkan program pascasarjana dan kembali meraih gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School. Kini sepak terjang Nadiem Makarim di dunia pendidikan kerap ditunggu oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Paspor Amerika Serikat

Menteri BUMN Erick Thohir

Deretan Menteri Lulusan Amerika yang Inspiratif!

Sebelum menjadi Menteri BUMN, Erick Thohir pernah viral setelah sukses menjadi ketua panitia perhelatan Asian Games dan sebagai ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’aruf Amin 2019 silam. Menteri lulusan amerika ini juga pernah membuat gebrakan saat menjadi orang Indonesia pertama yang memiliki klub sepak bola Inter Milan. 

Tak hanya viral, latar belakang pendidikan Erick Thohir juga patut mendapat acungan jempol. Ia pernah memperoleh gelar Sarjana atau Bachelor of Arts dari Glendale University. Setelahnya Ia melanjutkan meraih gelar Master of Business Administration dari National University (California).

BACA JUGA: Universitas di Amerika yang Banyak Orang Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

Deretan Menteri Lulusan Amerika yang Inspiratif!

Siapa yang tak kenal dengan Sandiaga Uno? Menteri lulusan amerika ini menggantikan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2020 silam. Sebelum menjadi menteri, Sandiaga Uno terkenal sebagai pengusaha juga pernah menjabat sebagai jajaran direksi di sejumlah perusahaan di berbagai sektor. Ketertarikannya pada bisnis muncul sejak Ia lulus dengan gelar Bachelor of Business Administration dari The Wichita State University. Sandiaga Uno bahkan sampai mendapat predikat Summa Cum Laude! Tak berhenti di situ, Ia juga sukses meraih gelar Master of Business Administration dari the George Washington University. Keren banget, ya!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Universitas Terbaik Amerika di Bidang Bisnis Internasional

Mau kuliah di Amerika?

Kuliah di Amerika menjadi impian banyak orang. Makanya nggak heran deretan menteri lulusan Amerika ini menjadi inspirasi bagi banyak anak muda di Indonesia. Kalau kamu termasuk ke dalamnya, kamu harus mempersiapkan perkuliahan di Amerika sematang mungkin. Seperti konsultasi dengan konsultan pendidikan luar negeri berpengalaman seperti SUN Education.

SUN Education siap membantu mulai dari persyaratan akademik, persiapan bahasa Inggris, pendaftaran universitas hingga akomodasi kamu selama kuliah di luar negeri. Apalagi ada SUN Education Mobile App yang siap memberikan informasi ter-update seputar perkuliahan di luar negeri. Yuk, download GRATIS dan dapatkan informasi terbaru supaya kamu siap 100% untuk kuliah di luar negeri!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Media Indonesia, Kaltim Today, Radar Semarang, Liputan6

Tinggalkan Balasan