Easy Steps of Fasting During the 19 hours in the UK
Tips Berpuasa 19 Jam dengan Mudah di UK
1 Juni 2017
Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di China
Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di China
3 Juni 2017

Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia

Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia

Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia

Di negara-negara Eropa, mayoritas penduduk Muslim biasanya bukan berasal dari negeri sendiri, melainkan dari Timur Tengah, Arab, Pakistan, dan negara islam lainnya. Seperti halnya di negara UK dan Irlandia. Meski Muslim bukan mayoritas, namun perayaan Idul Fitri di kedua negara tersebut tetap dilaksanakan walaupun berlangsung sederhana. Adapun tradisi perayaan hari raya umat Muslim dari kedua negara tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan umat Muslim seluruh dunia. Persamaannya terletak pada kesederhanaan perayaan Idul Fitri yang sangat berorientasi pada kekeluargaan dan pertemanan.Penasaran seperti apa? Berikut perayaan Idul Fitri di Irlandia dan UK. Berikut ini Perayaan Idul Fitri di Negara UK dan Irlandia :

Beribadah di Tempat Shalat atau Masjid Terdekat

Sama seperti umat Muslim di berbagai negara, tradisi perayaan Idul Fitri di Irlandia dan UK diawali dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dengan beribadah dan mendengarkan ceramah dari ustaz di masjid terdekat. Kegiatan ini biasanya dilakukan dini hari karena hari raya Idul Fitri bukan hari libur yang diakui di Inggris, sehingga umat Muslim wajib menghadiri shalat subuh. Namun, ini jadi pengecualian untuk mereka yang berada di daerah etnis besar Muslim. Biasanya sekolah dan bisnis lokal memberikan libur tiga hari untuk merayakan Idul Fitri.

Di Irlandia, sekitar 400 Muslim melakukan sholat Idul Fitri di Masjid Dublin yang terletak di Cilcular Road. Selain itu, di Dublin, sebagian umat Muslim termasuk para politisi lokal dan tamu undangan, berkumpul dan merayakannya di Crumlin.

 

Makan Bersama

Makan bersama sudah menjadi hal yang wajib dalam perayaan Idul Fitri di negara manapun. Pasalnya kegiatan ini adalah salah satu cara terbaik untuk membangun silahturami dengan sesama. Begitu juga di Irlandia dan UK. Seusai beribadah di masjid, umat Muslim di kedua negara tersebut akan menghidangkan makanan untuk disantap bersama keluarga.

Di UK, terdapat makanan khas Idul Fitri yang populer, karena pengaruh dari budaya Asia Selatan, yakni  Samosas, Simeya, Rice dan Handesh.

Samosas, salah satu makanan khas Idul Fitri yang populer di UK / Sumber: NDTV Good Times

Menghias Rumah

Layaknya perayaan natal oleh umat Kristiani, tradisi perayaan Idul Fitri di UK dan Irlandia ternyata juga tak luput dari menghias rumah. Ketika menghias rumah, Muslim di Irlandia akan mempercantik rumahnya dengan bersih-bersih rumah, menambahkan lampu hiasan dan berbagai ornamen Idul Fitri lainnya.

Memberikan Hadiah

Idul Fitri ditandai dengan kemurahan hati dan saling memberi. Para Muslim di UK dan Irlandia akan memberikan atau menukar hadiah satu sama lain. Hadiah yang diberikan tentunya memiliki makna, yaitu untuk menyebarkan cinta satu sama lain. Maka dari itu, hadiah ini bisa berupa sumbangan amal (zakat) untuk orang yang membutuhkan. Di dalam keluarga pun tradisi memberikan uang dan kartu ucapan dilakukan oleh orang dewasa ke anak-anak mereka.

Baju Baru untuk Idul Fitri

Sudah jadi sebuah tradisi jika para umat Muslim sedunia berbelanja baju baru untuk dikenakan ketika hari Idul Fitri datang. Begitu juga di UK dan Irlandia, mereka akan mengenakan baju terbaiknya yang biasanya bernuansa islami untuk dipakai saat ibadah dan berkumpul bersama keluarga, serta kerabat dekat.

Baju Idul Fitri di UK (terutama orang keturunan Asia Selatan) biasanya memakai jubba, thawb dan sherwani, dan wanita biasanya mengenakan salwar kameez di pagi hari. Tapi, dikarenakan umat Muslim di sana juga banyak datang dari berbagai negara, pakaian Idul Fitri yang dikenakan mereka pun sesuai ciri khas masing-masing negara asal.

Baju jubba thobe untuk pria dan salwar kameez untuk wanita menjadi ciri khas baju lebaran orang Asia Selatan di UK / Sumber: pinterest

Kunjungan ke Rumah Kerabat dan Sanak Keluarga

Seusai melakukan ibadah Idul Fitri di masjid, para Muslim di UK dan Irlandia akan mengunjungi rumah sanak keluarganya terlebih dahulu. Selain bersilaturahmi, kegiatan kunjungan ini kerap diisi dengan kegiatan makan bersama, dan tentunya saling memaafkan satu sama lain. Setelah kunjungan keluarga sebagai prioritas, para umat Muslim di sana juga akan mengunjungi tempat tetangga, teman dekat, dan umat Muslim lainnya untuk melakukan hal serupa.

Ziarah ke kuburan

Tak hanya melakukan kunjungan ke rumah kerabat dan sanak keluarga, umat Muslim di UK dan Irlandia juga berziarah ke kuburan orang tersayang dalam perayaan Idul Fitri. Mereka akan berdoa kepada Tuhan agar mengampuni mereka yang sudah meninggal dan dilanjutkan dengan kegiatan menaruh bunga di makam tersebut. Kegiatan ini sebagai tanda bahwa umat Muslim juga tetap menghargai orang yang dikasihi meski sudah tidak ada di dunia.

Menghadiri Festival Idul Fitri

Di UK sendiri, terdapat berbagai festival khusus perayaan Idul Fitri. Salah satu yang populer adalah festival Idul Fitri di Trafalgar Square, London. Festival tahunan yang digelar walikota London ini diadakan setiap 25 Juli dan menampilkan berbagai acara dan kegiatan, mulai dari acara pertunjukan musik, pameran display kaligrafi, dan masih banyak lainnya.

Festival Idul Fitri di Trafalgar Square, London, menampilkan pertunjukkan musik / Sumber: BBC

Selain pertunjukan, di festival ini terdapat berbagai kios yang menjual macam-macam barang, hingga beragam masakan dari berbagai negara, seperti Mesir, Lebanon dan Maroko. Yang jelas, festival ini membawa banyak rasa, warna dan budaya dunia Islam. (SJV)

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!