pertukaran pelajar ke jerman
Mau Lolos Program Pertukaran Pelajar ke Jerman? Begini Rahasianya!
12 Februari 2021
kuliah s2 di jerman
Ingin Kuliah S2 di Jerman? Baca Panduan Lengkapnya Dulu!
14 Februari 2021

Macam-macam Persyaratan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri: Apa Aja Sih?

Sumber: Freepik

Studi luar negeri merupakan pilihan besar bagi banyak pelajar seluruh dunia. Dampak positifnya bukan main—mampu memberikan pengalaman hidup yang gak biasa dan juga memaksimalkan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki! Cukup besarnya tantangan yang harus dihadapi dalam segi biaya hidup membuat pelajar internasional mencari akal untuk melewatinya. Berbagai macam beasiswa akhirnya menjadi jalan atau bala bantuan yang sangat berpengaruh. Persyaratan beasiswa kuliah di luar negeri pun bervariasi. Dengan banyaknya kesempatan beasiswa, kamu sebagai calon pelajar internasional bisa memilih sesuai keadaan maupun kebutuhan!

Sumber: Freepik

Berbicara tentang beasiswa, bentuknya ada berbagai macam. Ada yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu secara ekonomi, beasiswa prestasi, hingga beasiswa studi S2 dan S3. Sifatnya juga beragam. Ada yang hanya short course (3 bulan) sampai dengan full bachelor/master program. Begitu juga untuk jumlahnya, ada yang sifatnya partial (potongan/subsidi sebagian uang kuliah), full scholarship untuk tuition fee saja, dan juga beasiswa yang termasuk biaya hidup.

Tingkat kesulitan untuk mendapatkan beasiswa yang nantinya akan kamu hadapi pun tergantung. Mulai dari yang memiliki persyaratan mudah sampai dengan cukup menantang. Seperti yang dikatakan diatas, persyaratan beasiswa kuliah di luar negeri bervariasi. Universitas di luar negeri bisa menawarkan beasiswa yang berbeda setiap jurusan. Nah, untuk tahu lebih jelasnya seperti apa sih macam-macam persyaratan beasiswa kuliah di luar negeri? Yuk simak beberapa poin dibawah ini yang bisa membantumu sekiranya untuk mempersiapkan diri!

Persyaratan yang ‘Simple’

Sumber: Freepik

“Persyaratan yang sederhana? Gimana tuh?”. Nah, sebagai salah satu contoh, ada universitas yang langsung memberikan beasiswa dalam bentuk pengurangan biaya studi. Biasanya persyaratan cukup simpel dimana kamu hanya perlu tercatat sebagai mahasiswa yang sedang berkuliah di jurusan maupun program yang mereka miliki. Setelah itu, kamu diminta untuk mengikuti prosedur umum seperti dibutuhkannya personal statement,  interview, dan mengisi form aplikasi.

Syarat Akademis

Persyaratan yang satu ini mengharuskan kamu untuk menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu. Baik itu SMA Kelas 2 atau 3 maupun Sarjana. Ada juga yang meminta persyaratan lain seperti International Baccalaureate Diploma dan kualifikasi lainnya yang setara. Jika kamu memiliki kurikulum nasional setelah lulus, gak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba Foundation program dimana program tersebut akan mempersiapkan mu untuk lanjut di program sarjana selanjutnya. Setelah menyelesaikan Foundation dan memasuki program Bachelor, kamu bisa bersiap untuk mendaftar beasiswa dengan syarat akademis sesuai dengan yang kamu miliki!

Nilai atau Prestasi

persyaratan kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Nilai atau prestasi juga merupakan salah satu persyaratan beasiswa. Sebagai contohnya, sebuah jurusan studi menawarkan beasiswa dengan standar nilai yang ditentukan. Bisa juga mereka ingin melihat bentuk prestasi kamu yang lainnya; misalnya telah mengikuti perlombaan ataupun kegiatan relevan lainnya. Terkadang ada universitas yang menawarkan beasiswa bersifat ‘merit’, dimana peningkatan nilai rata-ratamu akan dilihat oleh mereka. Jadi, semakin tinggi nilai yang kamu miliki, maka besar juga persentase beasiswa yang bisa kamu dapatkan!

Kemampuan Bahasa

Yes! kemampuan bahasa pun bisa menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa loh. Umumnya, persyaratan bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Biasanya kemampuan Bahasa Inggris yang diperlukan seperti IELTS, TOEFL, atau PTE. Untuk skor minimal setiap sertifikasi pastinya tergantung pada jurusan dan universitas yang kamu tuju. So, penting banget untuk memahami jurusan yang dituju hingga bentuk persyaratan beasiswa yang diminta agar persiapan kamu lebih matang!

Menjadi Bagian atau Mengikuti Aktivitas Tertentu

persyaratan kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Beberapa beasiswa mengharuskanmu untuk memiliki status atau kondisi persyaratan yang satu ini. Ada yang mengharuskanmu untuk ‘sudah’ mendaftar atau menjadi mahasiswa program yang menawarkan beasiswa tersebut. Ada pula yang memintamu untuk menunjukkan bukti kamu mengikuti aktivitas pemberi beasiswa yang relevan atau bahkan bersedia untuk mengikuti kegiatan yang mereka inisiasikan (bisa volunteer ataupun bentuk kegiatan lainnya).

Nah, itu dia beragam persyaratan beasiswa di beberapa universitas luar negeri! Perlu diingat, persyaratan untuk satu beasiswa bisa mencakup beberapa syarat yang disebutkan diatas. Jadi, pastikan beberapa syarat yang diminta sesuai dengan yang kamu miliki dan dapat memenuhi kualifikasi mereka.

Last but not least, terus semangat dalam meraih cita-cita serta beasiswa yang dapat meringankanmu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota

Comments are closed.