Get In To UK Universities with INTO Study
Masuk Ke Universitas Di Inggris Melalui INTO
5 Juni 2017
Double Degree in MFREM From Saxion University & Greenwich University
Dua Gelar Di Mfrem Dari Universitas Saxion Dan Universitas Greenwich
6 Juni 2017

Puasa Ramadan Di Malaysia Yang Perlu Kamu Ketahui

Ramadan Fasting in Malaysia?

Puasa Ramadan Di Malaysia Yang Perlu Kamu Ketahui

Puasa Ramadan Di Malaysia Yang Perlu Kamu Ketahui. Malaysia merupakan negara dengan hampir 19,6 Juta orang atau 61,3 persen dari populasinya memeluk agama Islam. Kedekatan budaya dan agama Islam di Malaysia dengan Indonesia membuat warga Indonesia tidak terlalu sulit beradaptasi di sana, termasuk dalam hal berpuasa. Namun, selama di negeri Jiran ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar siap berpuasa di bulan Ramadan tahun 2107 ini. Berikut tipsnya:


  1. Ketahui Jam Shalat Subuh dan Maghrib

Terkait dengan jam buka puasa, kamu perlu mengetahui jam shalat maghrib dan subuh. Menurut jadwal yang tercantum di Muslimpro.com (24/5/2017), shalat maghrib pukul 19.22 waktu setempat, dan shalat subuh sekitar pukul 05.39 waktu setempat (setiap hari menit bisa berubah-ubah). Waktu puasa di Malaysia berlangsung selama 13 jam lebih.


  1. Ketahui Cuaca

Persiapkan perlengkapan penting terkait cuaca / Sumber: MEHY


Serupa dengan Indonesia, Malaysia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Pada Mei sampai Juni nanti, di Malaysia akan memasuki musim hujan dengan suhu tertinggi 31 derajat Celcius dan suhu terendah 23 sampai 24 derajat Celcius. Jadi, jika kamu beraktivitas di luar, jangan lupa sediakan jaket tebal dan payung atau jaket hujan. Selain itu, pastikan kamu mengkonsumsi vitamin di saat sahur agar daya tahan tubuh tetap terjaga walau cuaca tidak bersahabat.


  1. Ketahui Budaya dan Etiket dalam Bulan Ramadan

Negara Malaysia cukup toleran dengan umat Muslim yang sedang puasa Ramadan. Namun, beberapa kebiasaan sedikit berbeda dari Indonesia, salah satunya seperti aturan buka usaha tempat makan. Jika ketika bulan Ramadan di Indonesia biasanya gerai makanan ditutup atau diberi penutup, di Malaysia (khususnya daerah padat turis) gerai makanan tetap dibuka, kecuali tempat makan yang pemiliknya juga beragama Islam.

Meskipun begitu, terdapat etiket selama berpuasa Ramadan di Malaysia yang juga harus dipatuhi tiap warga, baik Muslim dan non-Muslim. Seperti halnya, sehabis membeli makanan atau jajanan kecil, jangan langsung dimakan di depan publik. Sama halnya dengan minum ataupun merokok. Hal ini dianggap tidak sopan karena makan di depan orang berpuasa. Sebaiknya, segala makanan atau jajanan bisa dibawa pulang atau tempat tertutup.


  1. Mengunjungi Pasar Ramadan dan Mencoba Ramadan Buffet

Pasar Ramadan sering diadakan di Malaysia ketika bulan puasa / Sumber: Zafigar


Pasar Ramadan di Malaysia menyediakan beragam jajanan lezat untuk buka puasa. Kamu bisa coba menu khas di sini seperti bubur lambuk, ayam panggang dengan saus krim, ayam percik, dan cendol, atau jajanan manis lainnya. Keuntungan berbuka puasa di pasar Ramadan adalah kamu bisa lebih berhemat, karena harga jajanan yang tergolong murah dengan kualitas makanan yang tidak kalah dengan standar di restoran.

Berpuka puasa di pasar Ramadan juga bisa dijadikan alternatif lain ketika kamu tidak sempat masak atau makan di gerai makan halal yang juga penuh dengan umat Muslim lainnya yang berbuka puasa. Salah satu pasar Ramadan yang bisa kamu datangi adalah pasar Ramadan di Bukit Bintang, Kuala Lumpur.

Selain pasar Ramadan, di Malaysia ada tradisi di banyak tempat makan bahkan hotel yang menyediakan makanan secara prasmanan. Kamu bisa mencoba sensasi makan seluruh menu sepuasnya hanya dengan sekali bayar.

Ramadan Buffet menjadi salah satu tradisi kuliner bulan puasa di Malaysia/ Sumber: Isaactan


  1. Siap-siap Sebelum Pukul 18.00 sampai 20.00

Ada apa di pukul 18.00 sampai 20.00? Rentang waktu jam tersebut adalah masa sibuknya jalanan maupun gerai makan yang dipenuhi para warga yang ingin berbuka puasa. Pastikan jika ingin berbuka puasa, kamu sudah siap-siap sekitar satu atau dua jam sebelum jam buka puasa. (SJV)

 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!