MBTI
Wajib Tahu Macam Macam Kepribadian Berdasarkan Indikator MBTI, Kamu Yang Mana?
24 November 2022
Negara-negara ASEAN
Negara-negara ASEAN Dengan Destinasi Wisata Terbaik, Apa Saja?
28 November 2022

Kupas Tuntas Tentang Sejarah Jerman

Sejarah Jerman sangat menarik untuk dikupas. Negara ini merupakan salah satu negara yang banyak diminati siswa internasional. Selain merupakan negara maju, Jerman juga diketahui dengan negara yang memiliki kualitas pendidikan terdepan di dunia. Biaya pendidikan di negara ini juga cukup mewah dengan fasilitas perkuliahan unggulan. Makanya nggak heran banyak siswa dari Indonesia memilih untuk berkuliah di negara ini. Buat kamu yang mau kuliah di Jerman, ada baiknya ketahui dulu tentang sejarah Jerman yang melegendaris berikut ini!

BACA JUGA: Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

Sejarah Jerman yang harus kamu tahu

Sejarah Jerman

Sejarah Jerman dimulai dari terbentuknya Konfederasi Jerman pada 1815 yang dipimpin oleh Kerajaan Prusia. Kawasan ini memiliki peran penting pada sejarah Eropa. Wilayah yang sekarang kita kenal menjadi Republik Federal Jerman yang berisi masyarakat yang datang dari berbagai etnik.

BACA JUGA: Ingin Kuliah S2 di Jerman? Baca Panduan Lengkapnya Dulu!

Jerman Barat dan Jerman Timur

Sejarah Jerman tak bisa terlepas dari Jerman Barat dan Jerman Timur. Berdirinya kedua wilayah di Jerman ini berkaitan dengan Perang Dunia II saat Nazi yang dipimpin Adolf Hitler tumbang pada 1945 dan Perang Dunia II berakhir. Akhirnya wilayah Jerman diserahkan pada 4 negara sekutu yang memenangkan perang tersebut. 

Jerman Timur diserahkan pada Uni Soviet, Jerman Utara pada Inggris, Jerman Selatan pada Amerika dan Jerman Barat pada Prancis.Pembagian wilayah pada 4 negara ini tak berlangsung lama karena pada akhirnya pemenang Perang Dunia II membelahnya menjadi dua blok besar yakni kubu Uni Soviet dan kubu Amerika. Kedua wilayah ini terpisah dengan tembok Berlin. 

Bersitegang antara kedua wilayah ini akhirnya berakhir pada 1990 saat  kedua penduduk di dua wilayah tersebut akhirnya meruntuhkan tembok Berlin. Kedua negara ini akhirnya melebur menjadi Republik Federal Jerman seperti yang kita kenal sekarang ini.

BACA JUGA: Biaya Hidup di Jerman, Mahal atau Murah? Yuk, Kita Hitung!

Peran Jerman dalam Perang Dunia II

Sejarah Jerman

Peran Jerman pada Perang Dunia II sangat besar karena negara inilah mencetuskannya. Jerman memulai dengan menginvasi Polandia pada 1 September 1939. Inggris dan Prancis lalu meresponnya dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Pasukan negara ini lalu menginvasi Eropa Barat pada 1940. Pada 1941 Jerman dan para sekutunya menginvasi Uni Soviet yang melanggar pakta Jerman-Soviet sebelumnya.

Jerman yang menjadi musuh Inggris, Prancis, Italia dan Uni Soviet ini akhirnya melemah pada saat Uni Soviet membebaskan Polandia pada 1945. Sekutu pun mengebom kota Dresden di Jerman dan membunuh hampir sekitar 35.000 warga sipil. Serangan Soviet akhirnya membuat pemimpin Jerman, Hitler bunuh diri dan akhirnya menyerah tanpa syarat pada pasukan Sekutu Barat.

BACA JUGA: Pengalaman Seru Kuliah di Jerman Ini Nggak Bikin Nyesel Merantau Jauh!

Dampak Perang Dunia II bagi dunia

Akhir Perang Dunia II pada 1945 belum berakhir dampaknya. Buktinya terjadi perubahan besar di segala bidang. Dari bidang Ekonomi saja, Perang Dunia II menyebabkan dampak yang tak terkira seperti sulitnya distribusi bahan pokok karena banyak sarana yang hancur akibat perang. Belum lagi perekonomian negara yang lebih mementingkan mendanai perang dari pada memenuhi kebutuhan penduduknya.

Selain dari bidang ekonomi, dampak lainnya terlihat pada bidang politik. Perebutan hegemoni terjadi di antara dua pemenangnya yakni Amerika dan Uni Soviet. Muncullah politik aliansi yang bergerak di pakta pertahanan seperti NATO, SEATO, METO dan WARSAWA. Selain itu, Perang Dunia II juga mengakibatkan beberapa negara terpecah seperti Korea Selatan dan Korea Utara, Vietnam Utara dan Vietnam Selatan juga Jerman Timur dan Jerman Barat.

BACA JUGA: Syarat Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Persiapkan

Jerman sekarang

Sekarang Jerman terkenal sebagai salah satu negara Eropa yang memimpin perekonomian dunia juga pendidikan nya yang cemerlang. Setidaknya ratusan ribu mahasiswa dari negara-negara dunia datang ke Jerman untuk melanjutkan pendidikan tingkat lanjutnya. Pendidikan di Jerman terkenal maju karena tenaga pengajar yang cemerlang juga fasilitas kelas dunianya.

Apa kamu juga tertarik belajar di Jerman? Kamu bisa konsultasi dulu dengan SUN Education dalam mempersiapkan segala hal. Kami siap membantu mulai dari persyaratan akademis, persiapan bahasa Inggris, hingga akomodasi selama berkuliah di jerman

Eits, sebelum studi ke luar negeri mending perkaya informasi dengan baca SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun! Kamu juga bisa download aplikasi sun edu app dari playstore ataupun appstore

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan